Susah Payah Valentino Rossi Tembus 10 Besar di MotoGP 2021

Rossi finis kedelapan

Jakarta, IDN Times - Ada raut kebahagiaan yang tampak di wajah Valentino Rossi selepas MotoGP Austria 2021, Minggu (15/8/2021). Untuk pertama kalinya sepanjang musim 2021, Rossi mampu finis di posisi 10 besar.

Rossi mampu finis di posisi delapan dalam gelaran balapan yang dihelat di Red Bull Racing tersebut. Dia mampu mengungguli pembalap-pembalap lain seperti Alex Marquez, Jack Miller, serta Marc Marquez.

1. Rossi menerapkan strategi yang tepat

Susah Payah Valentino Rossi Tembus 10 Besar di MotoGP 2021Rossi saat berada di garasi tim pada GP Spanyol (motogp.com)

Rossi mengungkapkan, keberhasilannya mengunci posisi delapan besar di MotoGP Austria merupakan buah dari penerapan strategi yang tepat. Ketika pembalap lain memutuskan untuk masuk pit, Rossi memilih untuk meneruskan balapan.

Padahal, ketika itu sirkuit tengah diguyur hujan. Alih-alih mengganti ban motor dengan yang basah, dia tetap menggunakan kering. Siapa sangka, strategi ini justru berbuah manis untuknya.

"Saya memutuskan tidak berhenti karena balapan hanya tersisa lima lap lagi. Saya manfaatkan kesempatan ini untuk memperbaiki posisi. Saya bahkan sempat masuk tiga besar," ujar Rossi, dilansir Crash. 

Baca Juga: [BREAKING] Kejutan, Brad Binder Juara di MotoGP Austria

2. Rossi akui sempat alami kesulitan

Susah Payah Valentino Rossi Tembus 10 Besar di MotoGP 2021Rossi ketika sesi tes resmi di Jerez (motogp.com)

Meski strateginya berbuah manis, Rossi mengakui ada kesulitan tersendiri yang dihadapi. Di lap terakhir, motornya sempat slip beberapa kali. Namun, dia tetap mampu mengendalikan motornya.

"Di lap terakhir, saya sempat mengalami kesulitan karena motor beberapa kali sedikit mengalami slip. Beruntung, saya masih bisa mengendalikan motor sehingga tidak membuat kesalahan dan terjatuh," tutur Rossi.

3. MotoGP Austria seru

Susah Payah Valentino Rossi Tembus 10 Besar di MotoGP 2021motogp.com

Lebih lanjut, Rossi merasa MotoGP Austria musim ini lebih seru. Menurutnya, adu strategi sekaligus ketepatan membaca cuaca dan momen pergantian ban benar-benar jadi penentu hasil akhir balapan ini, meski dia tidak mengganti ban.

"Balapan MotoGP 2021 di Austria ini benar-benar seru. Strategi pergantian ban benar-benar menjadi kunci di balapan, apalagi hujan juga baru turun di tiga lap terakhir," ujar The Doctor.

Baca Juga: Resmi, Petronas Akhiri Kerja Sama Sponsor Utama dengan SRT MotoGP

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya