Saat Satria Muda dan Pelita Jaya Tak Jumpa di Final IBL 2023

Satria Muda dan Pelita Jaya biasanya jumpa di final

Jakarta, IDN Times - Pertemuan Satria Muda Jakarta dan Pelita Jaya Jakarta tak pernah berada di panggung remeh. Selain musim reguler, mereka lazim bersua di laga puncak Indonesia Basketball League (IBL). Namun, di IBL 2023, itu tak terjadi.

Pasalnya, Satria Muda dan Pelita Jaya ditakdirkan bertemu dalam laga semifinal IBL 2023. Sesuai jadwal, gim pertama laga ini akan dihelat pada Kamis (13/7/2023). Rupanya, pertemuan ini jadi sejarah tersendiri.

Baca Juga: Semifinal IBL 2023: Ada Duel Panas Satria Muda vs Pelita Jaya

1. Pertemuan pertama di luar final setelah 10 tahun

Saat Satria Muda dan Pelita Jaya Tak Jumpa di Final IBL 2023Satria Muda vs Pelita Jaya. (Dok. IBL)

Menurut keterangan resmi Satria Muda, mereka dan Pelita Jaya lazimnya bertemu di final, saat IBL memasuki play-off. Pertemuan di final itu terjadi pada 2015, 2017, 2018, 2021, dan 2022, atau sebanyak lima kali.

Terakhir kali Pelita Jaya dan Satria Muda bertemu di luar final terjadi pada 2013. Ketika itu, mereka bertemu di babak semifinal. Pertemuan di semifinal IBL 2023 ini adalah pertemuan pertama Satria Muda dan Pelita Jaya di luar final setelah 10 tahun.

Baca Juga: Disuntik Tenaga Baru, Satria Muda Optimistis Tatap IBL 2023

2. Satria Muda waspadai Pelita Jaya yang impresif

Saat Satria Muda dan Pelita Jaya Tak Jumpa di Final IBL 2023Jumpa pers Satria Muda jelang semifinal IBL 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Pelatih Satria Muda, Youbel Sondakh, mengakui Pelita Jaya musim ini begitu impresif. Walau mereka finis di posisi ketiga musim reguler IBL 2023, grafik skuad asuhan Djordje Jovicic ini menanjak selepas masuk babak play-off.

"Di atas kertas dan secara statistik, Pelita Jaya berada di atas kami. Mereka rapi jaganya, juga efisien dalam menyerang. Namun, kami akan main di kandang sendiri, kami siap meredam laju mereka di laga nanti," ujar Youbel di Jakarta, Rabu (12/7/2023).

3. Mentalitas yang akan jadi penentu

Saat Satria Muda dan Pelita Jaya Tak Jumpa di Final IBL 2023Satria Muda vs Pelita Jaya. (Dok. IBL)

Kapten Satria Muda, Hardianus Lakudu, berkata bahwa di laga lawan Pelita Jaya nanti, tidak cuma aspek teknis yang berperan. Mentalitas juga bisa menjadi penentu faktor kemenangan laga.

"Pengalaman saya, kalau sudah masuk play-off itu bukan lagi siapa yang lebih jago, tapi siapa yang lebih mau menang. Satria Muda siap melawan Pelita Jaya di semifinal IBL 2023 nanti," ujar Hardianus.

Baca Juga: 2 Kali Kalah di Final IBL, Pelita Jaya Akui Satria Muda Kuat

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya