Comscore Tracker

7 Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga, Jangan Sampai Terlewat!

Agar tubuh terhindar dari cedera

Pemanasan merupakan latihan yang tidak boleh dilewatkan dalam olahraga. Melakukan pemanasan selama 15 menit sebelum berolahraga berfungsi untuk mempersiapkan tubuh sebelum melakukan aktivitas dengan intensitas berat.

Sebaliknya, meniadakan gerakan pemanasan sebelum olahraga memperbesar peluang cedera, seperti kram dan keseleo. Hal ini dikarenakan otot akan menjadi tegang karena tubuh bekerja keras secara mendadak.

Dalam melakukan pemanasan, dianjurkan untuk melibatkan seluruh anggota tubuh. Tak hanya itu, gerakan pemanasan cenderung lebih ringan dibandingkan latihan inti. Untuk mengatur kesiapan tubuh secara keseluruhan, yuk lakukan 7 gerakan pemanasan sebelum olahraga di bawah ini. 

1. Memutar kepala

7 Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga, Jangan Sampai Terlewat!Memutar kepala sebagai gerakan pemanasan sebelum olahraga (canva.com)

Demi menjaga kelancaran kegiatan olahraga, ada baiknya kamu melakukan latihan pemanasan. Salah satu gerakan pemanasan sebelum olahraga yang jarang dilewatkan adalah gerakan memutar kepala.

Gerakan pemanasan ini cukup mudah dilakukan, yakni hanya dengan memutar bagian leher searah jarum jam dalam hitungan 8 detik. Selanjutnya, putar ke arah sebaliknya dalam durasi yang sama.

Dengan menjalani gerakan pemanasan sebelum olahraga ini, nantinya kepala akan merespon dengan meningkatkan fungsi otak, detak jantung, dan penyerapan oksigen guna mengimbangi intensitas olahraga.

2. Memutar bahu

7 Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga, Jangan Sampai Terlewat!Memutar bahu sebagai gerakan pemanasan sebelum olahraga (canva.com)

Gerakan pemanasan sebelum olahraga juga melibatkan anggota tubuh bagian atas, misalnya bahu. Pada latihan memutar bahu, gerakan diawali dengan memegang pundak menggunakan masing-masing tangan, lalu memutarnya ke arah depan dan ke belakang dalam hitungan 8 detik. Latihan ini efektif untuk menunjang olahraga lari.

Baca Juga: 7 Gerakan Dasar dalam Senam Aerobik, Gak Sulit Kok!

3. Memutar kedua lengan

7 Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga, Jangan Sampai Terlewat!Memutar kedua lengan sebagai gerakan pemanasan sebelum olahraga (canva.com)

Gerakan memutar kedua lengan merupakan gerakan pemanasan sebelum olahraga yang efektif melatih kekuatan dan kelenturan sendi. Pada latihan ini, lengan digerakkan menyerupai kincir angin selama 8 detik. Meski terkesan mudah, intensitas latihan ini tetap perlu diperhatikan. Bila terlalu diforsir, tak menutup kemungkinan persendian bisa merasa linu sebelum memulai latihan inti. 

4. Memutar pinggang

7 Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga, Jangan Sampai Terlewat!Memutar pinggang sebagai gerakan pemanasan sebelum olahraga (canva.com)

Selain gerakan memutar kepala, penting untuk melakukan pemanasan di area perut. Salah satu latihan pemanasan yang bisa kamu coba adalah gerakan memutar pinggang. Gerakan ini bermanfaat untuk melatih fleksibilitas pinggang sehingga dapat membuat latihan semakin prima.

Sama halnya dengan gerakan memutar kepala, gerakan memutar pinggang juga dilakukan selama 8 detik. Gerakan pemanasan sebelum olahraga ini diawali dengan meregangkan bagian kaki searah pundak, kemudian memutarnya searah jarum jam.

Baca Juga: 8 Manfaat Jumping Jack yang Utama, Jaga Kesehatan Jantung! 

5. Memutar lutut

7 Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga, Jangan Sampai Terlewat!Memutar lutut sebagai gerakan pemanasan sebelum olahraga (canva.com)

Gerakan pemanasan sebelum olahraga yang patut dicoba selanjutnya adalah gerakan memutar lutut. Gerakan ini dapat kamu lakukan dengan merapatkan lutut terlebih dulu. Selanjutnya, goyangkan lutut searah jarum jam dan sebaliknya dalam hitungan 8 detik. Tak hanya menjaga lutut tetap luntur, latihan pemanasan ini juga membantu mengurangi resiko cedera.

6. Meregangkan pergelangan paha

7 Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga, Jangan Sampai Terlewat!Meregangkan pergelangan paha sebagai gerakan pemanasan sebelum olahraga (canva.com)

Meregangkan pergelangan paha bisa digunakan sebagai gerakan pemanasan sebelum olahraga yang penting dilakukan. Terlebih bila kamu gemar berolahraga lari jarak jauh. 

Latihan ini dapat dilakukan dengan cara melebarkan jarak kaki lalu berpangku pada salah satu paha. Guna menjaga kelenturan otot paha, gerakan pemanasan sebelum olahraga ini ideal dilakukan selama 8 detik. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Olahraga Biliar, Manfaatnya Banyak

7. Menekuk tubuh ke depan

7 Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga, Jangan Sampai Terlewat!Menekuk tubuh ke depan sebagai gerakan pemanasan sebelum olahraga (canva.com)

Gerakan pemanasan sebelum olahraga yang bermanfaat untuk mempersiapkan kelenturan sendi adalah menekuk tubuh ke depan. Gerakan ini dilakukan dengan meluruskan kaki dengan arah yang cukup lebar ke masing-masing sisi. Selanjutnya, tekuk bagian tubuh ke depan dengan tangan dalam posisi lurus.

Itulah tujuh gerakan pemanasan sebelum olahraga yang patut dicoba. Gerakan ini dapat kamu kombinasikan dengan gerakan pemanasan lainnya sesuai dengan jenis olahraga yang kamu pilih.

Baca Juga: 9 Macam Gerak Otot pada Manusia, Harus Tahu!

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya