12 Bintang yang Nomor Punggungnya Dipensiunkan Los Angeles Lakers

Pau Gasol jadi yang paling baru

Pada 7 Maret 2023, saat pertandingan Los Angeles Lakers menghadapi Memphies Grizzlies, ada peristiwa bersejarah bagi para pencinta Lakers. Tim asal California ini resmi memensiunkan nomor punggung 16 milik Pau Gasol.

Pau Gasol mendapat penghormatan karena berjasa terhadap Los Angeles Lakers. Namun, Gasol sendiri bukan bintang pertama yang mendapat penghargaan tersebut. Ada beberapa nama terkenal yang terlebih dahulu membuat pencapaian ini.

Termasuk Pau Gasol, inilah nama bintang yang nomor punggungnya dipensiunkan Los Angeles Lakers di NBA!

1. Jamaal Wilkes (52)

12 Bintang yang Nomor Punggungnya Dipensiunkan Los Angeles LakersJamaal Wilkes (nba.com)

Jamaal Wilkes merupakan pemain yang bisa bermain sebagai power forward dan small forward. Ia pernah berseragam Los Angeles Lakers selama 8 musim di NBA.

Pebasket kelahiran California ini sudah mempersembahkan tiga cincin juara bagi Lakers. Wilkes berhasil membuat mereka makin diperhitungkan di NBA.

Pada 2012, Los Angeles Lakers membalas jasa Jamaal Wilkes dengan memensiunkan jersey dengan nomor punggung 52. Pemain berjuluk Silk ini resmi menjadi legenda dari tim asal California tersebut.

2. Wilt Chamberlain (13)

https://www.youtube.com/embed/8xr3i9jpiTE

Wilt Chamberlain merupakan salah satu center paling dominan yang pernah ada di NBA. Ia sudah bermain untuk beberapa tim. Salah satunya Los Angeles Lakers.

Pebasket yang memiliki julukkan The Big Dipper ini sudah bermain bersama Lakers selama 5 musim. Wilt Chamberlain juga ikut mempersembahkan satu cincin juara bagi tim asal California tersebut.

Pada 1983, Los Angeles Lakers memberi penghormatan untuk Wilt Chamberlain dengan memensiunkan jersey dengan nomor punggung 13. Golden State Warriors dan Philadelphia 76ers juga melakukan hal yang sama.

3. Elgin Baylor (22)

12 Bintang yang Nomor Punggungnya Dipensiunkan Los Angeles LakersElgin Baylor (nba.com)

Elgin Baylor merupakan small forward yang hanya tampil membela Los Angeles Lakers sepanjang kariernya di NBA. Pebasket kelahiran Washington ini mampu membawa Lakers melaju ke babak final sebanyak delapan kali, tetapi tidak berhasil mengantarkan mereka menjadi juara.

Meski tidak memberi gelar bagi Lakers, Elgin Baylor tetap menjadi legenda tim asal California ini. Pebasket berjuluk Mr Inside ini mendapat penghormatan dengan dipensiunkan jersey nomor 52 pada 1983. 

Tidak hanya itu, Los Angeles Lakers juga mengabadikan Elgin Baylor menjadi sebuah patung pada 2018. Semua penghormatan ini bisa disaksikan di Crypto.com Arena.

4. Gail Goodrich (25)

12 Bintang yang Nomor Punggungnya Dipensiunkan Los Angeles LakersGail Goodrich (nba.com)

Gail Goodrich adalah pemain yang bisa tampil sebagai shooting guard dan point guard saat masih aktif di NBA. Dirinya pernah main untuk beberapa tim. Salah satunya Los Angeles Lakers.

Guard yang memiliki julukan Stumpy ini mampu bertransformasi menjadi bintang dan sukses mempersembahkan satu cincin juara untuk Lakers pada 1972. Tim asal California ini lantas menghormati jasanya dengan memensiunkan jersey dengan nomor punggung 25 pada 1996.

5. Kobe Bryant (8 dan 24)

https://www.youtube.com/embed/d1hs-JI_yBE

Kobe Bryant merupakan shooting guard yang hanya membela Los Angeles Lakers selama 20 musimnya di NBA. Pebasket asal Philadelphia ini berhasil mempersembahkan lima cincin juara untuk Lakers.

Pemain berjuluk Black Mamba ini pernah berganti nomor punggung dari 8 ke 24 saat membela Lakers. Meski begitu, Kobe mampu menjadi juara dengan kedua nomor punggung tersebut.

Los Angeles Lakers kemudian memberi penghargaan dengan memensiunkan jersey nomor punggung 8 dan 24 pada 2017. Kobe berhasil meninggalkan legasi yang luar biasa bagi tim asal California ini.

6. Jerry West (44)

12 Bintang yang Nomor Punggungnya Dipensiunkan Los Angeles LakersJerry West (nba.com)

Jerry West adalah point guard legendaris yang sepanjang kariernya hanya tampil bersama Los Angeles Lakers di NBA. Tak hanya itu, dirinya juga pernah menjadi pelatih dari tim asal California ini.

Pebasket berjuluk Mr Clutch ini merupakan sosok berprestasi di NBA. West pernah membawa Lakers menjadi juara pada 1972. Dirinya bahkan diabadikan sebagai siluet logo NBA.

Los Angeles Lakers kemudian memensiunkan jersey nomor punggung 44 pada 1983. Tidak hanya itu, Jerry West juga diabadikan sebagai sebuah patung yang dipajang di halaman Crypto.com Arena pada 2011.

Baca Juga: Staples Center, Saksi Bisu Kebangkitan Lakers pada Milenium Baru 

7. Earvin Johnson (32)

12 Bintang yang Nomor Punggungnya Dipensiunkan Los Angeles LakersEarvin Johnson (nba.com)

Earvin Johnson atau yang akrab dipanggil Magic Johnson merupakan point guard kreatif yang pernah bermain membela Los Angeles Lakers. Ia mampu menjelma menjadi salah satu pemberi umpan terbaik di NBA.

Pebasket asal Michigan ini sudah mempersembahkan lima gelar juara untuk Lakers. Tim asal California tersebut memberi penghormatan dengan memensiunkan jersey nomor punggung 32 pada 1992. Tidak hanya itu, Magic Johson juga dibuatkan patung di halaman Crypto.com Arena pada 2004.

8. James Worthy (42)

12 Bintang yang Nomor Punggungnya Dipensiunkan Los Angeles LakersJames Worthy (nba.com)

James Worthy merupakan mantan pemain yang hanya tampil membela Los Angeles Lakers di NBA. Dirinya mampu berposisi sebagai power forward dan small forward.

Pebasket yang memiliki julukkan Big Game James ini sudah membela Lakers selama 12 musim. James Worthy mempersembahkan tiga cincin juara bagi tim asal California ini.

Los Angeles Lakers membalas jasa James Worthy dengan memensiunkan nomor 42 pada 1995. Jersey mantan forward ini bisa dijumpai di dalam Crypto.com Arena.

9. Kareem Abdul-Jabbar (32)

https://www.youtube.com/embed/bProJmTusrs

Kareem Abdul-Jabbar merupakan salah satu center dominan yang pernah tampil di NBA. Dirinya berhasil bertransformasi menjadi pemain penting dan mempersembahkan lima cincin juara untuk Los Angeles Lakers.

Los Angeles Lakers sangat menghargai jasa Kareem Abdul-Jabbar dengan memensiunkan jersey nomor 32 pada 1990. Tidak hanya itu, pebasket yang terkenal dengan gerakan khas skyhook ini juga dibuatkan sebuah patung pada 2012.

10. Shaquille O'Neal (34)

https://www.youtube.com/embed/2X8qwT4m9FI

Shaquille O'Neal adalah salah satu pebasket terbaik yang pernah tampil di NBA. Ia pernah membela beberapa tim dan salah satunya Los Angeles Lakers. Pebasket berposisi center ini mampu menjelma menjadi bintang tim asal California tersebut.

Pemain asal New Jersey ini berhasil mempersembahkan tiga gelar juara secara berturut-turut pada 2000—2002. Shaquille O'Neal mampu membuat Lakers tampil dominan di NBA.

Los Angeles Lakers kemudian memberi penghargaan dengan memensiunkan jersey O'Neal bernomor 34 pada 2013. Pebasket berjuluk The Diesel ini juga diabadikan menjadi sebuah patung yang dipasang di halaman Crypto.com Arena pada 2017.

11. George Mikan (99)

https://www.youtube.com/embed/8g6VHBjGv5I

George Mikan merupakan center yang pernah berseragam Minneapolis Lakers. Dirinya saat itu bermain di BAA yang sekarang bernama NBA. Pemain asal Illinois ini mampu menjadi pemain penting untuk tim.

Center berjuluk Mr Basketball ini bertahan bersama Minneapolis Lakers selama 7 musim. George Mikan juga mampu menghadirkan lima gelar juara bagi Lakers.

Minneapolis Lakers yang sekarang bernama Los Angeles Lakers memberi sebuah penghormatan dengan memensiunkan jersey Mikan bernomor 99 pada 2022. Dirinya sukses meninggalkan legasi luar biasa bagi Lakers.

12. Pau Gasol (16)

https://www.youtube.com/embed/I-d8M3OiJM4

Pau Gasol menjadi bintang Los Angeles Lakers terbaru yang mendapat penghormatan. Lakers memensiunkan jersey nomor punggung 16. Gasol pun menjadi pemain ke-12 dalam sejarah tim yang mendapatkan hal tersebut.

Center asal Spanyol ini sudah tampil dalam 6,5 musim bersama Lakers. Pau Gasol juga berhasil membawa tim asal California tersebut juara berturut-turut pada 2009 dan 2010. 

Dua belas bintang Los Angeles Lakers di atas mendapat penghormatan dengan dipensiunkan nomor punggungnya. Mereka sukses memberi dampak yang luar biasa dalam kemajuan basket di NBA. Para pemain tersebut sangat layak disebut sebagai legenda.

Baca Juga: Mengenang Pertandingan Terakhir Kobe Bryant di NBA 

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya