5 Eks Barcelona Putuskan Cabut ke Asia, Ada yang Kumpul di Jepang

Mereka tak gengsi buat main di Asia meski sudah bintang

Jakarta, IDN Times - Nama besar tak membuat empat pemain ini gengsi buat cabut ke Asia usai masa jaya bersama Barcelona habis. Mereka tanpa ragu menerima pinangan klub asal Asia demi mendapatkan pengalaman dan tantangan baru selepas bermain bersama Barcelona.

Xavi Hernandez adalah salah satu jebolan Barcelona yang pada akhirnya memutuskan buat main di Asia. Xavi membela klub Qatar, Al Sadd, sejak 2015 hingga 2019.

Setelah pensiun, Xavi langsung menjadi pelatih Al Sadd, dan membawa kesuksesan lainnya kepada klub tersebut. Selain Xavi, masih ada lagi pemain Barcelona yang memutuskan cabut ke Asia.

Berikut IDN Times sajikan buat kamu seperti dikutip berbagai sumber.

1. Samuel Eto'o

5 Eks Barcelona Putuskan Cabut ke Asia, Ada yang Kumpul di Jepangexpress.co.uk

Eto'o juga main di kompetisi yang sama dengan Xavi, Qatar Stars League. Namun, Eto'o membela klub lainnya dan menjadi rival Xavi.

Pada 2018 hingga 2019, Eto'o membela Qatar SC dan selalu bentrok dengan Xavi. Sayangnya, saat membela Qatar SC, karier Eto'o tak terlalu gemilang dengan hanya mencetak 17 penampilan dan membukukan enam gol di kompetisi domestik.

Baca Juga: Bayern Munich Bidik Manusia Kaca Barcelona

2. Andres Iniesta dan kawan-kawan

5 Eks Barcelona Putuskan Cabut ke Asia, Ada yang Kumpul di Jepangpotret Andres Iniesta (twitter.com/andresiniesta8)

Iniesta menjadi salah satu marquee player yang mentas di kompetisi J-League. Sejak 2018 silam, Iniesta bermain di Jepang bersama Vissel Kobe.

Kehadirannya benar-benar membawa pengaruh besar buat Vissel dan J-League secara keseluruhan. Sebab, dengan kehadiran Iniesta, pintu para pemain Eropa buat masuk ke Jepang semakin terbuka.

Banyak pemain Eropa yang tertarik buat main di Negeri Sakura. Pada musim ini, data dari J-League, tercatat ada 15 pemain Eropa yang merumput di J-League.

Bahkan, jumlah pemain Spanyol di sana terbilang masif. Selain Iniesta, ada pula Bojan Krkic dan Sergi Samper, eks Barcelona lainnya yang main di J-League serta membela Vissel pula. Bisa dibilang kalau aroma Barcelona di Vissel sangat kuat.

Baca Juga: Barcelona Potong Lagi Gaji Pemain hingga 50 Persen

3. Paulinho

5 Eks Barcelona Putuskan Cabut ke Asia, Ada yang Kumpul di Jepangfoxsportsasia.com

Sebenarnya, Paulinho sempat mampir di Liga Super China dengan main bersama Guangzhou Evergrande terlebih dulu sebelum akhirnya membela Barcelona. Setelah membela Barcelona, Paulinho memutuskan buat kembali ke China.

Dia sempat menjalani masa peminjaman ke Evergrande pada 2018 hingga 2019. Pada akhirnya, di 2019, Paulinho kembali dibeli oleh Evergrande.

Kemudian, di 2021, Paulinho main buat klub Arab Saudi, Al Ahli. Hingga akhirnya, kini dia kembali ke Brasil buat membela Corinthians

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya