Comscore Tracker

7 Gaya Renang Buat Pemula yang Mudah Dipelajari

Kamu tertarik untuk mempelajari gaya yang mana?

Jakarta, IDN Times - Renang merupakan salah satu aktivitas yang bisa dibilang sebagai kegiatan olahraga. Karena mudah dilakukan, renang banyak penggemarnya di seluruh belahan dunia, hingga rajin dipertandingkan di Olimpiade.

Banyak orang yang beranggapan renang bisa membuat stres berkurang dan tentunya menyehatkan tubuh. Seperti yang sudah banyak dibahas di berbagai macam sumber, renang memiliki manfaat untuk memperbaiki tinggi badan dan menyehatkan jantung.

Renang bisa dilakukan oleh semua kalangan usia, bahkan balita. Namun, masih banyak orang yang tidak bisa berenang. Namun, tak usah khawatir IDN Times telah merangkum tujuh macam gaya renang dan tekniknya yang cocok buat kamu para pemula dan belum bisa berenang. Tengok yuk.

1. Gaya bebas

7 Gaya Renang Buat Pemula yang Mudah DipelajariIlustrasi Gaya Renang Bebas (Pinterest.com)

Gaya bebas merupakan teknik yang paling sering digunakan oleh orang-orang. Gaya ini menggunakan kebebasan dorongan tenaga kaki dan tangan untuk menggerakan badan kita agar meluncur dengan nyaman. 

Cara melakukannya yaitu, pertama posisi badan harus berada di atas permukaan air, kedua tangan kamu harus mengayuh ke depan, dan untuk kaki lakukan gerakan menendang atau seperti mendorong badan.

Untuk teknik pengambilan napas, bisa kamu selingi saat kedua tangan mengayuh, kemudian kepala digelengkan ke arah kanan atau kiri dan lakukanlah pengambilan napas melalui hidung atau mulut.

2. Gaya dada

7 Gaya Renang Buat Pemula yang Mudah DipelajariIlustrasi Gaya Renang Dada (Pinterest.com)

Selanjutnya Gaya dada, yang sangat cocok dan mudah dipelajari oleh seorang pemula. Teknik ini juga dikenal dengan gaya katak. Sebab, gerakannya mirip seperti katak yang sedang berenang. Gaya ini cocok untuk orang yang ingin berenang secara santai.

Cara melakukan renang gaya dada yaitu, pertama pastikan badan berada di permukaan air, kedua letakkan tangan ke depan dan kaki bersiap mendorong ke belakang yang terakhir pada saat tangan mendorong hendaknya kamu menaikkan kepala untuk mengambil napas.

Baca Juga: 9 Fakta 'Terminator', Titmus si Penumbang Ratu Renang Amerika

3. Gaya punggung

7 Gaya Renang Buat Pemula yang Mudah DipelajariIlustrasi Gaya Punggung (Pinterest.com)

Gaya punggung merupakan salah yang cukup terkenal karena sering muncul sejumlah event. Gaya ini menitikberatkan pada posisi badan yang terlentang melihat ke atas. Teknik satu ini memiliki manfaat untuk melatih otot punggung dan lengan agar kuat.

Sebenarnya, teknik melakukan gaya punggung ini terbilang mudah, pertama kamu perlu memosisikan badan kamu telentang di atas permukaan air, kemudian gerakan kaki dan tangan berlawanan arah.

Terakhir, untuk teknik pernapasan, kamu bisa melakukannya kapan saja karena wajah berada di atas air. Kamu hanya perlu menahan badan agar tidak tenggelam.

4. Gaya kupu-kupu

7 Gaya Renang Buat Pemula yang Mudah DipelajariIlustrasi Gaya Kupu-Kupu (Pinterest.com)

Gaya kupu-kupu memang mendengarnya saja membuat penasaran dan ingin cepat mempelajarinya. Ini merupakan pengembangan dari gaya dada, karena tumpuannya menggunakan kekuatan lengan .

Teknik melakukan gerakan kupu-kupu yaitu, kamu harus melakukan pemanasan lengan terlebih dahulu. Karena, fokusnya pada kekuatan lengan, kemudian mulailah lakukan gerakan seperti lumba-lumba yang sedang berenang dengan tangan melebar dan mendorong ke bawah, sedangkan kaki tidak perlu digerakkan ke bawah cukup mengikuti alur gerak badan.

5. Gaya anjing

7 Gaya Renang Buat Pemula yang Mudah DipelajariIlustrasi Gaya Anjing (Pinterest.com)

Sesuai namanya, gaya ini seperti anjing yang berenang di atas air. Yaitu, dengan posisi kepala tegak ke atas dengan sedikit bantuan kaki dan tangan untuk mengayunkan badan. Gaya anjing ini cocok dan mudah dipelajari untuk pemula karena gerakannya tidak banyak variasi.

Teknik melakukan gerakan anjing ini sudah bisa dilakukan hanya dengan menyempurnakan cara mengambang di atas air. Setelah lancar, ambil posisi seperti anjing sedang berenang. Jika belum, kamu bisa mencobanya sambil berpegangan pada ujung kolam renang.

6. Gaya trudgen

7 Gaya Renang Buat Pemula yang Mudah DipelajariIlustrasi Gaya Trudgen (Pinterest.com)

Sama halnya dengan gaya bebas, trudgen memiliki banyak kemiripan dalam variasi gerakan. Hanya saja, yang membedakan teknik ini dengan gaya bebas ada pada gerakan kaki. Pada gaya ini gerakan kaki dilakukan seperti menggunting sedangkan tangan bergerak seperti kincir angin yang memutar.

Teknik melakukan gaya trudgen yaitu dengan regangkan punggung di air dengan wajah di atas, kemudian kuatkan pergelangan kakimu terkulai seperti sirip. Lalu, tendangan kaki secara lurus dan terus menerus dan bertolak ke belakang seperti menggunting dan gerakan lengan memutar seperti kincir angin. Lakukan gerakan tersebut secara terus menerus dan kamu bisa mengambil napas kapan saja.

7. Gaya samping

7 Gaya Renang Buat Pemula yang Mudah DipelajariIlustrasi Gaya Samping (Pinterest.com)

Gaya renang samping merupakan rekomendasi terakhir untuk pemula. Gerakan ini menggunakan sisi bagian samping tubuh. Gaya ini memang jarang dilombakan karena lumayan sulit untuk dilakukan, karena banyaknya variasi gerakan. 

Untuk melakukan teknik ini, pertama buka kaki lebar seperti gunting, kemudian luruskan bagian lengan yang berada di dalam air ke depan, sedangkan lengan satunya cukup kamu lemaskan saja dan taruh di atas badan. Pastikan setengah kepala berada di air dan sisanya di udara.

Terakhir, gerakan lengan yang berada di bawah air seperti sedang menyapu. Koordinasikan gerakan tersebut dengan kaki yang bergerak seperti gunting.

Penulis : Raga Putra Wiwaha

Topic:

  • Satria Permana
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya