5 Perbedaan Stick Golf Pria dan Wanita yang Perlu Kamu Ketahui

Mulai dari pegangan hingga ukuran

Salah satu cabang olahraga bola kecil yang dikenal sebagai olahraga mahal adalah golf. Untuk menunjang permainan golf, pemain golf membutuhkan peralatan dan perlengkapan golf, misalnya sarung tangan, dudukan dan bola golf, tongkat golf, dan lain-lain.  

Tongkat golf alias golf stick merupakan aksesori terpenting saat bermain golf. Peralatan ini tersedia untuk pegolf pria dan wanita.

Meski tampak sama, bila diperhatikan lebih detail, stik golf pria dan wanita memiliki spesifikasinya masing-masing. Mulai dari berat hingga ukuran stik golf, cek lima perbedaan stick golf pria dan wanita di bawah ini.

1. Diameter pegangan

5 Perbedaan Stick Golf Pria dan Wanita yang Perlu Kamu KetahuiPerbedaan stick golf pria dan wanita berdasarkan pegangan (pexels.com/kebs-visuals-742415)

Jenis pegangan golf juga menjadi aspek perbedaan stick golf pria dan wanita. Demi menyesuaikan ukuran genggaman, pegangan golf pria dirancang lebih lebar. Bentuknya yang lebih lebar memungkinkan pegolf pria untuk menciptakan kekuatan pukulan yang tepat sasaran pada bola golf.

Adapun jenis pegangan untuk perempuan dirancang berdasarkan ukuran genggaman yang dihasilkan. Pegangan ini hadir dengan diameter yang lebih kecil guna menyesuaikan performa dan menjamin kenyamanan selama permainan golf.

2. Material tangkai

5 Perbedaan Stick Golf Pria dan Wanita yang Perlu Kamu KetahuiPerbedaan stick golf pria dan wanita berdasarkan tangkai (pexels.com/cottonbro)

Perbedaan stick golf pria dan wanita dapat dinilai dari tangkai stik golf. Bahan yang digunakan untuk tangai mempengaruhi berat stik golf secara keseluruhan.

Tangkai stik golf pria umumnya memanfaatkan tipe grafiti dan baja sebagai material utama. Perpaduan grafiti dan baja membentuk tangkai stik golf yang lebih kuat dan kokoh.

Sementara itu, tangkai stik perempuan menggunakan bahan grafiti. Material ini dipilih sebab terasa lebih ringan saat digunakan. Tak hanya itu, stik golf ini mampu mengurangi beban yang dihasilkan saat melakukan ayunan dan pukulan. Stik berbahan ini juga cocok untuk digunakan oleh pemula karena mampu menyesuaikan kemampuan pengguna.

Baca Juga: 8 Peraturan Permainan Golf yang Perlu Dipahami, Apakah Sulit?

3. Bagian loft

5 Perbedaan Stick Golf Pria dan Wanita yang Perlu Kamu KetahuiPerbedaan stick golf pria dan wanita berdasarkan bagian loft (pexels.com/kindelmedia)

Faktor perbedaan stick pria dan wanita berikutnya adalah bagian loft atau yang biasanya dikenal dengan sudut stik golf. Berbentuk vertikal, loft terletak pada bagian ujung stik yang menghubungkannya dengan club.

Loft dirancang dalam beragam sudut guna memudahkan pegolf untuk menciptakan pukulan. Ukuran ini disesuaikan dengan tingkat kemahiran penggunanya. Semakin handal pegolf, maka semakin tinggi sudut angka yang digunakan.

Bagian loft pria umumnya berukuran 9-10,5 derajat, sedangkan untuk perempuan memiliki ukuran yang lebih rendah. Aturan ini berlaku baik untuk pegolf biasa dan profesional.

4. Berat

5 Perbedaan Stick Golf Pria dan Wanita yang Perlu Kamu KetahuiPerbedaan stick golf pria dan wanita berdasarkan berat (pexels.com/ali-danaci-124359678)

Perbedaan stick golf pria dan wanita dapat dilihat dari berat stik. Stik golf untuk pria didesain lebih berat dan sesuai ketentuan pada umumnya. Hal ini dikarenakan mayoritas pegolf pria mempunyai kekuatan pukulan yang lebih tinggi sehingga perlu diimbangi dengan tongkat yang sesuai. 

Stik golf untuk perempuan berbobot lebih ringan dengan tujuan untuk memudahkan penggunaannya dalam memukul bola. Hal ini juga berfungsi untuk menjadikan permainan lebih seimbang.

5. Ukuran stik

5 Perbedaan Stick Golf Pria dan Wanita yang Perlu Kamu KetahuiPerbedaan stick golf pria dan wanita berdasarkan ukuran (unsplash.com/andrewlomas1981)

Ukuran stik menjadi faktor perbedaan stick golf pria dan wanita berikutnya. Demi menyesuaikan postur tubuh pegolf, stik golf dirancang dengan ukuran yang lebih panjang. Stik golf pria umumnya berukuran panjang 179 cm, sedangkan stik golf wanita berukuran 4 cm lebih pendek, yakni 175 cm.

Itulah lima perbedaan stick golf pria dan wanita yang perlu kamu ketahui sehingga tidak salah pilih saat membelinya. Tipe-tipe stik golf hadir dalam beragam variasi sehingga kamu perlu menyesuaikannya dengan kondisi.

Baca Juga: 5 Tips Fundamental Bermain Golf yang Harus Kamu Kuasai, Apa Saja?

Topik:

  • Bella Manoban
  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya