Comscore Tracker

Piala AFF: Thailand Tersukses, Indonesia Belum Pernah Juara

Berikut daftar juara Piala AFF dari seluruh edisi

Jakarta, IDN Times - Sejak digelar pertama kali pada 1996 silam, hanya empat negara yang berhasil meraih gelar juara di Piala AFF. Sayangnya, dari empat negara itu, tak ada Indonesia di dalamnya.

Baru satu negara saja yang berhasil meraih lima gelar juara di ajang dua tahunan ini. Itu adalah Thailand.

Mereka memang menjadi tim yang tersukses di Piala AFF. Selain Thailand, masih ada lagi sejumlah negara yang sukses juara. siapa saja?

1. Thailand

Piala AFF: Thailand Tersukses, Indonesia Belum Pernah Juaraindosport.com

Thailand memang menjadi raksasa yang paling sukses di Asia Tenggara. Cuma The Elephant Warriors yang mampu merengkuh lima trofi di Piala AFF.

Bahkan, Thailand tercatat sebagai juara Piala AFF untuk pertama kalinya, yakni pada 1996. Menariknya, empat gelar juara yang direngkuh Thailand lahir di dua edisi secara beruntun dalam periode berbeda, yakni 2000, 2002 serta 2014, 2016.

Baca Juga: 2 Pemain Malaysia di Piala AFF Positif COVID-19

2. Singapura

Piala AFF: Thailand Tersukses, Indonesia Belum Pernah JuaraTimnas Singapura

Singapura menjadi negara kedua yang paling banyak meraih gelar di Piala AFF. Program naturalisasi Singapura memang terbilang yang paling sukses di Asia Tenggara.

Pemain seperti Daniel Bennett, Fachrudin Mustafic, hingga Alexandar Duric, berhasil membawa Singapura pada kejayaan. Ketiganya berhasil membawa Singapura juara Piala AFF sejak periode 2004, 2007, hingga 2012. Namun, sebelum gelombang naturalisasi itu muncul, Singapura sempat juara pula di 1998.

3. Vietnam

Piala AFF: Thailand Tersukses, Indonesia Belum Pernah JuaraPemain Vietnam Doao Van Hau mencetak gol ke gawang Indonesia pada final SEA Games 2019 (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Vietnam sejatinya tim yang paling merepotkan dengan gaya main eksplosifnya. Tampil dengan ciri khas spartan, kuat, dan cepat, The Golden Stars selalu mampu membuat lawan-lawannya kerepotan.

Namun, permainan itu tak selamanya membuat Vietnam jadi tim yang sering juara. Mereka cuma dua kali berhasil menjadi juara di Piala AFF, 2008 dan 2018.

4. Malaysia

Piala AFF: Thailand Tersukses, Indonesia Belum Pernah JuaraPelatih Timnas Malaysia tak jagokan timnas Indonesia di Piala AFF.(Twitter/@FAM_Malaysia).

Malaysia cuma sekali jadi juara Piala AFF. Itu terjadi pada 2010 lalu. Sebenarnya cukup ironis mengingat bagaimana cara Malaysia meraih satu-satunya gelar Piala AFF.

Sebab, di 2010, Malaysia sejatinya dibantai Indonesia, 1-5, di penyisihan grup. Namun, saat keduanya jumpa lagi di final, malah Indonesia yang dibuat babak belur dengan agregat, 2-4.

Baca Juga: Sejarah Piala AFF yang Berawal dari Nama Minuman

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya