3 Teknik Dasar Golf untuk Pemula, Jangan Asal Main!

Pastikan panjang stik golf sesuai dengan postur tubuh

Jakarta, IDN Times - Salah satu cabang olahraga permainan bola kecil yang banyak digandrungi baik pria maupun perempuan adalah golf. Olahraga ini dikenal sebagai olahraga kelas atas sebab sarana dan peralatan yang digunakan tidak murah dan berbeda dibandingkan olahraga lainnya.

Tak hanya secara perorangan, golf juga bisa dimainkan dalam tim. Olahraga luar ruangan ini bertujuan untuk memukul bola ke lubang yang tersedia di lapangan dengan jumlah pukulan sedikit mungkin. Pukulan diciptakan menggunakan satu set tongkat pemukul yang disebut klab alias stik golf.

Butuh keakuratan, keseimbangan, dan kekuatan yang presisi dalam bermain golf. Untuk itu, pelajari tiga teknik dasar golf dengan menyimak informasi di bawah ini.

Baca Juga: 8 Peraturan Permainan Golf yang Perlu Dipahami, Apakah Sulit?

1. Teknik memegang stik

3 Teknik Dasar Golf untuk Pemula, Jangan Asal Main!Teknik memegang stik sebagai teknik dasar golf (pexels.com/cottonbro)

Bermain golf sejatinya hanya membutuhkan stik dan bola. Meski begitu, terdapat cara tersendiri dalam memegang stik. Dikenal dengan istilah grip, teknik dasar golf ini dibedakan menjadi tiga, yaitu baseball grip, overlapping golf grip, dan interlocking golf grip. Lantas, apa saja perbedaannya? Simak penjelasannya berikut ini.

  • Baseball grip

Sesuai namanya, teknik dasar golf ini dilakukan dengan cara memegang stik layaknya tongkat bisbol. Dengan begitu, posisi tangan kiri berada di bawah tangan kanan.

  • Overlapping golf grip

Teknik memegang stik yang kedua ini hampir sama dengan teknik baseball grip. Bedanya, letak tangan kanan agak sedikit ke atas sehingga jari kelingking tangan kanan berada di antara jari telunjuk dan jari tengah tangan kiri.

  • Interlocking golf grip

Menyerupai teknik baseball grip, teknik interlocking golf grip mengaitkan jari kelingking tangan kanan dengan jari telunjuk tangan kiri. Dikarenakan kerumitannya, teknik ini hanya digunakan oleh pegolf profesional.

2. Teknik mengayun

3 Teknik Dasar Golf untuk Pemula, Jangan Asal Main!Teknik mengayun sebagai teknik dasar golf (pexels.com/cottonbro)

Dikenal dengan istilah swing, teknik mengayun menjadi teknik dasar golf yang perlu kamu pelajari selanjutnya. Penguasaan teknik ini dilakukan sebelum berlanjut ke teknik memukul.

Untuk menghasilkan pukulan yang kuat dan seimbang, terdapat dua teknik mengayun yang bisa kamu pilih, yakni backswing dan downswing. Berikut rinciannya.

  • Backswing

Teknik dasar golf ini diciptakan dengan cara mengayunkan stik ke belakang tubuh hingga melewati kepala.

  • Downswing

Teknik downswing diterapkan usai melakukan backswing. Teknik ini dimulai dengan menolakkan pukulan bertenaga tepat pada bola.

Baca Juga: 13 Sarung Tangan Golf Terbaik untuk Pria dan Wanita, Pilih Mana?

3. Teknik memukul bola

3 Teknik Dasar Golf untuk Pemula, Jangan Asal Main!Teknik memukul bola sebagai teknik dasar golf (pexels.com/cottonbro)

Teknik dasar golf yang yang terakhir adalah teknik memukul bola alias shot. Teknik ini sangat krusial sebab pukulan yang tepat menjadi kunci keberhasilan permainan.

Memukul bola golf tentunya tidak dilakukan secara asal. Ada lima teknik memukul yang perlu pahami demi menghasilkan pukulan yang akurat, di antaranya tee shot, fairway shot, bunker shot, putting, dan punch.

  • Tee shot

Teknik tee shot dilakukan untuk mengawali permainan golf. Pukulan pertama ini dilakukan dari letak awal bola golf (teeing ground) menuju lubang (hole).

  • Fairway shot

Teknik fairway shot berfungsi sebagai lanjutan dari teknik tee shot. Alhasil, teknik ini hanya bisa dipraktekkan usai pukulan pertama.

  • Bunker shot

Apabila bola yang dipukul berakhir di luar arena, kamu bisa mempraktikkan teknik bunker shot.

  • Putting

Teknik dasar golf ini dilakukan saat bola golf berada di dekat lubang sehingga bola dapat dimasukkan dengan mudah.

  • Punch

Teknik punch diperuntukkan saat angin berhembus terlalu kencang di lapangan golf sehingga tidak memungkinkan untuk memukul bola dengan teknik biasa.

Itulah tiga teknik dasar yang perlu kamu kuasai guna menciptakan permainan golf yang unggul. Untuk menunjang permainanmu, pastikan peralatan golfmu memadai.

Baca Juga: 5 Tips Fundamental Bermain Golf yang Harus Kamu Kuasai, Apa Saja?

Topik:

  • Bella Manoban
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya