3 Fakta Usai Brisbane Kalahkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade  

Brisbane menang telak dalam pemungutan suara

Jakarta, IDN Times - Brisbane pada akhirnya ditunjuk Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang. Dalam rapat dengar pendapat uyang digelar oleh Future Host Commission, Rabu (21/7/2021), Brisbane mendapatkan suara terbanyak dalam proses bidding.

Dalam voting, Brisbane bisa dibilang menang telak. Sebab, mereka mendulang 72 dari 77 suara yang tersedia.

Artinya, Brisbane menang mutlak dan mengalahkan lawan-lawannya, termasuk Indonesia.

Sejumlah fakta menarik muncul dari keputusan Brisbane sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. IDN Times merangkumnya buat kamu seperti dilansir berbagai sumber.

Baca Juga: Komposer Olimpiade Tokyo Mundur karena Bully Kaum Difabel

1. Australia sudah tiga kali jadi tuan rumah Olimpiade

Brisbane menjadi kota ketiga Australia yang menggelar Olimpiade. Sebelumnya, sudah ada Sydney dan Melbourne yang jadi tuan rumah Olimpiade.

Melbourne lebih dulu jadi tuan rumah Olimpiade pada 1956 silam. Kemudian, Sydney mengulang kesuksesannya pada 2000 lalu. Pada 32 tahun berikutnya, Australia kembali jadi tuan rumah Olimpiade.

2. Menang telak atas sejumlah negara besar

3 Fakta Usai Brisbane Kalahkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade  independent.co.uk

Selain Indonesia, Brisbane juga mengalahkan sejumlah negara kuat lainnya. Qatar, Jerman, Hungaria, dan Unifikasi Korea, sempat mengajukan diri sebagai tuan rumah.

Namun, Brisbane lebih unggul dan mampu meyakinkan IOC. Sejak Februari 2021 lalu, mereka bahkan sudah menggelar negosiasi terkait hak siar.

Kondisi itu sebenarnya sudah jadi tanda kalau Brisbane cuma butuh pengesahan sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Baca Juga: Olimpiade Tokyo Terancam Batal Imbas Meledaknya COVID-19

3. Diumumkan secara resmi di Tokyo

3 Fakta Usai Brisbane Kalahkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade  Acara penyalaan obor Olimpiade menjelang pembukaan secara resmi Olimpiade Tokyo 2020 pada hari Kamis, 25 Maret 2021, waktu setempat. (Twitter.com/Tokyo2020)

Keputusan Brisbane jadi tuan rumah Olimpiade 2032 akan diumumkan secara langsung pada upacara pembukaan di edisi Tokyo 2020, Jumat (21/7/2021).

Menteri Olahraga Australia Richard Colbeck, bersama Wali Kota Brisbane Adrian Schinne dan anggota Dewan Negara Bagian Queensland Annastacia Palaszczuk, akan hadir dalam acara pembukaan. Colbeck akan memberikan sambutan terkait penunjukkan Brisbane.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya