UCI Track Nations Cup 2023, Kebanggaan Indonesia dan ASEAN

Diikuti 44 negara dan 350 pebalap sepeda

Jakarta, IDN Times - Indonesia akan menggelar UCI Track Nations Cup 2023 di Jakarta International Velodrome, Rawamangun pada 23-26 Februari 2023. Ini dinilai menjadi kebanggaan tersendiri bagi tanah air.

Bukan hanya Indonesia yang patut bangga, tapi juga ASEAN. Maklum, salah satu ajang kualifikasi Olimpiade 2024 ini perdana digelar di wilayah Asia Tenggara.

"Ini bukan hanya sekadar perlombaan sepeda, tapi kami sedang mencetak sejarah kualifikasi Olimpiade Paris 2024 pertama kali diadakan di Asia Tenggara dan diadakannya di Indonesia. Ini pertama kali dalam sejarah Asia Tenggara dan Indonesia," ujar Ketua NOC, Raja Sapta Oktohari dalam jumpa pers di Velodrome, Rabu (22/2/2023).

1. Targetkan dulang banyak poin

UCI Track Nations Cup 2023, Kebanggaan Indonesia dan ASEANSuasana para pebalap sepeda di Jakadta International Velodrome, jelang Tissot UCI Track Nation Cup 2023, Rabu (22/2/2023). (IDN Times/Tino)

Dalam ajang tersebut, Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) PB ISSI, Budi Saputra, mengungkap jika target tim Indonesia (PB ISSI), ingin mendulang banyak poin untuk melaju ke Olimpiade 2024 Paris.

"Yang jelas ini adalah start kualifikasi. Target kami adalah mendapatkan poin Olimpiade. Itu yang paling penting dari tim Indonesia," ujar Budi.

Baca Juga: Mengenal Trek UCI MTB World Cup 2022: Ada Banyak Rintangan

2. Optimisme atlet Indonesia meninggi jelang UCI Track Nations Cup 2023

UCI Track Nations Cup 2023, Kebanggaan Indonesia dan ASEANAtlet sepeda Indonesia, Ayustina Priatna dan Bernard van Aert di Velodrome, Rabu (22/2/2023). (IDN Times/Tino).

Atlet tim Indonesia pun sudah tak sabar untuk beraksi di Velodrome. Mereka sedang mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Mulai dari kondisi, hingga kecepatan di atas lintasan.

"Saat ini saya masih menjaga kondisi dan speed," kata Bernard van Aert.

Hal yang sama juga dirasakan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Kelsey Mitchelle. Atlet sepeda asal Kanada itu tak sabar lantaran banyak atlet hebat yang akan ikut besaing.

"Ini adalah pertama kalinya banyak atlet yang ikut bersaing dan kami sangat bersemangat untuk berkompetisi besok," ujar Mitchelle.

3. UCI Track Nations Cup 2023 diikuti 44 negara

UCI Track Nations Cup 2023, Kebanggaan Indonesia dan ASEANSuasana para pebalap sepeda di Jakadta International Velodrome, jelang Tissot UCI Track Nation Cup 2023, Rabu (22/2/2023). (IDN Times/Tino)

Ketua Pelaksana UCI Track Nations Cup 2023, Novian Herbowo memastikan ajang ini bakal diikuti 44 negara dan 350 pebalap sepeda. Disebut Novian, Velodrome merupakan salah satu lintasan terbaik di dunia," kata Novian.

"Kejuaraan ini akan diikuti 44 negara dan rider sebanyak 350 orang. Opening ceremony dimulai pada 24 dan ditutup pada 26. Venue kita ini dimiliki oleh Pengprov DKI dan ini salah satu terbaik di dunia," kata Novian.

Baca Juga: ISSI: Banyuwangi Layak Disebut Sentra Balap Sepeda

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya