10 Manfaat Senam Ketangkasan, Bantu Tingkatkan Daya Tahan Otot

Mampu bakar 200-400 kalori, lho

Salah satu jenis senam yang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh adalah senam ketangkasan. Senam ketangkasan terdiri dari rangkaian gerakan senam yang dilakukan dengan bantuan alat.

Gerakan utama yang biasa dilakukan yaitu berlari dan melompat, berjalan meniti kuda-kuda lompat, dan menekuk kaki serta mendarat. Adapun alat yang digunakan untuk menciptakan gerakan yang tepat dan terarah adalah kuda-kuda pelana, palang sejajar, palang tunggal, dan gelang-gelang palang bertingkat.

Sesuai namanya, aktivitas senam ketangkasan melibatkan keterampilan dan kecekatan sebagai faktor pendukung senam. Selain itu, jenis senam ini membawa banyak manfaat bagi kesehatan sebab menggerakkan hampir seluruh anggota tubuh. Untuk lebih rincinya, simak 10 manfaat senam ketangkasan berikut ini.

1. Membuat tubuh lebih bugar

10 Manfaat Senam Ketangkasan, Bantu Tingkatkan Daya Tahan OtotMembuat tubuh lebih bugar sebagai manfaat senam ketangkasan (canva.com)

Meski rangkaian gerakan senam ketangkasan terkesan sederhana, menjalaninya selama 30 menit mampu membakar sekitar 200-400 kkal energi. Manfaat senam ketangkasan ini mampu mendukung proses diet karena mempercepat proses penurunan berat badan.

Sama seperti latihan fisik lainnya, senam ketangkasan juga merangsang tubuh untuk mengeluarkan keringat. Alhasil, daya tahan tubuh meningkat dan tubuh tidak mudah terjangkit penyakit.

2. Mengencangkan otot

10 Manfaat Senam Ketangkasan, Bantu Tingkatkan Daya Tahan OtotMengencangkan otot sebagai manfaat senam ketangkasan (pexels.com/olly)

Salah satu manfaat senam ketangkasan yang utama adalah membantu mengencangkan otot, terutama otot tangan, kaki, dan otot perut. Senam ketangkasan yang dilakukan secara rutin merangsang pembentukan otot menjadi lebih keras dan kencang.

Tak hanya itu, senam ketangkasan melatih daya tahan otot sehingga meminimalisir risiko cedera.

Baca Juga: 9 Jenis Senam yang Bisa Kamu Coba, Baik untuk Kesehatan!

3. Menambah kekuatan

10 Manfaat Senam Ketangkasan, Bantu Tingkatkan Daya Tahan OtotMenambah kekuatan sebagai manfaat senam ketangkasan (pexels.com/olly)

Kondisi tubuh dalam menggunakan otot untuk memaksimalkan tenaga saat melakukan kegiatan fisik dikenal sebagai kekuatan. Dengan konsisten melakukan senam ketangkasan, otot akan terbiasa dengan rutinitas yang membutuhkan kekuatan jaringan dalam tubuh.

Manfaat senam ketangkasan ini menghasilkan tenaga yang cukup kuat untuk melakukan aktivitas sehari-hari, misalnya mengangkat beban, karena terbiasa dilatih.

4. Melatih kelenturan

10 Manfaat Senam Ketangkasan, Bantu Tingkatkan Daya Tahan OtotMelatih kelenturan sebagai manfaat senam ketangkasan (pexels.com/tima-miroshnichenko)

Kelenturan atau fleksibilitas merupakan keleluasaan gerakan, khususnya pada area otot persendian. Unsur kelenturan tubuh dapat dibentuk dengan menjalani senam ketangkasan.

Dalam praktiknya, kelenturan juga berperan dalam menciptakan rangkaian gerakan yang lebih teratur dan meningkatkan nilai estetika. Tak hanya mengurangi risiko cedera, manfaat senam ketangkasan ini juga menjadikan tubuh terasa lebih ringan. 

Baca Juga: 10 Cara Membentuk Otot Dada yang Wajib Kamu Coba!

5. Meningkatkan kelincahan

10 Manfaat Senam Ketangkasan, Bantu Tingkatkan Daya Tahan OtotMeningkatkan kelincahan sebagai manfaat senam ketangkasan (pexels.com/olly)

Selain melatih kelenturan, senam ketangkasan baik untuk meningkatkan kelincahan. Adapun kelincahan merujuk pada kemampuan mengubah arah posisi tubuh dengan kecepatan dan ketetapan yang tinggi.

Rangkaian gerakan senam ketangkasan yang tersusun sistematis, misalnya gerakan melompat, merangsang tubuh untuk aktif bergerak lincah. Manfaat senam ketangkasan ini membantu tubuh tidak mudah lelah dan lebih bugar. 

6. Memperindah bentuk tubuh

10 Manfaat Senam Ketangkasan, Bantu Tingkatkan Daya Tahan OtotMeroda sebagai macam-macam senam lantai (pexels.com/cottonbro)

Senam ketangkasan juga bermanfaat untuk memperindah bentuk tubuh. Sebab gerakan-gerakan senam membuat orang melakukan gerakan yang indah. Senam ketangkasan membuat tubuh lebih lentur dan tidak kaku dalam melakukan gerakan-gerakan.

Rutin melakukan senam ketangkasan juga mampu membakar lemak berlebih dalam tubuh. Alhasil, tubuh menjadi lebih proporsional dan kamu bisa lebih percaya diri.

7. Meningkatkan imun

10 Manfaat Senam Ketangkasan, Bantu Tingkatkan Daya Tahan Ototilustrasi tubuh bugar (freepik.com/benzoix)

Pada dasarnya, olahraga secara teratur bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Termasuk juga rutin melakukan senam ketangkasan. Tidak perlu melakukan senam yang berat-berat. Asalkan rutin dan teratur melakukannya, kamu akan tetap merasakan manfaatnya.

8. Meningkatkan keseimbangan tubuh

10 Manfaat Senam Ketangkasan, Bantu Tingkatkan Daya Tahan Ototilustrasi seseorang menjaga keseimbangan saat berjalan di atas batang pohon (pixabay.com/wal_172619)

Manfaat senam ketangkasan lainnya adalah dapat meningkatkan keseimbangan tubuh. Sebab gerakan-gerakan senam ketangkasan memaksa seseorang memiliki koordinasi gerak tubuh yang baik.

Dengan memiliki koordinasi dan keseimbangan yang baik saat muda, kamu akan memiliki keseimbangan yang baik pula nantinya di masa tua.

Baca Juga: Sejarah Senam Lantai: Sarana Pengobatan dan Pemujaan Dewa

9. Meningkatkan kemampuan motorik

10 Manfaat Senam Ketangkasan, Bantu Tingkatkan Daya Tahan Ototilustrasi melatih motorik halus dan motorik kasar anak (unsplash.com/Juan Encalada)

Khusus bagi anak yang masih dalam tahap perkembangan, senam ketangkasan bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan motorik. Anak-anak membutuhkan latihan olahraga yang cukup untuk mengembangkan sistem motoriknya. Jadi, jangan lupa ajak anak kamu untuk berolahraga secara rutin, ya!

Baca Juga: 16 Gerakan Senam Lansia yang Aman, Lebih Bugar dan Sehat

10. Memenuhi kebutuhan gerak

10 Manfaat Senam Ketangkasan, Bantu Tingkatkan Daya Tahan OtotMemenuhi kebutuhan gerak sebagai manfaat senam ketangkasan (canva.com)

Kebutuhan gerak pada tubuh dapat dipenuhi melalui senam ketangkasan. Manfaat senam ketangkasan ini mampu menunjang aktivitas keseharian dan meningkatkan kualitas hidup.

Tak hanya itu, rangkaian gerakan senam ketangkasan yang disusun secara teratur membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan fungsional jasmani, rohani, dan sosial. Uniknya, jenis senam ini juga bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif untuk menyalurkan energi bagi anak-anak.

Itulah 10 manfaat senam ketangkasan yang penting diketahui. Selain baik untuk kebugaran jasmani, senam ketangkasan juga bermanfaat bagi kesehatan rohani. 

Baca Juga: 5 Manfaat Tenis Meja yang Harus Diketahui, Bisa Jadi Hiburan

Topik:

  • Bella Manoban
  • Rizna Hidayah
  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya