Sirkuit Mandalika Punya Nama Resmi, Indonesia Banget!

Sirkuit Mandalika punya nama baru

Jakarta, IDN Times - Sirkuit Mandalika akhirnya memiliki nama baru. Melalui proses peluncuran yang disiarkan oleh akun instagram Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Kamis (7/10/2021), nama Pertamina Mandalika International Street Circuit resmi diperkenalkan.

Nantinya, nama tersebut akan jadi titel resmi sirkuit Mandalika di ajang balap internasional. Hadir dalam peresmian nama ini Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah, serta Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury.

1. Pertamina dan ITDC resmi melakukan kerja sama

Sirkuit Mandalika Punya Nama Resmi, Indonesia Banget!Foto udara pembangunan lintasan sirkuit pada proyek Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (6/4/2021). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Selain melakukan peresmian nama baru, Pertamina dan ITDC pun menandatangani perjanjian kerja sama sponsor. Hal ini menjadikan Pertamina dan ITDC sebagai BUMN selanjutnya yang terjun ke dunia olahraga, setelah Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjadi sponsor Liga 1 2021/22.

"Pertamina merasa bangga dan terhormat bisa melakukan sinergi dengan PT ITDC dalam pengembangan sirkuit berskala internasional di Mandalika. Ini tentu saja merupakan wujud dari dukungan BUMN dalam program yang didorong dan didukung oleh bapak Presiden, yaitu pengembangan lima daerah pariwisata super prioritas, Mandalika salah satunya," ujar Nicke.

Baca Juga: Memiliki 17 Tikungan, Ini Deretan Keunikan Sirkuit MotoGP Mandalika

2. Keunggulan Mandalika dibandingkan sirkuit lain

Sirkuit Mandalika Punya Nama Resmi, Indonesia Banget!Sejumlah pekerja melakukan tes kedalaman tekstur aspal lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/8/2021). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Direktur Konstruksi dan Pengembangan Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Dwianto Eko Winaryo, menyebut salah satu keunggulan Mandalika terletak pada aspal yang digunakan. Mandalika memiliki tiga lapisan aspal. Untuk lapisan aspal terluar, mereka menggunakan aspal tipe Stone Matic Asphalt (SMA).

"Kami dapat masukan dengan tipe aspal SMA, itu memberikan makro tekstur yang lebih baik untuk pembalap. Jadi dia memberikan cengkeraman yang baik, tetapi juga pada saat mengerem, memberikan resisten sempurna. Ini membantu pembalap mengendalikan motornya," ujar Dwianto.

Sedangkan untuk campuran aspal yang digunakan di lapisan tengah dan dalam, Dwi menyebut pihaknya menggunakan tipe perfomance grade 82. Campuran aspal ini dipakai di beberapa sirkuit di dunia, dan merupakan pengembangan dari tipe performance grade 76.

"Sekarang kami ada opsi seperti itu dan coba manfaatkan semaksimal mungkin. Ada produk yang saat ini terbaik di pasaran, kami coba pakai. Memang tidak mudah, karena ada flashing point dan material aspal tersebut tidak mudah ditangani," tutur Dwianto.

3. Mandalika akan gelar WSBK 2021 dan tes pramusim MotoGP 2022

Sirkuit Mandalika Punya Nama Resmi, Indonesia Banget!worldsbk.com

Pertamina Mandalika International Street Circuit dipastikan bakal menggelar dua event besar dalam waktu dekat. Pada 19 hingga 21 November 2021, Mandalika akan jadi tuan rumah dari World Superbike 2021. Ajang ini mundur sepekan dari waktu seharusnya, karena bersamaan dengan seri terakhir MotoGP.

Kemudian, pada 11 sampai 13 Februari 2022, Mandalika direncanakan bakal menggelar tes pramusim MotoGP 2022. Bersama Sirkuit Sepang, Mandalika mendapatkan kehormatan untuk menyambut para pembalap kelas dunia lebih cepat.

Baca Juga: 39 Ribu Penonton Diharapkan Saksikan WorldSBK di Sirkuit Mandalika   

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya