Comscore Tracker

Tour of Kemala 2022, Gabungan dari Olahraga dan Pariwisata

Tour of Kemala 2022 dihelat di Bangka Belitung

Jakarta, IDN Times - Kompetisi sepeda internasional bertajuk Tour of Kemala 2022 sukses digelar. Kegiatan yang digagas Yayasan Kemala ini memilih Kepulauan Belitung sebagai lokasi kompetisi.

Kompetisi ini sendiri diikuti baik oleh peserta lokal maupun mancanegara. Selain itu, perhelatan ini juga sukses memberikan dampak positif bagi pariwisata dan membangkitkan gairah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setempat.

1. Rasa syukur atas kesuksesan terselenggaranya acara

Tour of Kemala 2022, Gabungan dari Olahraga dan PariwisataTour of Kemala 2022 dihelat di Bangka Belitung. (Dok. Istimewa)

Ketua Pelaksana Tour of Kemala 2022, Winny Agung Budi Maryoto, mengaku bersyukur atas terselenggaranya kompetisi Tour of Kemala 2022. Dia pun membeberkan alasan kenapa memilih Bangka Belitung sebagai lokasi lomba.

"Lokasinya pun dipilih karena memiliki keindahan wisata yang tak diragukan lagi. Selain itu, ajang balap sepeda ini turut menumbuh kembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Bangka Belitung," kata Winny dalam keterangan resminya.

Baca Juga: 1.308 Peserta Ikuti L’Etape Indonesia Tour de France di Mandalika 

2. Bangka Belitung adalah geopark global

Tour of Kemala 2022, Gabungan dari Olahraga dan PariwisataIlustrasi Bangka Belitung (IDN Times/Lia Hutasoit)

Lebih jauh, Winny mengatakan Bangka Belitung dipilih sebagai tempat kegiatan ini, karena wilayah itu memiliki keindahan alam maupun fauna. Selain gugus pantainya, Kepulauan Belitung memiliki bebatuan unik sehingga ditetapkan UNESCO sebagai geopark global.

"Selain meningkatkan kecintaan pada olahraga sepeda dan mencari bibit atlet sepeda nasional, kegiatan ini bertujuan menarik pandangan mata Indonesia dan dunia ke Belitung, dengan potensi wisata luar biasa serta produk UMKM lokal yang unggul," katanya.

Winny juga menyambut gembira dukungan dari Le Minerale sebagai official mineral water di acara ini. Menurutnya, Le Minerale memastikan asupan air mineral sehat yang diperlukan untuk menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh saat bersepeda.

"Ketika bersepeda cairan tubuh dan mineral akan berkurang. Oleh sebab itu, dibutuhkan asupan air mineral yang mengandung mineral esensial yang dapat menjaga kebugaran tubuh dan memiliki rasa yang segar," ujar Winny.

3. Tour of Kemala 2022 didaftarkan ke UCI

Tour of Kemala 2022, Gabungan dari Olahraga dan PariwisataWarga bersepeda di kawasan BSD City, Tangerang, Banten (28/6/2020) (IDN Times/Herka Yanis)

Tour of Kemala 2022 ini bertemakan "Bersinergi untuk Negeri" ini dirancang dengan standar balap sepeda internasional. Ajang ini juga mendapatkan dukungan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI).

Nantinya, Tour of Kemala 2022 ini diproyeksikan untuk menjadi agenda kegiatan tahunan dan didaftarkan ke induk organisasi internasional olahraga sepeda UCI (Union Cycliste Internationale), sebagai bagian dari UCI Grandfondo.

"Harapannya, Tour of Kemala 2022 ini bisa menjadi ajang pengembangan sport tourism atau wisata olahraga," ujar Winny.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Tour de France, Ajang Balap Paling Menyiksa

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya