Comscore Tracker

Sirkuit Mandalika Berbenah Demi Gelar Formula 1

Sirkuit Mandalika tengah bersolek lagi

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria, mengaku Sirkuit Pertamina Mandalika sekarang tengah bersiap untuk menggelar banyak ajang balap. Tidak cuma MotoGP, Mandalika juga siap untuk menggelar Formula 1.

Untuk itu, Priandhi mengaku kini, MGPA tengah mengusahakan Mandalika untuk mendapatkan homologasi grade A dari Federasi Automobil Internasional (FIA). Dengan begitu, Mandalika akan mengantongi syarat dasar untuk menggelar balapan Formula 1.

"Dalam perjalanan pengembangan trek, kami dari MGPA juga berusaha mendapatkan homologasi dari FIA selaku regulator Formula 1. Jadi selain homologasi roda dua, kami juga ingin dapat buat roda empat," ujar Priandhi dalam sesi jumpa pers.

1. MGPA berkomunikasi dengan IMI dan FIA

Sirkuit Mandalika Berbenah Demi Gelar Formula 1Sirkuit Mandalika di NTB (IDN Times/Umi Kalsum)

Demi memenuhi upaya homologasi tersebut, Priandhi mengaku MGPA berkomunikasi dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan FIA, mengenai rekomendasi soal sirkuit untuk roda empat. Dari situ, FIA mengirimkan beberapa catatan untuk MGPA.

"FIA sudah membuat beberapa catatan dan rekomendasi, contohnya adalah garis pit in.  Mereka minta diubah karena garis pit in yang ada sekarang baru untuk motor, beda dengan kebutuhan FIA," ujar Priandhi.

Baca Juga: MGPA: Sirkuit Mandalika Masih Perlu Pengembangan

2. Menyelaraskan keinginan FIM dan FIA

Sirkuit Mandalika Berbenah Demi Gelar Formula 1Lintasan Sirkuit Mandalika kembali diaspal. (IDN Times/Umi Kalsum)

Priandhi mengaku, setelah menerima rekomendasi dari FIA, MGPA akan berusaha menyelaraskan keinginan FIM dan FIA. Dengan begitu, Mandalika akan mendapatkan homologasi grade A baik itu untuk balap motor dan mobil.

"Jadi permintaan FIA kembali ke kami. Nanti, permintaan FIA kami teruskan lagi ke IMI dan FIM, untuk meminta persetujuan. Inilah yang diminta FIA, cocok gak dengan maunya FIM, jadi homologasi untuk WSBK dan MotoGP tidak hilang," tutur Priandhi.

3. Harapan akan peningkatan di Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika Berbenah Demi Gelar Formula 1Lintasan Sirkuit Mandalika kembali diaspal. (IDN Times/Umi Kalsum)

Saat ini, Mandalika tengah melakukan pengembangan sirkuit, berdasarkan masukan dari FIM dan Dorna. Priandhi berharap dengan adanya pengembangan ini, Mandalika tidak cuma bisa menggelar balap motor, tetapi juga mobil.

"Dengan begini, nantinya MGPA berharap setelah pengembangan trek, Sirkuit Mandalika tetap dapat homologasi FIM grade A, lalu juga dapat homologasi FIA grade A. Dengan begitu, Mandalika bisa menggelar ajang MotoGP dan Formula 1," ujar Priandhi.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Tak Gelar Tes Pramusim MotoGP 2023

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya