Stoffel Vandoorne: Formula E Jakarta Balapan Penuh Tantangan

Sirkuit baru hadirkan tantangan baru

Jakarta, IDN Times - Pembalap Mercedes EQ, Stoffel Vandoorne, menilai balapan Formula E Jakarta akan berlangsung sulit. Menurutnya, dengan karakter sirkuit yang masih baru, akan banyak tantangan yang dihadapi pembalap di balapan kali ini.

Ajang balap mobil listrik internasional ini sendiri dijadwalkan berlangsung di Jakarta International Circuit, Minggu (4/6/2022). 

"Ini akan jadi balapan yang penuh tantangan, dan saya kira, dari segi fisik, ini akan jadi lebih sulit. Belum lagi suasana panas di siang hari. manajemen mobil akan jadi tantangan tersendiri, baik itu baterai dan ban mobil," ujar Vandoorne dalam sesi jumpa pers.

1. Formula E Jakarta serupa dengan Arab Saudi

Stoffel Vandoorne: Formula E Jakarta Balapan Penuh TantanganMeet and Greet Formula E Jakarta (dok. Organizing Committee Jakarta E-prix 2022)

Terkait trek, Vandoorne berujar bahwa trek Jakarta International Circuit ini serupa dengan trek di Arab Saudi. Kondisi panas akan jadi hambatan tersendiri bagi pembalap. Namun, bedanya, Arab Saudi sedikit lebih berpasir.

"Memang mirip dengan trek di Arab Saudi, jadi mungkin akan lebih mudah buat kami balapan di sini. Tetapi di sini pasirnya lebih sedikit. Aspal juga mirip memang, dengan Arab Saudi," ujar Vandoorne.

Baca Juga: Nyck de Vries Rasakan Beban Berat Jelang Mentas di Formula E Jakarta

2. Meminimalkan kesalahan jadi kunci sukses di Formula E Jakarta

Stoffel Vandoorne: Formula E Jakarta Balapan Penuh TantanganPotret Jakarta International Circuit jelang Formula E 2022. (IDN Times/Fauzan)

Vandoorne, yang kini berstatus sebagai pemuncak klasemen pembalap Formula E, berkata bahwa meminimalkan kesalahan akan jadi kunci kemenangan di balapan ini. Dengan begitu, poin bisa didapat dan gelar juara akan semakin dekat.

"Saya merasa sangat nyaman dengan mobil dan tim saat ini, ada memang minggu-minggu di mana kita harus meminimalkan kesalahan, dan ini kunci untuk mendapatkan poin dan memenangkan balapan kali ini," ujar Vandoorne.

3. Tantangan menarik sudah disiapkan Formula E Jakarta

Stoffel Vandoorne: Formula E Jakarta Balapan Penuh TantanganGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni meninjau langsung lokasi sirkuit Formul E, Ancol Jakarta Utara, Jumat (3/6/2022).

Chief Executive Formula E, Jamie Raigle, menyatakan jika para pembalap sudah siap menjajal sirkuit yang masih anyar ini. Walhasil, dia optimistis balapan di Jakarta International Circuit bakal menyajikan tantangan baru buat para pembalap.

"Jakarta International Circuit Ini adalah sirkuit baru dengan tingkat kesulitan dan tantangan yang menarik. Melihat desainnya, cukup menarik dan para pembalap, bahkan kami, tak sabar buat mengaspal di ajang Formula E Jakarta ini," ujar Jamie.

Baca Juga: Mobil Formula 1 Vs Formula E, Mana yang Lebih Kencang?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya