6 Kiper yang Sukses Raih Man of the Match di Premier League Musim Ini

Pertahanan solid di bawah mistar gawang

Di ajang Premier League era dulu kita sering disuguhi aksi penyelamatan memukau dari David Seaman, Van der Sar, dan Petr Cech saat mengawal gawangnya. Mereka menjadi salah satu kunci kokohnya pertahanan. Saat ini aksi-aksi tersebut masih dapat kita lihat dari para penerus mereka yang juga mampu tampil cekatan.

Kiper-kiper berikut membuat timnya kokoh atau minimal lebih minim kebobolan. Beberapa penyelamatan krusial yang mereka lakukan membuat timnya meraih hasil positif. Berikut enam kiper yang sukses meraih gelar Man of the Match di Premier League musim ini.

1. Robert Sanchez (Brighton)

6 Kiper yang Sukses Raih Man of the Match di Premier League Musim Inipotret Robert Sanchez (witter.com/OfficialBHAFC)

Hingga pekan ke-10 Premier League musim ini, Brighton memang telah kebobolan 11 gol. Namun, andai tak ada Robert Sanchez di bawah mistar gawang, mungkin angka kebobolan itu bisa lebih banyak lagi.

Kiper berusia 23 tahun tersebut mencatatkan 4 clean sheet musim ini. Tak hanya itu, Sanchez pun sukses menyabet 3 gelar Man of the Match. Aksi gemilangnya kala menahan gempuran Burnley (pekan 1), Brentford (pekan 4), dan Norwich (pekan 8) memang layak diganjar gelar tersebut.

2. Edouard Mendy (Chelsea)

6 Kiper yang Sukses Raih Man of the Match di Premier League Musim Inipotret Edouard Mendy (twitter.com/ChelseaFC)

Kehadiran Edouard Mendy awal musim lalu memberi rasa aman bagi Chelsea. Gelar Liga Champions yang mereka raih tak terlepas dari andilnya. Kiper berusia 29 tahun tersebut melanjutkan tren positif itu di musim ini. Ia kerap melakukan penyelamatan krusial di laga-laga Premier League.

Hingga pekan ke-10 Premier League, ia baru memungut bola dari gawangnya sebanyak 3 kali. Praktis, ia pun menjadi kiper yang mencatatkan clean sheet terbanyak musim ini, yakni 6 kali dari 9 laga. Aksi terhebat Mendy terlihat di pekan kedelapan saat Chelsea melawat ke kandang Brentford. Kala itu kiper asal Senegal tersebut sukses melakukan 6 penyelamatan gemilang yang membuat Chelsea membawa pulang kemenangan 1-0. Berkat penampilannya itu Mendy diganjar Man of the Match.

Baca Juga: 5 Bek Kanan Terbaik di Kompetisi Premier League Musim Ini, Siapa Saja?

3. Aaron Ramsdale (Arsenal)

6 Kiper yang Sukses Raih Man of the Match di Premier League Musim Inipotret Aaron Ramsdale saat membela Arsenal (twitter.com/Arsenal)

Sebelum kedatangan Aaron Ramsdale, Arsenal sempat menjadi tim pesakitan di Premier League dengan 3 kekalahan beruntun. Kala itu gawang yang dikawal Bernd Leno kebobolan 9 gol di tiga laga awal.

Arsenal pun berinisiatif merekrut Ramsdale dari Sheffield United dengan tebusan 28 juta euro. Publik Emirates sempat meragukan transfer tersebut karena sang kiper muda ikut terseret ke Championship.

Namun, semenjak kiper berusia 23 tahun itu berada di bawah mistar gawang, Arsenal belum terkalahkan. Tercatat Ramsdale baru kemasukan 3 gol dan sukses mencatatkan 4 clean sheet di Premier League musim ini. Aksinya di pekan ke-10 kala menahan 7 peluang Leicester diganjar Man of the Match.

4. Vicente Guaita (Crystal Palace)

6 Kiper yang Sukses Raih Man of the Match di Premier League Musim Inipotret Vicente Guaita (skysports.com)

Musim ini, Vicente Guaita sukses mencatatkan 3 clean sheet meski gawangnya kerap dibombardir klub lain. Hingga pekan ke-10, tercatat ia telah melakukan 29 penyelamatan. Jika dirata-rata ia melakukan 2,9 penyelamatan perlaga.

Kiper berusia 34 tahun tersebut menyabet gelar Man of the Match kala Crystal Palace menjamu Brentford di pekan kedua musim ini. Kala itu ia berhasil melakukan 3 penyelamatan krusial yang membuat gawangnya tetap bersih hingga peluit akhir pertandingan.

5. Kasper Schmeichel (Leicester)

6 Kiper yang Sukses Raih Man of the Match di Premier League Musim Inipotret Kasper Schmeichel (twitter.com/LCFC)

Musim 2021/22 bukan musim yang bersahabat bagi Kasper Schmeichel. Ia sudah kebobolan 17 gol dari 10 laga Premier League dan baru mencatatkan 1 clean sheet. Padahal, kiper Denmark berusia 34 tahun tersebut telah melakukan 35 kali penyelamatan. Terbanyak kedua di Premier League musim ini.

Meski begitu, Schmeichel pernah meraih satu Man of the Match kala Leicester melakoni laga pembuka melawan Wolves. Aksinya mampu mematahkan 3 peluang yang didapat Wolves dan mengamankan 3 poin.

6. Nick Pope (Burnley)

6 Kiper yang Sukses Raih Man of the Match di Premier League Musim Inipotret Nick Pope (dailymail.co.uk)

Kebobolan 16 gol dari 10 pertandingan bukan catatan yang diharapkan seorang kiper. Namun, rapuhnya lini belakang Burnley bukan mutlak kesalahan Nick Pope. Tercatat, kiper berkebangsaan Inggris tersebut sudah melakukan 29 penyelamatan musim ini.

Bukti dari ketangguhan Pope terlihat di pekan ketujuh kala Burnley menjamu Norwich. Di laga yang berakhir dengan skor kacamata tersebut, ia melakukan 2 penyelamatan krusial dan diganjar Man of the Match.

Beberapa kiper di atas memang layak diganjar Man of the Match karena kerap jungkir balik mengamankan gawangnya. Mampukah mereka menambah koleksi gelar tersebut di tengah hujan gol yang tengah melanda kompetisi Premier League?

Baca Juga: 5 Gelandang Terbaik di Tengah Ketatnya Liga Inggris Musim Ini

Sugiadi Azhar Photo Verified Writer Sugiadi Azhar

Makasih banyak editorial team IDNTimes udah bikin tulisanku jadi makin keren. From: Pejuang hidup yang bergerak lewat goresan tinta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya