Spesifikasi Sirkuit Formula E Jakarta 2022 di Ancol

Sirkuit Formula E di ancol memiliki desain yang unik

Jakarta, IDN Times - Balapan mobil listrik Formula E akan digelar di Jakarta pada Sabtu (4/6/2022). Adu cepat mobil listrik ini akan digelar di Sirkuit Jakarta International E-Prix, Ancol.

Sebelum menyaksikan balapan, ada baiknya kita kupas tuntas dulu nih spesifikasi sirkuit di Ancol ini. Nah, sirkuit di Ancol ini beda loh dengan Mandalika. Sebab, sirkuit ini berkonsep city circuit dan serbaguna setelah dipakai balapan.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Balapan Formula E Jakarta 2022

1. Mirip kuda lumping

Spesifikasi Sirkuit Formula E Jakarta 2022 di AncolSpesifikasi sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara. (dok. Jakpro)

Desain sirkuit ini juga cukup menarik. Memiliki panjang lintasan 2,37 kilometer dan lebar 12 meter, kalau dilihat dari udara, sirkuit ini berbentuk seperti kuda lumping.

Itu menunjukkan warisan nasional Indonesia. Kemudian, sirkuit ini arahnya mengikuti pergerakan jarum jam, yakni ke kanan.

2. Terdapat 18 tikungan

Spesifikasi Sirkuit Formula E Jakarta 2022 di AncolProgres pembangunan sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (25/3/2022). (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Situs resmi Formula E melansir, ada 18 tikungan yang terdapat di sirkuit ini. Ruang terluas ada di tikungan pertama yang membuat para pembalap bisa menikung dan melakukan manuver dengan bebas.

Namun, pembalap harus berhati-hati di sejumlah tikungan fase akhir. Tikungan 12 harus diwaspadai karena tipenya sebagai fast flowing dan para pembalap harus mengarahkan kemudi ke kanan dengan hati-hati.

Selanjutnya, tikungan 13 begitu tajam, berkonsep hairpin yang memaksa para pembalap harus mengendalikan mobilnya dalam kecepatan terendah.

Di tikungan 18, pembalap bak berada dalam ketapel yang kuat. Sebab, itu menjadi tikungan terakhir dan mereka harus beradu cepat dalam trek lurus yang begitu panjang, sejauh 600 meter.

Baca Juga: Mobil Formula 1 Vs Formula E, Mana yang Lebih Kencang?

3. Tampung 40 ribu penonton

Spesifikasi Sirkuit Formula E Jakarta 2022 di AncolFoto udara lintasan Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) yang telah diaspal di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu(13/4/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Sirkuit ini menampung 40 ribu penonton. Panitia pun membaginya dalam berbagai kelas. Ada kelas VVIP, VIP, grandstand, hingga festival yang terbagi dalam dua jenis, Ancol dan Circuit.

Pun, dalam tiket VVIP dan VIP, terbagi lagi dalam berbagai subkategori seperti Jakarta Royal Suit 1A, Jakarta Deluxe Suite 1B, Segara Suite 1C, Jimbaran Suite 1D, dan Ombak Laut Suite 1E. Harganya juga bervariasi, mulai dari Rp250 ribu hingga Rp10 juta. Harganya belum termasuk pajak.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya