Comscore Tracker

Quartararo Terjatuh 2 Kali Sampai Kena Penalti, Ini Sebabnya!

Quartararo klaim ada kerusakan di motor YZR-M1

Jakarta, IDN Times - Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, memberikan penjelasan usai mengalami insiden terjatuh dua kali di MotoGP Belanda 2022, akhir pekan kemarin. Insiden itu membuatnya dapat long lap penalty

Quartararo bernasib sial saat balapan di Sirkuit Assen. Pertama, dia terperosok ke gravel usai tergelincir karena menabrak Aleix Espargaro di tikungan kelima putaran keempat, ketika hendak melakukan overtaking.

Pembalap berjuluk El Diablo itu berhasil bangkit untuk kembali balapan. Namun demikian, Quartararo kembali jatuh delapan lap kemudian.

1. Fungsi di YZR-M1 ada yang rusak

Quartararo Terjatuh 2 Kali Sampai Kena Penalti, Ini Sebabnya!Fabio Quartararo di Tes Pramusim MotoGP Mandalika. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Kesalahan individu memang dilakukan Quartararo saat terjatuh pertama kali. Namun demikian, pembalap asal Prancis itu mengakui ada yang tak beres pada YZR-M1 saat terjatuh kedua kalinya.

"Kami masih memeriksa motornya, tapi saya yakin sensor kontrol traksinya rusak. Saya bisa menangani slide pertama, tapi ketika slide berikutnya datang, saya tidak punya kesempatan," kata Quartararo.

Baca Juga: Yamaha Kritik Long Lap Penalty terhadap Fabio Quartararo

2. Blundernya Quartararo mendapat penalti

Quartararo Terjatuh 2 Kali Sampai Kena Penalti, Ini Sebabnya!Fabio Quartararo (motorcyclesports.net)

Namun sayang, kecelakaan pertamanya berdampak fatal. Dia mendapatkan long lap penalty saat mentas di MotoGP Inggris pada 7 Agustus 2022.

Quartararo angkat suara usai diganjar penalti. Sindiran diberikannya sebagai bentuk balasan untuk keputusan Stewards.

"Sekarang Anda tidak bisa mencoba menyalip karena mereka pikir Anda terlalu ambisius. Dari awal tahun beberapa pembalap membuat insiden balapan, tapi ternyata milik saya yang terlalu berbahaya," tulis Quartararo di Instagramnya storynya.

3. Quartararo masih kokoh dipuncak klasemen

Quartararo Terjatuh 2 Kali Sampai Kena Penalti, Ini Sebabnya!Fabio Quartaro bahagia saat mendapat gelar juara dunia 2021.(instagram.com/yamahamotogp)

Quartararo memang masih berada di posisi teratas klasemen MotoGP 2022. Namun karena jatuh, sang juara bertahan itu gagal melebarkan jarak poinnya.

Beruntung, Aleix Espargaro hanya mampu finis keempat, saat dirinya gagal finis. Dia masih unggul 21 poin dari Aleix yang berada di peringkat kedua.

Baca Juga: Terlibat Insiden di Assen, Quartararo: Itu Kesalahan Saya

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya