Tahun 2020 Memang Jadi Milik Lewis Hamilton 

Hamilton meraih banyak penghargaan di 2020 ini

Jakarta, IDN Times - Tahun 2020 masih jadi tahun yang baik untuk pembalap Formula 1 asal Inggris, Lewis Hamilton. Beberapa penghargaan sekaligus penghormatan sukses ia rengkuh di tahun ini.

Namun, Hamilton juga pernah mengalami duka di tahun 2020. Jelang seri penutup Formula 1, ia terjangkit COVID-19. Beruntung, proses penyembuhan Hamilton berjalan lancar sehingga di balapan terakhir di GP Abu Dhabi, ia tetap bisa tampil.

Terlepas dari duka yang dialami, Hamilton meraih banyak penghargaan selama 2020. Apa sajakah itu?

1. Menjadi Juara Formula 1 2020

Tahun 2020 Memang Jadi Milik Lewis Hamilton 

Hamilton berhasil menyegel gelar juara sejak dari GP Turki sejak pertengahan November lalu. Gelar yang ia raih musim ini membuatnya menyamai torehan pembalap Formula 1 legendaris asal Jerman, Michael Schumacher. Total, keduanya kini sama-sama meraih 7 titel Formula 1.

Hamilton memang jadi sosok yang cukup mendominasi dalam ajang Formula 1 beberapa tahun terakhir. Ternyata, dominasi pembalap asal Inggris itu masih terasa di ajang Formula 1 2020 ini.

Total, sepanjang 2020 ini, Lewis Hamilton sukses memenangi 11 balapan, yakni di Sytria, Hungaria, Silverstone, Spanyol, Belgia, Tuscan, Eifel, Portugal, Emilia-Romagna, Turki, serta Bahrain.

Hanya dua kali Hamilton keluar dari posisi tiga besar, yakni ketika GP Austria dan Italia. Sisanya, Hamilton masuk peringkat tiga di GP Abu Dhabi dan GP Rusia, serta posisi kedua di ulang tahun ke-70 Formula 1 yang digelar di GP Inggris.

2. Nama Hamilton diabadikan sebagai nama jalur pit Silverstone

Tahun 2020 Memang Jadi Milik Lewis Hamilton twitter.com/LewisHamilton

Penghormatan lain yang didapat oleh Lewis Hamilton di tahun 2020 ini datang dari tanah kelahirannya, Inggris. Namanya diabadikan sebagai nama jalur pit sirkuit legendaris di Inggris, Sirkuit Silverstone.

Hal ini diumumkan oleh Presiden British Racing Driver's Club (BRDC), David Coulthard. Jelang GP Abu Dhabi, ia menyebut bahwa nama jalur pit Silverstone, per Minggu (13/12/2020) berganti menjadi Hamilton Straight. Ini jadi sejarah tersendiri bagi Silverstone.

"Ini kali pertama dalam sejarah Silverstone, bagian dari sirkuit dinamai oleh nama individu," ujar Coulthard, dilansir situs resmi Formula 1.

"Lewis memang telah menjadi bagian sangat besar dari sejarah ini. Para direktur di klub dan saya merasa tidak ada cara yang lebih baik untuk menandai hal itu dengan menamai ulang lintasan pit yang ikonik sebagai pengakuan atas pencapaiannya," lanjutnya.

3. Lewis Hamilton raih titel BBC Sports Personality of the Year

Tahun 2020 Memang Jadi Milik Lewis Hamilton formula1.com

Selain penghormatan di Silverstone, tanah Inggris kembali memberikan penghargaan lain buat Hamilton. Ia dianugerahi titel BBC Sports Personality of the Year 2020, berkat segala capaiannya selama 2020 ini.

Hamilton mengungguli atlet-atlet lain seperti kapten Liverpool, Jordan Henderson, dan Hollie Doyle. Ia juga menang atas atlet kriket Inggris, Stuart Board, petinju Tyson Fury, dan Ronnie O'Sullivan.

Hamilton pun mengaku kaget mendapatkan penghargaan ini. Ia mengucapkan selamat untuk semua nominator dan semua yang telah mereka lakukan untuk Inggris di tengah pandemik COVID-19 ini.

"Saya benar-benar bangga dengan semua yang mereka (rekan-rekan atlet) capai sejauh ini. Terima kasih juga untuk semua yang sudah memilih saya. Saya tidak menyangka akan menang karena banyak nominator yang bagus di sini," ujar Hamilton.

"Saya juga ingin mengucapkan Selamat Natal untuk semuanya. Tahun ini merupakan tahun yang tidak biasa, dan saya ingin mengucapkan kepada semuanya, tetaplah optimistis di tengah masa-masa sulit ini," lanjut Lewis Hamilton.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya