7 Teknik Dasar Permainan Softball yang Harus Dikuasai

Pemain pemula, wajib tahu teknik dasar ini!

Softball atau sofbol merupakan salah satu cabang olahraga yang menarik untuk dilakukan. Olahraga ini merupakan olahraga beregu yang membutuhkan ketangkasan dan kerja sama tim yang baik dalam permainannya.

Jika kamu yang baru pertama kali mencoba memulai permainan ini, maka ada beberapa teknik dasar dalam permainan softball yang perlu dikuasai. Beriktu IDN Times sudah rangkum untukmu.

1. Teknik memegang bola

7 Teknik Dasar Permainan Softball yang Harus DikuasaiIlustrasi softball. (keloland.com)

Teknik dasar pertama yang harus kamu kuasai dalam permainan softball ini adalah cara memegang bola. Ada 3 cara memegang bola softball, yaitu:

1. Pegangan dua jari (two finger grip)

Untuk melakukan teknik ini, posisikan jari telunjuk dan jari tengah pada permukaan atas bola, sementara tiga jari lainnya memegang permukaan bola lain. Teknik ini akan menghasilkan lemparan bola back spin.

2. Pegangan tiga jari (three finger grip)

Teknik ini bisa membuat pegangan pada bola semakin kuat. Membutuhkan jari telunjuk, jari manis, dan jari tengah untuk memegang bola. Sementara ibu jari dan jari kelingking untuk memegang permukaan bola bagian bawah.

3. Pegangan empat jari (four finger grip)

Cara melakukan teknik four finger grip adalah dengan memegang sekeliling bola menggunakan kelima jari menjadi satu genggaman. Teknik ini akan menghasilkan putaran bola samping.

2. Teknik memukul (batting)

7 Teknik Dasar Permainan Softball yang Harus DikuasaiAnanda Arkan Khalik, atlet softball Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Salah satu cara mendapatkan poin dalam permainan softball yaitu para pemain harus memiliki kemampuan memukul bola. Sebagai pemukul kamu membutuhkan koordinasi antara tangan dan mata yang baik.

Ada 2 cara memukul bola softball yang bisa dipelajari, yaitu:

1. Pukulan swing

Teknik pukulan ini dilakukan dengan cara mengayunkan lengan untuk memukul bola sekeras-kerasnya sampai bola jatuh di luar lapangan. Kamu perlu rileks saat memegang bat. Ketika bola datang, geser kaki ke depan ke arah datangnya bola. Lalu, lakukanlah ayunan ke atas jika ingin bola terpukul melambung, atau ayunkan bat lurus jika ingin bola terpukul lurus.

2. Pukulan bunt

Teknik ini dilakukan dengan cara menahan laju arah bola. Teknik awalannya serupa dengan pukulan swing, bedanya saat memukul bola tidak disertai ayunan. Karena itu, teknik pukulan bunt disebut juga pukulan tanpa ayunan atau pukulan pendek. 

Baca Juga: 6 Perbedaan Softball dan Kasti yang Jarang Diketahui

3. Teknik menangkap (catching)

7 Teknik Dasar Permainan Softball yang Harus DikuasaiPerbedaan softball dan kasti berdasarkan bola (unsplash.com/diana_pole)

Menangkap menjadi salah satu keterampilan bertahan dalam permainan softball. Teknik menangkap bola dilakukan untuk menguasai bola dengan tangan memakai glove dari pukulan atau lemparan satu tim.

Menjadi seorang penangkap bola harus memiliki kemampuan menangkap yang tangkas dan juga harus mampu sesegera mungkin melempar bola kembali. Terdapat 2 teknik menangkap bola dalam permainan softball yaitu menangkap fly ball dan ground ball.

4. Teknik melempar (pitching)

7 Teknik Dasar Permainan Softball yang Harus DikuasaiTeknik lemparan atas sebagai eknik melempar bola softball (unsplash.com/j0rt)

Selain menangkap, melempar juga termasuk keterampilan bertahan dalam permainan softball. Seorang pelempar bola harus jeli memperhatikan unsur kecepatan dan ketepatan. Seorang pelempar bola juga harus mengetahui cara memegang bola dan teknik melempar.

Baca Juga: 3 Teknik Melempar Bola Softball yang Penting Dipelajari

5. Teknik meluncur (sliding)

7 Teknik Dasar Permainan Softball yang Harus Dikuasaiilustrasi meluncur atau sliding dalam olahraga softball (littleleague.org)

Teknik ini biasa dilakukan oleh pelari yang dapat membaca situasi untuk melakukan stealing. Tindakan ini diambil oleh unsur base runner yang berusaha maju ke base di depannya saat potcher mulai melempar bola.

Sliding dilakukan dengan jarak 2 hingga 3 meter dari base di depannya. Kamu bisa melakukan 3 jenis sliding, yaitu meluncur lurus, meluncur mengait, dan meluncur kepala lebih dulu.

6.Teknik menjaga (fielding)

7 Teknik Dasar Permainan Softball yang Harus Dikuasaiilustrasi pemain softball (pixabay.com/Keithjj)

Teknik ini merupakan kemampuan gerak dasar untuk pertahanan. Fielding membutuhkan fokus serta konsentrasi tinggi sebelum bola datang atau sebelum bola dipukul oleh batter. Pemain yang berada di posisi ini harus mampu mengantisipasi segala kemungkinan arah datangnya bola.

7. Teknik berlari ke base atau antar base

7 Teknik Dasar Permainan Softball yang Harus DikuasaiTim Softball putra Lampung jalani pertandingan perdana melawan Sultra di lapangan Universitas Cendrawasih Kota Jayapura, Papua, Rabu (22/9/2021). (Instagram.com/perbasasilampung).

Teknik ini dilakukan setelah pemain memukul bola yang dilemparkan oleh pitcher, pemain harus berlari dengan cepat atau sprint. Teknik lari sprint merupakan berlari dengan ujung kaki, dengan tangan diayunkan agar tidak tegang dan tubuh condong ke depan dengan paha yang sedikit diangkat tinggi.

Demikian beberapa teknik dasar dalam permainan softball yang perlu kamu kuasai sebelum mulai bermain di lapangan. Tentu dibutuhkan latihan berulang-ulang untuk bisa mahir melakukannya dengan tepat.

Baca Juga: Fakta Olahraga Softball, Permainan Bola Kecil yang Melatih Kekompakan

Topik:

  • Bella Manoban
  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya