Comscore Tracker

6 Perbedaan Softball dan Kasti yang Jarang Diketahui

Pemukul kasti terbuat dari kayu

Jakarta, IDN Times - Softball atau sofbol merupakan permainan bola kecil yang dimainkan dua tim berbeda berisikan sembilan pemain. Berasal dari Amerika Serikat (AS), olahraga ini bertujuan untuk mencetak angka dengan cara melakukan batting (memukul).

Meski sama-sama tergolong permainan bola kecil, softball sering disamakan dengan kasti. Padahal, ada karakteristik yang membedakan kedua olahraga tersebut. Mulai dari teknik dasar hingga bola yang digunakan, inilah enam perbedaan softball dan kasti.

Baca Juga: 3 Teknik Dasar Golf untuk Pemula, Jangan Asal Main!

1. Teknik dasar permainan

6 Perbedaan Softball dan Kasti yang Jarang DiketahuiPerbedaan softball dan kasti berdasarkan teknik dasar permainan (pexels.com/pixabay)

Secara umum, permainan softball dan kasti tersusun atas teknik dasar melempar bola, menangkap bola, memukul, dan berlari. Hanya saja, ada perbedaan softball dan kasti di mana diperlukan penguasaan keterampilan sliding pada softball.

Teknik ini dilakukan dengan cara menjatuhkan tubuh ke belakang dan mengayunkan salah satu kaki ke depan ke arah base.

2. Bentuk lapangan

6 Perbedaan Softball dan Kasti yang Jarang DiketahuiPerbedaan softball dan kasti berdasarkan bentuk lapangan (unsplash.com/hanielespinalmedia)

Perbedaan softball dan kasti dapat dilihat dari bentuk lapangan yang digunakan. Lapangan softball memiliki bentuk bujur sangkar yang dibagi menjadi dua daerah, yaitu daerah fair dan daerah foul. Daerah fair atau daerah permainan terdiri dari daerah in field dan daerah out field. Selain itu, ada tiga tempat berhenti alias base pada permainan softball, yaitu base I, II, dan III.

Sebaliknya, lapangan kasti berbentuk persegi panjang. Lapangan ini terdiri dari satu ruang bebas, satu ruang pertolongan, dua ruang hinggap, dan tiga pos sebagai tujuan lati tim pemukul usai berhasil memukul.

Baca Juga: 10 Teknik Dasar Tenis Meja, Wajib Tau!

3. Ukuran lapangan

6 Perbedaan Softball dan Kasti yang Jarang DiketahuiPerbedaan softball dan kasti berdasarkan ukuran lapangan (unsplash.com/natejgo)

Selain bentuk lapangan, perbedaan softball dan kasti juga terletak pada ukuran lapangan. Permainan softball memiliki panjang lapangan antara 16,76-18,29 meter dengan jarak dari marka pelari (home base) ke posisi pelempar (pitcher plate) sekitar 13,07 meter. Adapun tempat pelempar berukuran 60 x 15 cm.

Pada permainan kasti, panjang lapangan berkisar antara 60-70 meter dengan lebar 30 meter.

4. Tangga hinggap (base)

6 Perbedaan Softball dan Kasti yang Jarang DiketahuiPerbedaan softball dan kasti berdasarkan tangga hinggap (unsplash.com/chris_chow)

Permainan softball dan kasti dilengkapi dengan aturan untuk melewati pos-pos tertentu sebelum kembali ke home. Namun, ada perbedaan di mana pemain kasti melewati tiang hinggap, sedangkan pemain softball melewati base.

Terdapat tiga buah base pada permainan softball. Base IV (home base) berbentuk segi lima dari bahan karet dengan ukuran keliling 147 cm.

Di sisi lain, permainan kasti memiliki tiang hinggap berjumlah tiga buah. Tiang ini tersusun atas dua tiang bebas atau tiang hinggap dan satu tiang pertolongan.

Baca Juga: 8 Peraturan Permainan Golf yang Perlu Dipahami, Apakah Sulit?

5. Alat pemukul

6 Perbedaan Softball dan Kasti yang Jarang DiketahuiPerbedaan softball dan kasti berdasarkan alat pemukul (unsplash.com/diana_pole)

Perbedaan softball dan kasti bisa dilihat dari alat pemukul. Alat pemukul softball terbuat dari kayu atau balok berbentuk bulat dan berlapis aluminium dengan diameter 5-6 cm.

Tak hanya itu, alat pemukul softball  memiliki panjang maksimal 87 cm dengan tempat pegangan dibungkus balutan kurang lebih 40 cm. Berat alat pemukul ini pun maksimal 1100 gram.

Untuk memukul bola, kasti menggunakan alat pemukul yang terbuat dari kayu berbentuk stik dengan penampang bermodel bulat telur (oval). Adalun panjang alat pemukul kasti berkisar 50-60 cm. Sementara itu, penampang kasti memiliki panjang 15-20 cm, lebar 5 cm, dan tebal 3,5 cm. 

6. Bola

6 Perbedaan Softball dan Kasti yang Jarang DiketahuiPerbedaan softball dan kasti berdasarkan bola (unsplash.com/diana_pole)

Meski sama-sama menggunakan bola berukuran kecil, bola pada permainan softball maupun kasti memiliki detail berbeda. Perbedaan softball dan kasti ini bisa dinilai dari material utama yang digunakan.

Pada permainan softball, bola menggabungkan gabus dan karet atau kapak berserat panjang yang selanjutnya dililit benang berkualitas baik. Bola ini berwarna berwarna putih atau kuning dan berbentuk bulat dengan benang drip berwarna merah atau putih. Adapun kelilingnya berukuran 30-31 cm dengan berat sekitar 180-200 gr.

Bola pada permainan kasti terbuat dari karet atau kulit berisi sabut kelapa atau ijuk. Dalam hal ukuran, bola kasti memiliki keliling 19-21 cm, diameter 20 cm, dan berat 30-70 gr atau 70-80 gr. 

Itulah enam perbedaan softball dan kasti yang utama. Perbedaan ini mencakup teknik dasar, bentuk lapangan, ukuran lapangan, alat pemukul, dan bola yang digunakan. 

Baca Juga: 5 Peraturan Permainan Bola Voli yang Harus Kamu Tahu

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya