Timnas Basket Indonesia Mulai Tatap FIBA Asia Cup 2022

Indonesia sempat menjalani try out di Australia

Jakarta, IDN Times - Timnas Basket Indonesia mematangkan diri jelang FIBA Asia Cup 2022. Manajer Timnas Basket, Jeremy Santoso, berujar bahwa skuad Indonesia sudah melakoni latihan sejak Senin (27/6/2022).

"Setelah libur beberapa hari dari Australia, Senin, kami mulai TC untuk FIBA Asia Cup 2022. Apalagi pada 1 dan 4 Juli kami masih punya pertandingan Kualifikasi FIBA World Cup 2023 melawan Arab Saudi dan Yordania," ujar Jeremy, dilansir situs resmi Timnas Basket Indonesia.

1. Timnas Basket Indonesia mematangkan permainan

Timnas Basket Indonesia Mulai Tatap FIBA Asia Cup 2022Timnas Basket Indonesia dalam sebuah laga. (indonesiabasketball.or.id)

Jeremy berujar, dalam TC kali ini Timnas Basket Indonesia fokus pada pemantapan permainan, hingga penguatan chemistry antar pemain. Apalagi, selama try out di Australia, Marques Bolden dan Derrick Michael tidak ikut di seluruh laga.

"Kami ingin mantapkan sistem bermain, komposisi tim, dan chemistry antar pemain inti karena di Australia Boden dan Derrick tidak ikut full 100 persen pertandingan. Chemistry itu yang ingin kami bangun," ujar Jeremy menjelaskan.

Baca Juga: Harga Tiket FIBA Asia Cup 2022, Ada Paket Timnas Basket

2. Timnas Basket Indonesia harus jaga fokus

Timnas Basket Indonesia Mulai Tatap FIBA Asia Cup 2022Timnas Basket Indonesia berlatih di Lebanon. (dok. Humas Perbasi)

Jeremy mengaku, selepas dari Australia, para pemain masih dilanda kelelahan. Namun, dia meminta para pemain untuk tetap menjaga fokus, apalagi mereka akan bersua lawan-lawan tangguh di FIBA Asia Cup 2022 nanti.

"Kondisi pemain meski letih, tapi pemain paham memasuki persiapan akhir sebelum pertandingan memang berat. Pemain harus fokus jaga tubuh dan pikiran agar tetap fresh. Kami harus siap lanjut perang untuk kualifikasi 8 besar di FIBA Asia Cup," kata Jeremy.

3. Indonesia masuk grup berat di FIBA Asia Cup

Timnas Basket Indonesia Mulai Tatap FIBA Asia Cup 2022Proses undian grup FIBA Asia Cup 2022. (dok. FIBA Asia)

Di ajang FIBA Asia Cup 2022 nanti, Indonesia tergabung dalam grup yang berat. Ada Australia, Yordania, dan Arab Saudi yang akan jadi lawan tim Merah Putih.

Khusus Arab Saudi dan Yordania, mereka juga adalah lawan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia Basket 2023. Sedangkan Australia, mereka berpotensi jadi tim yang merepotkan di FIBA Asia Cup 2022, termasuk bagi Timnas Basket Indonesia.

Baca Juga: Apa Alasan Indonesia Pilih Grup A di FIBA Asia Cup 2022?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya