Islam Makhachev Akhirnya Jadi Juara Kelas Ringan UFC, Khabib Tersenyum

Khabib selama ini memang menjadi pelatih Islam

Jakarta, IDN Times - Khabib Nurmagomedov tampak tersenyum di atas oktagon Ultimate Fighting Championship, Minggu dini hari (23/10/2022). Maklum saja, dia begitu bahagia ketika melihat sepupu yang juga rekannya di kamp, Islam Makhachev, berhasil menjadi juara kelas ringan.

Islam sukses menundukkan lawannya, Charles Oliveira dalam UFC 280, Dubai. Bertarung di Etihad Arena, Islam memaksa Oliveira tap out pada ronde kedua dan berhasil memboyong sabuk juara kelas ringan yang tak bertuan.

1. Membosankan di ronde pertama

Islam Makhachev Akhirnya Jadi Juara Kelas Ringan UFC, Khabib TersenyumJuara kelas ringan UFC, Islam Makhachev, usai mengalahkan Charles Oliveira di UFC 280 Dubai (Dokumentasi UFC)

Jalannya laga sebenarnya sempat membosankan di awal ronde pertama. Memang, Islam sempat menjatuhkan Oliveira lewat kombinasi pukulannya.

Tapi, Oliveira bertahan dalam pertarungan di bawah. Do Bronx berupaya keras untuk bisa lolos dari cengkeraman Islam sepanjang lima menit pembuka dan akhirnya mampu memaksa ronde kedua dimainkan.

Baca Juga: Bentuk Sempurna, Jeka Saragih Siap Hadapi Petarung Korea Demi UFC

2. Islam ciptakan momentum di ronde kedua

Beda dengan ronde pertama, tensi kali ini lebih tinggi. Jual beli kombinasi serangan sempat terjadi. Hingga akhirnya, Islam menciptakan satu momen.

Pukulan Islam mendarat dengan telak di rahang kiri Oliveira. Kemudian, Islam menekan Oliveira dengan mengontrolnya dalam pertarungan bawah. Teknik arm triangle choke pun dilepaskan Islam.

Oliveira tak bisa lolos dari teknik tersebut. Dia terpaksa tap out saat ronde kedua berusia tiga menit 17 detik.

Baca Juga: Raul Rosas jadi Petarung UFC termuda di Dunia!

3. Atas jasa paman dan Khabib

Sukses menjadi juara, Islam mengaku impiannya bisa terwujud. Semua yang diraihnya sekarang, diakui Islam, merupakan hasil kerja keras sejak masih kecil.

Dia juga tak menampik, sabuk juara kelas ringan UFC bisa diraih atas jasa ayah Khabib yang sudah meninggal, Abdulmanap. Tak cuma itu, Islam mengakui kalau Khabib juga punya jasa besar atas kariernya usai pensiun dari UFC. Makanya, dalam momen seremoni, Islam sempat memberikan sabuk juara UFC kepada Khabib.

"Sabuk ini buat pelatih saya, Abdulmanap Nurmagomedov. Saya memang sudah menyiapkan diri untuk momen ini, sepanjang hidup karena sadar akan sangat berat. Pria ini memang petarung sejati," ujar Islam usai laga dikutip situs resmi UFC.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya