8 Bintang NBA yang Pernah Menorehkan 70 Poin dalam 1 Game

Beberapa masih aktif di NBA

Damian Lillard menorehkan pencapaian gemilang dengan mencetak 71 poin saat berhadapan dengan Houston Rockets di NBA 2022/2023. Ini juga membuatnya menjadi pencetak poin tertinggi dalam satu pertandingan untuk Portland Trail Blazers.

Lillard bukanlah orang pertama yang mencetak 70 poin dalam 1 pertandingan NBA. Ada beberapa bintang yang sudah melakukan hal tersebut.

Siapa saja bintang NBA yang pernah menorehkan 70 poin dalam 1 game?

8. Damian Lillard

https://www.youtube.com/embed/Z1D2VtN5saw

Damian Lillard adalah point guard andalan Portland Trail Blazers. Pebasket asal Oakland ini sangat setia dan belum pernah pindah tim sama sekali sejak awal kehadirannya pada 2012.

Pada 2022/2023, Damian Lillard baru mengukir sejarah untuk Portland Trail Blazers. Point guard  32 tahun ini sukses membuat 71 poin ketika berhadapan dengan Houston Rockets pada lanjutan NBA 2022/2023.

Pebasket yang akrab dipanggil Dame ini berhasil membuat 41 poin pada babak pertama dan 30 poin pada babak kedua. Hal tersebut membuat namanya makin diperhitungkan dan disandingkan dengan para legenda NBA.

7. Donovan Mitchell

https://www.youtube.com/embed/g4PN3J6ObcY

Donovan Mitchell adalah salah satu penggawa penting Cleveland Cavaliers. Shooting guard asal New York ini bergabung dengan Cavaliers setelah ditukar dari Utah Jazz pada awal 2022/2023.

Pebasket yang mempunyai julukan Spida ini sukses membuat sejarah saat Cleveland Cavaliers berhadapan dengan Chicago Bulls. Mitchell berhasil membuat 71 poin, 11 assist, dan 8 rebound.

Pencapaian ini membuat Cleveland Cavaliers memenangi pertandingan dengan hasil akhir 145-134 atas Chicago Bulls. Tak hanya itu, Mitchell juga tercatat sebagai pencetak poin terbanyak dalam satu pertadingan untuk tim asal Ohio tersebut.

6. Devin Booker

https://www.youtube.com/embed/Pan_1zX0RPE

Devin Booker merupakan salah satu pilar penting dari Phoenix Suns. Pada 24 maret 2017, pebasket asal Michigan ini pernah membuat sejarah manis saat timnya berjumpa dengan Boston Celtics di TD Garden.

Shooting guard ini sukses mencuri perhatian dengan mencetak 70 poin dalam 1 pertandingan di NBA. Sejauh ini, hal tersebut menjadi yang tertinggi dalam kariernya di liga.

Sangat disayangkan, Devin Booker tidak mampu mengangkat performa Phoenix Suns sehingga kalah dari Boston Celtics dengan hasil akhir 120-130. Meski begitu, nama pebasket asal Michigan ini makin diperhitungkan di NBA.

Baca Juga: Serba-serbi di Balik Rekor 71 Poin Damian Lillard di NBA

5. David Robinson

8 Bintang NBA yang Pernah Menorehkan 70 Poin dalam 1 GameDavid Robinson (nba.com)

David Robinson adalah center legendaris yang pernah bermain untuk San Antonio Spurs. Pebasket kelahiran Key West ini pernah mencuri perhatian saat menghadapi Los Angeles Clippers pada 1993/1994.

Robinson sukses mencetak 71 poin saat berhadapan dengan Los Angeles Clippers. Center ini mampu tampil dominan di bawah ring dan membuat pertahanan tim asal California tersebut kewalahan menjaga pergerakannya.

Ternyata, pencapaian tersebut membuat David Robinson menjadi pebasket tersubur di NBA. Center berjuluk Admiral ini sukses mengukir rata-rata 29,8 poin pada 1993/1994.

4. Elgin Baylor

8 Bintang NBA yang Pernah Menorehkan 70 Poin dalam 1 GameElgin Baylor (nba.com)

Elgin Baylor merupakan small forward yang hanya berkarier membela Los Angeles Lakers. Namun, pemain legendaris ini tidak mampu menghadirkan gelar juara bagi tim asal California tersebut.

Pemain yang memiliki julukan Rabbit ini mampu tampil gemilang pada 1960. Baylor sukses menorehkan 71 poin ketika Los Angeles Lakers menghadapi New York Knicks di Madison Square Garden.

Ternyata, Baylor menjadi pemain pertama dalam sejarah yang berhasil membuat 70 poin dalam 1 pertandingan di NBA. Ini juga menjadi poin tertingginya selama berkarier di liga.

3. David Thompson

https://www.youtube.com/embed/k6OsKy1c5A0

David Thompson adalah shooting guard legendaris yang pernah berseragam Denver Nuggets dan Seattle SuperSonics. Pebasket asal Carolina Utara ini hanya tampil dalam 8 musim di NBA.

Meski begitu, David Thompson sukses mencuri perhatian di NBA. Dirinya pernah membuat 73 poin saat Denver Nuggets berhadapan dengan Detroit Pistons pada 1977/1978. Pebasket berjuluk Skywalker ini makin diperhitungkan di liga.

2. Kobe Bryant

8 Bintang NBA yang Pernah Menorehkan 70 Poin dalam 1 GameKobe Bryant (nba.com)

Kobe Bryant adalah salah satu pebasket terbaik yang pernah ada di NBA. Shooting guard ini saat masih aktif hanya tampil membela Los Angeles Lakers dan berhasil mempersembahkan lima cincin juara.

Pemain berjuluk Black Mamba ini pernah mencuri perhatian saat menghadapi Toronto Raptors pada 2006. Kobe sukses mencetak 81 poin dan ini menjadi yang tertinggi dalam karirer basket profesionalnya.

1. Wilt Chamberlain

8 Bintang NBA yang Pernah Menorehkan 70 Poin dalam 1 GameWilt Chamberlain (nba.com)

Wilt Chamberlain merupakan salah satu center dominan yang pernah berkarier di NBA. Dirinya sering mencetak banyak poin ketika bermain untuk beberapa tim besar di liga.

Pebasket asal Pennsylvania pernah mencetak 70 poin atau lebih sebanyak 6 kali dalam kariernya. Salah satunya yang paling luar biasa adalah membuat 100 poin.

Wilt Chamberlain menjadi satu-satunya pemain yang bisa mengukir prestasi tersebut di NBA. Tampaknya, pencapaian tersebut sangat sulit dilewati para pebasket aktif di liga.

Kedelapan bintang di atas sukses membuat 70 poin dalam 1 pertandingan NBA. Mereka menunjukkan permainan luar biasa sehingga mampu menorehkan prestasi yang tercatat dalam sejarah liga basket paling bergengsi tersebut.

Baca Juga: Catatan Menarik setelah Donovan Mitchell Cetak 71 Poin dalam 1 Game

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya