Harus Tahu! Ini Daftar Kejuaraan Bulu Tangkis Internasional

Penggemar olahraga bulu tangkis harus tau!

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki atlet bulu tangkis yang memiliki potensi luar biasa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya atlet bulu tangkis Indonesia yang mampu naik podium di berbagai kejuaran bulu tangkis internasional. 

Nah, tahukah kamu bahwa kejuaraan bulu tangkis Internasional bukan hanya Olimpiade saja? Federasi bulu tangkis dunia atau Badminton World Federation (BWF) memiliki sejumlah kejuaraan bulu tangkis dunia yang diselenggarakan setiap satu tahun, dua tahun dan empat tahun sekali. Berikut ini daftar kejuaraan bulu tangkis internasional yang harus kamu ketahui sebagai penggemar olahraga bulu tangkis. 

1. Olimpiade

Harus Tahu! Ini Daftar Kejuaraan Bulu Tangkis InternasionalPenari tampil dalam pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Nasional, Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Pertandingan yang dilakukan satu kali setiap empat tahun ini merupakan kejuaraan kategori grade 1 yang digelar oleh BWF. Olimpiade bulu tangkis pertama kali diselenggarakan pada Olimpiade Barcelona tahun 1992.

Pada kejuaraan ini, pebulutangkis Indonesia berhasil meraih medali emas di nomor tunggal putra yang diraih Alan Budikusuma dan medali emas di nomor tunggal putri oleh Susi Susanti.

Olimpiade 2020 lalu, Indonesia berhasil menorehkan prestasinya pada kategori ganda putri. Greysia Polii dan Apriyani Rahayu sukses menambah medali emas untuk Indonesia. Sedangkan Anthony Sinisuka Ginting sukses menyabet medali perunggu pada kategori tunggal putra. 

Pada 2024 mendatang, gelaran Olimpiade ini resmi diselenggarakan di Paris, Prancis. Semoga pada ajang Olimpiade mendatang, atlet bulu tangkis Indonesia bisa naik podium lagi, ya!

2. Kejuaraan Dunia Junior

Harus Tahu! Ini Daftar Kejuaraan Bulu Tangkis InternasionalIDN Times/PBSI

Kejuaraan ini dilaksanakan setahun sekali dan terdiri dari dua kompetisi terpisah. Ajang ini dipisah menjadi Suhandinata Cup yang diperuntukan bagi kategori grup dan Eye Level Cup untuk perorangan. Kejuaraan ini diikuti oleh pemain-pemain muda yang berusia 19 tahun.

Kejuaraan Dunia Junior terakhir kali diadakan pada tahun 2019 dan sempat vakum selama dua tahun akibat adanya pandemi Covid-19. Namun, Kejuaraan Dunia Junior akan kembali digelar pada Oktober 2022 mendatang. Spanyol akan menjadi tuan rumah dari ajang Kejuaraan Dunia Junior ini. 

3. Piala Thomas

Harus Tahu! Ini Daftar Kejuaraan Bulu Tangkis InternasionalDebutan di skuad Indonesia yang menangkan Piala Thomas 2020 (twitter.com/INABadminton)

Piala Thomas adalah kejuaraan bulu tangkis beregu putra antar negara yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 1949. Awalnya, kejuaraan ini selalu diadakan setiap tiga tahun sekali. Namun, sejak tahun 1982 sampai sekarang, Piala Thomas selalu diadakan dua tahun sekali. 

Piala Thomas akan kembali digelar pada tahun 2022 ini. Tepatnya kejuaraan ini akan berlangsung pada tanggal 8 Mei di Bangkok, Thailand. Jangan lupa untuk dukung tim Indonesia di ajang Piala Thomas ini, ya!

Baca Juga: 5 Format Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia yang Masuk Struktur Turnamen BWF

4. Piala Uber

Harus Tahu! Ini Daftar Kejuaraan Bulu Tangkis Internasionalcorporate.bwfbadminton.com

Piala Uber atau Uber Cup adalah kejuaraan bulu tangkis internasional untuk kategori beregu putri antar negara. Uber Cup telah diselenggarakan mulai pada tahun 1957. Sama seperti Piala Thomas, kejuaraan ini juga dilaksanakan dua tahun sekali.

Piala Uber pada tahun ini diselenggarakan bersamaan dengan Piala Thomas. Kejuaraan tersebut akan dimulai pada 8 Mei mendatang hingga tanggal 15 Mei. 

5. Piala Sudirman

Harus Tahu! Ini Daftar Kejuaraan Bulu Tangkis InternasionalTim Indonesia saat menjuarai edisi pertama Piala Sudirman 1989 (bwfsudirmancup.bwfbadminton.com)

Sudirman Cup adalah kejuaraan bulu tangkis Internasional untuk regu campuran yang telah digelar sejak tahun 1989. Kejuaraan ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali.

Nama Sudirman sendiri diambil dari nama pebulutangkis asal Indonesia yaitu, almarhum Dick Sudirman. Beliau merupakan salah satu pendiri dari PBSI. Ia juga dikenal sebagai bapak bulu tangkis Indonesia.

Pada tahun 2023 mendatang, Piala Sudirman akan kembali digelar, lho. Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) menetapkan Suzhou, China akan menjadi tuan rumah darih Piala Sudirman 2023. 

Baca Juga: 14 Momen Unik Atlet Bulu Tangkis Dunia yang Diunggah Akun Official BWF

6. Kejuaraan Dunia BWF

Harus Tahu! Ini Daftar Kejuaraan Bulu Tangkis InternasionalPodium ganda putra di BWF World Tour Final 2019. (instagram.com/bwf.official)

Kejuaraan Dunia atau Piala Dunia Bulu Tangkis ini sudah diselenggarakan sejak 1977. Awalnya, pertandingan ini diadakan tiga tahun sekali Namun, terjadi beberapa permasalahan di dalamnya. Akhirnya, pada tahun 2006 BWF menjadikan ajang ini sebagai event tahunan pada kalender BWF.

Kejuaraan Dunia BWF pada tahun ini akan diselenggarakan di Tokyo, Jepang. Untuk tanggalnya sendiri, pertandingan ini akan diadakan pada tanggal 21 Agustus mendatang. 

Itulah dafter kejuaraan bulu tangkis internasional yang resmi diadakan secara langsung oleh BWF. Sebenarnya, ada banyak kejuaraan bulu tangkis internasional lainnya. Biasanya, kejuaraan tersebut diselenggarakan oleh negara-negara yang menjadi anggota BWF.

Topik:

  • Bella Manoban
  • Cynthia Nanda Irawan

Berita Terkini Lainnya