Waspada, Ketahui Jenis Pelanggaran dalam Basket

Ketahui yuk apa saja jenis pelanggarannya!

Jakarta, IDN Times - Dalam permainan olahraga apapun memiliki sejumlah peraturan, termasuk di dalamnya peraturan ketika terjadi sebuah pelanggaran. Begitu pula dalam permainan basket, yang di dalamnya terdapat berbagai istilah yang digunakan saat terjadi pelanggaran. Baik itu yang melibatkan sesama pemain maupun pelatih saat di pinggir lapangan.

Pelanggaran ini biasanya dilakukan oleh pemain saat pertandingan berlangsung dalam memegang bola ataupun saat melakukan pertahanan. Pergerakan bola yang cepat membuat wasit harus cermat memperhatikan permainan dan dengan tepat saat membuat keputusan.

Tim yang terbukti melakukan pelanggaran akan menerima hukuman berupa lemparan ke dalam hingga free throw. Namun, jika pelanggaran terjadi berupa technical foul, maka pemain maupun pelatih bisa diusir dari lapangan

Supaya tak sering melakukan pelanggaran, kamu tahu dengan detail berbagai jenis pelanggaran dalam basket berikut ini.

1. Personal Foul

Waspada, Ketahui Jenis Pelanggaran dalam BasketDeMar DeRozan memberikan dampak besar dalam permainan Chicago Bulls di NBA musim ini. (nba.com).

Pelanggaran dalam olahraga bola basket yang pertama adalah paling umum terjadi di dalam pertandingan. Setiap pemain memiliki jatah maksimal melakukan pelanggaran ini sebanyak lima kali di ajang resmi. Jika pemain melakukan pelanggaran enam kali maka pemain tersebut akan dikeluarkan dari pertandingan tersebut.

2. Team Foul

Waspada, Ketahui Jenis Pelanggaran dalam BasketChicago Bulls di NBA musim 2021/22. (instagram.com/chicagobulls)

Jenis pelanggaran ini dilakukan secara kumulatif. Sebagai contoh, di dalam satu tim terdapat lima orang pemain, jika masing-masing melakukan personal foul, maka total team foul yang dihitung adalah lima kali. Hukuman yang didapat ketika melakukan pelanggaran ini adalah lemparan ke dalam.

3. Jumping foul

Waspada, Ketahui Jenis Pelanggaran dalam Basketpemain Atlanta Hawks Trae Young (hoopshype.com)

Jenis pelanggaran dalam permainan bola basket yang satu ini terjadi ketika pemain melakukan tembakan dengan cara melompat tetapi justru membatalkan melakukan shooting. Jika melanggar ini, maka pemain akan kehilangan penguasaan terhadap bola atau turnover.

Baca Juga: 6 Teknik Dribbling Bola Basket yang Harus Kamu Tahu

4. Pushing foul

Waspada, Ketahui Jenis Pelanggaran dalam BasketPemain Toronto Raptors Pascal Siakam (kiri) berusaha melewati hadangan pemain Boston Celtics Aaron Nesmith pada laga musim reguler NBA 2020-2021 di Amalie Arena, Tampa, Florida, Amerika Serikat, Senin (4/1/2021). Boston Celtics menang 126-114 atas Toronto Raptors (ANTARA FOTO/USA TODAY Sports/Kim Klement)

Jenis pelanggaran satu ini terjadi ketika melakukan tindakan ilegal yang disengaja. Namun, wasit tidak akan menganggapnya sebuah pelanggaran ketika terjadi ketidaksengajaan pemain mendorong tim lawan.

Jika melakukan pelanggaran ini, maka kamu akan menerima kehilangan penguasaan terhadap bola atau turnover.

5. Technical foul

Waspada, Ketahui Jenis Pelanggaran dalam BasketPemain Milwaukee Bucks Brook Lopez (11) dilanggar pemain Phoenix Suns Jae Crowder (99) pada gim ke-4 babak final NBA 2021 di Fiserv Forum, Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat, Rabu (14/7/2021) waktu setempat. Milwaukee Bucks menyamakan kedudukan 2-2 usai menundukkan Phoenix Suns 109-103. ANTARA FOTO/USA TODAY Sports/Jeff Hanisch

Pelanggaran selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah jenis pelanggaran jenis berat dalam permainan bola basket. Biasanya pelanggaran ini terjadi karena pemain mengeluarkan kata-kata kasar kepada ofisial pertandingan, melakukan gerakan berlebihan, bermain tidak sesuai semestinya hingga memicu perkelahian antar pemain.

Hukuman jenis pelanggaran ini akan langsung dikeluarkan oleh wasit.

6. Offensive foul

Waspada, Ketahui Jenis Pelanggaran dalam Basketpotret Damian Lillard (nba.com)

Pelanggaran ini terjadi karena pemain yang berada pada posisi menyerang melakukan tabrakan pada pemain bertahan lawan yang sudah memiliki posisi defense yang benar.

Pelanggaran ini akan mendapat hukuman yang cukup merugikan tim karena menghilangkan possesion ball.

7. Blocking foul

Waspada, Ketahui Jenis Pelanggaran dalam BasketPemain LA Clippers Ivica Zubac menjaringkan bola dihalangi pemain LA Lakers Anthony Davis saat laga NBA di Staples Center, Los Angeles, California, AS, Kamis (6/5/2021). Clippers memimpin jauh perolehan angka pada paruh waktu atas Lakers 65-42. ANTARA FOTO/Reuters/Kirby Lee-USA TODAY Sports

Pelanggaran selanjutnya yaitu yang terjadi karena pemain dengan sengaja menghentikan lawan dengan cara menutup gerakan secara tiba-tiba yang membuatnya kehilangan keseimbangan saat melakukan shooting.

8. Flagrant foul

Pelanggaran jenis ini merupakan pelanggaran yang tidak etis. Pemain dengan sengaja ingin mencederai atau melakukan pukulan pada tubuh lawan saat sama-sama berduel. Pelanggaran ini dikategorikan sebagai berat dan hukumannya adalah skorsing.

9. Travelling foul

Pelanggaran ini terjadi ketika permainan berlangsung yaitu pemain yang melakukan dua langkah lebih tanpa  melakukan dribble. Pelanggaran ini sering terjadi di level junior.

10. Three Seconds Violation

Jenis pelanggaran selanjutnya diakibatkan oleh kelalaian pemain untuk melakukan gerakan di paint area selama tiga detik. Pemain yang tidak bergerak selama tiga detik maka akan mendapat hukuman berupa free throw atau lemparan ke dalam.

11. Illegal Screen

Waspada, Ketahui Jenis Pelanggaran dalam Baskettwitter.com/nbacom

Pelanggaran dalam permainan bola basket ini terjadi di mana pemain melakukan screen dalam permainan pick and roll namun berada pada posisi yang salah. Hukuman dari pelanggaran ini adalah pemain dari salah satu tim kehilangan penguasaan terhadap bola.

Baca Juga: 6 Teknik Dribbling Bola Basket yang Harus Kamu Tahu

12. Double Dribble

Waspada, Ketahui Jenis Pelanggaran dalam Basketpotret Damian Lillard (nba.com)

Pelanggaran jenis ini terjadi saat pemain kembali melakukan dribble setelah sebelumnya memutuskan untuk berhenti. Hukuman dari pelanggaran ini adalah pemain dari salah satu tim kehilangan penguasaan terhadap bola.

13. Backcourt violation

Pelanggaran ini terjadi karena pemain melakukan dribble bola kembali ke wilayah pertahanan setelah melewati garis tengah lapangan.

14. Foul Out

Waspada, Ketahui Jenis Pelanggaran dalam BasketPebasket Los Angeles Lakers Montrezl Harrell (15) berebut bola dengan pebasket Minnesota Timberwolves forward Juancho Hernangomez (41) saat laga NBA melawan Minnesota Timberwolves di Staples Center Los Angeles, California, AS (27/12/2020) (ANTARA FOTO/Jayne Kamin-Oncea-USA TODAY Sports)

Foul out merupakan hukuman bagi pemain yang telah menerima enam kali personal foul dalam satu pertandingan sehingga pemain tersebut tidak bisa melanjutkan pertandingan di sisa waktu pertandingan.

15. 24 Seconds Violation

Pada pelanggaran ini sebuah tim tidak mampu memanfaatkan batas waktu 24 detik untuk melakukan possesion yang berujung pada shooting, dunk atau lay up untuk menambah angka.

16. Offensive 3 Second

Pelanggaran ini terjadi dalam permainan bola basket pada saat pemain tidak melakukan pergerakan selama tiga detik di area paint lawan.

17. Defensive 3 Second

Pelanggaran ini terjadi karena pemain tidak melakukan pergerakan selama 3 detik di area paint defense lawan ketika melakukan offense.

18. Shot clock violation

Waspada, Ketahui Jenis Pelanggaran dalam Basketftw.usatoday.com

Pelanggaran ini terjadi ketika pemain melakukan tembakan saat sepersekian detik setelah 24 detik waktu habis. Umumnya apabila bola masuk maka poin tidak dihitung.

19. Eight Second Violation

Pelanggaran dalam pertandingan bola basket ini diakibatkan oleh pemain yang menggiring bola di wilayah sendiri melebihi delapan detik.

20.Carrying The Ball

Jenis pelanggaran ini terjadi ketika permainan bola basket salah satu pemain membuat kesalahan di mana dia melakukan gerakan dribble memutar bola.

Topik:

  • Bella Manoban
  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya