Kunci Sukses Timnas Voli Putra Indonesia Jadi Penguasa ASEAN

Timnas voli indoor putra hattrick emas di SEA Games

Jakarta, IDN Times - Timnas voli indoor putra Indonesia sudah bisa dicap sebagai penguasa ASEAN. Label itu muncul setelah tim asuhan Jiang Jie menyabet hattrick emas di SEA Games, edisi 2019, 2021 dan 2023.

Ada beberapa faktor yang membuat tim Merah Putih begitu perkasa di ASEAN. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Skuad yang komplet

Kunci Sukses Timnas Voli Putra Indonesia Jadi Penguasa ASEANAtlet Timnas voli indoor putra Indonesia, Rivan Nurmulki. (IDN Times/Tino).

Penggawa Timnas voli indoor putra, Rivan Nurmulki, mengakui kedalaman skuad menjadi kunci sukses di SEA Games. Level mereka diklaim berada di atas rata-rata negara peserta lainnya.

"Untuk SEA Games, kami sudah di atas rata-rata," kata Rivan saat tiba di Bandara Soekarno Hatta, Rabu (10/5/2023).

Baca Juga: Indonesia Kuasai Pencak Silat SEA Games 2023

2. Kompetisi yang bagus

Kunci Sukses Timnas Voli Putra Indonesia Jadi Penguasa ASEANTim putra Jakarta Pertamina Energi tampil dominan dengan meraih kemenangan 3-1 atas Jakarta Garuda pada laga seri kedua putaran pertama Proliga 2020 di GOR Satria Purwokerto, Minggu (2/2). Proligaofficial

Kompetisi voli indoor putra juga dinilai bagus. Proliga, disebut Rivan, berjalan begitu kompetitif. Faktor ini yang menggenjot kualitas para pemain di atas lapangan. Bahkan, Proliga dinilai kompetisi terbaik di ASEAN.

"Liga kami juga yang terbaik, ya di ASEAN," ujar Rivan.

3. Ada beberapa pemain yang berkarier di luar negeri

Kunci Sukses Timnas Voli Putra Indonesia Jadi Penguasa ASEANAtlet Timnas voli indoor putra Indonesia, Dio Zulfikri. (IDN Times/Tino).

Sementara itu, pengalaman dari pemain yang berkarier di luar negeri berhasil menularkan dampak positif. Seperti Doni Haryono, yang tengah berpetualang di kompetisi Jepang.

"Pengaruh positifnya luar biasa. Doni juga kemarin main di liga Jepang. Otomatis pengalamannya jauh lebih bagus dari sebelumnya. Itu lebih mematangkan dalam segi permainan," kata kapten Dio Zulfikri.

Baca Juga: Timnas Voli Indonesia Tiba di Jakarta Usai Kuasai ASEAN

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya