Comscore Tracker

6 Teknik Dribbling Bola Basket yang Harus Kamu Tahu

Bisa jadi referensi saat main basket, biar makin jago

Jakarta, IDN Times - Salah satu bagian paling penting yang harus dikuasai dalam permainan bola basket adalah dribel. Dalam basket, teknik dribel sangat dibutuhkan selama permainan berlangsung dan termasuk menjadi dasarnya.

Lewat dribel, permainan bisa hidup. Pemain bisa membuat kreasi dalam membangun serangan hingga beraksi dengan manuver-manuver ajaibnya dan kerap bikin penonton berdecak kagum.

Tak cuma satu, tapi banyak teknik dribel dalam basket. Setidaknya, ada 6 teknik dribbling bola basket yang harus kamu tahu. Berikut IDN Times sajikan buat kamu.

1. Spin

6 Teknik Dribbling Bola Basket yang Harus Kamu TahuPebasket putri Sulawesi Selatan, Siti Fatimah (kiri), berusaha melewati adangan dua pemain tim Papua dalam laga babak penyisihan Pool Y cabor basket nomor 5x5 putri di GOR Basket Mimika Sport Complex, Minggu 3 Oktober 2021. (PB PON XX PAPUA / Rocky Padila)

Teknik pertama yaitu spin dribble. Ini menjadi salah satu teknik yang paling sulit buat dikuasai.

Sebab, demi melakukannya, kamu harus dribel bola sambil berputar atau berbalik arah. Tujuannya adalah melindungi bola agar tak kena steal lawan. Kontrol dan kelincahan seorang pemain dibutuhkan buat melakukannya.

Baca Juga: Los Angeles Lakers Masih Inkonsisten di NBA

2. Crossover

6 Teknik Dribbling Bola Basket yang Harus Kamu TahuPemain Sulawesi Selatan, Sabrina Ayu Risantia(tengah) mendapat pengawalan ketat pemain DKI Jakarta, pada pertandingan Bola Basket Putri PON XX Papua di GOR Basket Mimika Sport Center, Kamis (30/9/2021). Dok. PB PON XX Papua / Ady Sesotya

Teknik ini bertumpu pada perpindahan bola yang cepat. Crossover pada dasarnya bertumpu pada perpindahan bola yang sedang digiring dengan cepat, dari satu tangan ke lainnya.

Gerakan ini biasanya dilakukan saat pemain sedang tidak dijaga ketat oleh lawan dan ingin mengubah pergerakan atau mencoba mengembangkan permainan ke arah tertentu.

3. Through the Legs

6 Teknik Dribbling Bola Basket yang Harus Kamu TahuPebasket tim Sulawesi Selatan, Ummil AMS (kiri), berusaha merebut bola dari pebasket Bali yakni Ni Putu Eka Liana (kanan) dalam laga semifinal cabor basket 5x5 PON XX 2021 Papua yang berlangsung di GOR Basket Mimika Sport Complex, Kabupaten Mimika, Kamis 7 Oktober 2021. (PB PON XX PAPUA / Ady Sosetya)

Teknik dribel basket selanjutnya adalah through the legs. Sesuai namanya kalau diartikan, teknik ini dilakukan dengan memindahkan bola melewati celah di antara dua kaki.

Tujuannya adalah untuk mengecoh dan menjauhkan bola dari lawan agar tak mudah buat direbut atau steal.

4. Behind the Back

6 Teknik Dribbling Bola Basket yang Harus Kamu Tahuiblindonesia.com

Gerakan ini  dilakukan untuk melindungi bola dari lawan yang ada di depan dengan cara memindahkan bola dari satu tangan ke lainnya dengan posisi ada di belakang punggung.

5. Hesitation

6 Teknik Dribbling Bola Basket yang Harus Kamu TahuTimnas Basket Australia (pickandroll.com.au)

Hesitation dribble adalah teknik yang bertumpu pada kecepatan. Untuk melakukan teknik ini, kamu perlu dribel bola dalam intensitas yang tinggi.

Kemudian, kamu perlu menurunkan kecepatannya, sejenak sebelum maju lagi dengan kecepatan penuh untuk menerobos area pertahanan lawan.

6. In and Out

6 Teknik Dribbling Bola Basket yang Harus Kamu TahuAntara FOTO/Rocky Padila

Gerakan ini juga dimaksudkan untuk mengecoh lawan. Teknik In and Out sebenarnya bertumpu pada kecepatan seorang pemain dalam mengubah arah saat dribel bola.

Misal, ketika kamu melakukan dribel ke kanan menggunakan tangan kanan, lalu kamu secara mendadak memindahkan bola ke tangan kiri dan melangkah ke arah kiri sehingga lawan akan terkecoh.

Itulah 6 cara menggiring bola basket yang harus kamu ketahui dan kuasai agar makin jago main basketnya.

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya