5 Cara Memakai Sabuk Karate, Cukup Mudah!

Ternyata ada filosofinya

Karate merupakan salah satu seni bela diri yang telah mendunia. Karate berasal dari Jepang dan banyak diminati oleh masyarakat karena seni bela diri ini berguna untuk mempertahankan diri dari berbagai macam serangan berbahaya.  

Karate menjadi salah satu seni bela diri yang tidak menggunakan senjata apapun alias tangan kosong. Selain untuk bela diri, karate juga memiliki manfaat seperti dapat membuat jantung lebih sehat, menurunkan berat badan, menambah tingkat refleks, dan meningkatkan kesabaran. 

Terdapat juga istilah karateka yang merupakan pemain karate. Ketika akan melakukan seni bela diri karate, para karateka akan menggunakan sabuk karate.  Sabuk dalam karate biasanya berguna untuk menandakan tingkatan ilmu yang sudah dipelajari oleh para karateka.

Lalu, bagaimana sebetulnya cara memakai sabuk karate dengan benar? Berikut ini adalah ulasan mengenai bagaimana cara memasang sabuk karate dengan baik dan benar.

1. Tekuk sabuk menjadi dua

5 Cara Memakai Sabuk Karate, Cukup Mudah!Ilustrasi Karate (Pixabay)

Yang pertama adalah dengan menekuk sabuk menjadi dua. Kamu perlu memastikan bahwa sabuk yang telah ditekuk menjadi dua ini memiliki panjang bagian yang sama rata.

Setelah itu, pegang sabuk ke bagian depan badan dan satukan sampai menempel rata. Lalu, tekan menggunakan tangan kamu untuk meratakan lipatan pada sabuk.

Khusus untuk sabuk putih, terdapat label di bagian ujungnya. Jika kamu mengganti sabuk, biasanya label tidak akan terpasang lagi.

Baca Juga: 9 Tingkat Sabuk Karate dan Penjelasannya, Pahami!

2. Tempelkan sabuk secara merata di pinggang

5 Cara Memakai Sabuk Karate, Cukup Mudah!ilustrasi karate (Pexels.com/olia danilevich)

Langkah kedua adalah menempelkan sabuk dengan merata di bagian pinggang. Kamu perlu memastikan bahwa sabuk menggantung secara merata dari tengah.

Bukan tanpa sebab jika sabuk perlu merata dari tengah karena hal ini dapat melambangkan sebagai keseimbangan, baik secara spiritual, teknis, maupun fisik. Hal ini dikenal dalam bahasa Jepang sebagai Shin Gi Tai.

Selain itu, menekan sabuk secara merata di bagian pinggang akan membuat karateka dapat mengontrol tekanan. Kamu perlu memastikan bahwa tangan harus ada di tengah dan pastikan juga sabuk bisa menempel di pinggang dengan benar.

3. Ikat sabuk

5 Cara Memakai Sabuk Karate, Cukup Mudah!ilustrasi karate (pexels.com/RODNAE Productions)

Setelah dua langkah tersebut dilakukan, kamu bisa mengikat sabuk dengan seimbang. Sabuk diikat disekitar pinggang dengan menempatkan bagian tengah sabuk diletakan di bawah pusar.

Peletakan sabuk di bawah pusar pun memiliki filosofi tersendiri. Filosofi dibalik ini adalah kamu akan diingatkan bahwa latihan karate yang benar memberdayakan dengan keterampilan unik untuk memberi, menerima, dan mengakhiri hidup. 

Karena itu, nilai-nilai moral yang mendefinisikan seorang karateka dan berusaha untuk mewujudkannya dalam setiap interaksi selama latihan.

4. Silangkan sabuk di belakang punggung

5 Cara Memakai Sabuk Karate, Cukup Mudah!Ilustrasi karate sabuk oranye (pexels.com/RODNAE Productions)

Langkah keempat adalah menyilangkan sabuk di belakang punggung. Menyilang dilakukan dengan membuat tanda 'X' di belakang. Tentu hal ini juga tidak lepas dari sebuah filosofi.

Filosofi membuat tanda 'X' di belakang punggung adalah kamu akan diingatkan untuk bersiap menghadapi lawan yang mungkin saja melewatimu di belakang. Sabuk yang telah dibuat tanda 'X' di belakangnya, lalu diputar untuk menghadap ke bagian depan lagi.

Gerakan memutar sabuk mempunyai filosofi dalam karateka bahwa apa yang terjadi akan berputar atau manusia kerap kali menuai apa yang dia tabur. Setelah itu, kembali buat tanda 'X' di bagian depan tubuh. Tanda 'X' yang kini dibuat di depan menandakan bahwa apa yang terjadi di belakang, bisa juga terjadi di depan.

5. Simpulkan sabuk

5 Cara Memakai Sabuk Karate, Cukup Mudah!unsplash.com/SOON SANTOS

Terakhir, kamu dapat membuat simpul pada sabuk dengan cara menarik satu ujung ke bawah ikat pinggang dan ujung lainnya ke bawah, lalu diikat dengan kencang. Tarik bagian ujung sabuk bawah sampai ke bagian atas dan melewati tanda silang yang sudah dibuat sebelumnya.

Selanjutnya, kamu bisa menyimpulkan sabuk dengan cara menarik ujungnya hingga ke atas dan pastikan juga bahwa kedua ujungnya ini saling menggantung sama panjang.

Mungkin bagi orang awam, memakai sabuk karate cukup sulit. Namun, ternyata banyak filosofi yang terkandung dari cara-cara tersebut. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Sejarah Karate, Awalnya Ternyata Bukan Berasal dari Jepang

Topik:

  • Seo Intern IDN Times
  • Rizna Hidayah

Berita Terkini Lainnya