5 Center yang Sukses Mencuri Perhatian Sepanjang 2022/2023, Ada Jokic

Ada yang mendapatkan MVP 2023

Center adalah posisi penting dalam skema permainan bola basket. Para pemain yang mengemban peran tersebut harus memiliki kemampuan bertahan yang luar biasa. Selain itu, mereka biasanya mempunyai postur yang tinggi dan besar untuk memudahkan ketika berada di bawah ring. Tak jarang kehadiran mereka bisa menjadi faktor pembeda dalam sebuah tim.

Pada 2022/2023, banyak bermunculan center yang mampu menunjukkan performa luar biasa. Bahkan, dalam beberapa musim belakangan pemain dengan posisi tersebut sukses mendominasi NBA. Lantas, siapa saja bintang yang dimaksud ini? Mari simak ulasannya di bawah ini!

1. Nikola Jokic

5 Center yang Sukses Mencuri Perhatian Sepanjang 2022/2023, Ada JokicNikola Jokic (nba.com)

Nikola Jokic menjelma menjadi salah satu pemain paling atraktif di NBA. Meski berposisi sebagai center, pebasket asal Serbia ini kerap tampil layaknya seorang point guard. Dirinya memiliki kemampuan bertahan dan menyerang sama baiknya.

Pemain berjuluk Joker ini makin menunjukkan peran pentingnya untuk Denver Nuggets. Dirinya mampu mencetak rata-rata yang solid dengan 26,2 poin, 10,5 assist, dan 12,7 rebound dalam 69 pertandingan reguler. Catatan mentereng ini membuatnya masuk dalam All-NBA Second Team 2023. Selain itu, Jokic sukses membawa Nuggets berada di peringkat pertama wilayah barat dan otomatis lolos ke playoff 2022/2023.

Tak berhenti sampai di situ, Nikola Jokic meneruskan kegemilangannya sehingga membawa Denver Nuggets untuk pertama kali melangkah ke partai final dan mengalahkan Miami Heat dengan agregat 4-1. Center 28 tahun ini juga menjadi faktor pembeda ketika pertandingan. Berkat hal tersebut, dirinya menyabet penghargaan NBA Finals MVP 2023.

2. Joel Embiid

5 Center yang Sukses Mencuri Perhatian Sepanjang 2022/2023, Ada JokicJoel Embiid (nba.com)

Joel Embiid adalah center yang bermain untuk Philadelphia 76ers. Diriya bisa menunjukkan perkembangan pada setiap musimnya sehingga menjelma mesin pencetak poin bagi tim asal Pennsylvania tersebut. Sampai saat ini, posisinya masih sulit tergantikan dalam skema permainan tim.

Pada 2022/2023, Embiid menjadi kunci permainan dan kerap dipasang sebagai starter untuk Philadelphia 76ers. Dirinya ikut mengantarkan timnya tersebut lolos ke babak playoff. Selain itu, pemain yang akrab dipanggil Jojo ini berhasil mencetak rata-rata yang luar biasa dengan 33,1 poin, 4,2 assist, dan 10,2 rebound dalam 66 pertandingan reguler. Catatan gemilang ini membawanya masuk dalam All-NBA First Team dan untuk pertama kali meraih penghargaan Most Valuable Player (MVP) 2023.

Baca Juga: Joel Embiid Tak Pernah Menang di Game Ketujuh NBA Playoff

3. Bam Adebayo

5 Center yang Sukses Mencuri Perhatian Sepanjang 2022/2023, Ada JokicBam Adebayo (nba.com)

Bam Adebayo merupakan center yang sudah bermain untuk Miami Heat sejak 2017. Perlahan tapi pasti, pebasket kelahiran Newark ini mampu bertransformasi menjadi andalan dalam beberapa musim terakhir. Dirinya bisa menunjukkan kemampuan bertahan yang hebat sehingga berdampak dalam performa tim.

Musim 2022/2023, Bam Adebayo masih berperan sebagai salah satu faktor kunci permainan Miami Heat. Dirinya bisa mencetak rata-rata luar biasa dengan 20,4 poin, 3,2 assist, dan 9,2 rebound dalam 75 pertandingan reguler. Performa gemilang ini mengatarkannya masuk dalam NBA All-Defensive Second Team 2023.

Bam Adebayo bisa melanjutkan tren positif ketika membawa Miami Heat ke babak playoff. Dirinya bahkan ikut meloloskan tim asal Florida tersebut ke partai final, tetapi harus mengakui kehebatan Denver Nuggets dengan agregat 4-1. Meski begitu, dirinya sukses menunjukkan kontribusi yang luar biasa terhadap performa tim.

4. Domantas Sabonis

5 Center yang Sukses Mencuri Perhatian Sepanjang 2022/2023, Ada JokicDomantas Sabonis (nba.com)

Domantas Sabonis merupakan center yang tengah naik daun di NBA. Dirinya bergabung dengan Sacramento Kings setelah ditukar oleh Indiana Pacers pada 2022. Tak butuh waktu lama, pebasket asal Lithuania ini mampu menjadi sosok kunci permainan bagi tim asal California tersebut.

Pada 2022/2023, Domantas Sabonis makin menunjukkan kontribusinya bersama Sacramento Kings. Dirinya sukses mengubah timnya menjadi kuda hitam yang diperhitungkan di NBA. Center 27 tahun ini mengukir rata-rata 19,1 poin, 7,3 assist, dan 12,3 rebound dalam 79 pertandingan reguler. Performa gemilang tersebut membuatnya masuk dalam All-NBA Third Team 2023. Selain itu, Sabonis ikut berjasa membawa Kings melaju ke babak playoff setelah terakhir kali pada 16 musim yang lalu.

5. Anthony Davis

5 Center yang Sukses Mencuri Perhatian Sepanjang 2022/2023, Ada JokicAnthony Davis (nba.com)

Anthony Davis adalah pebasket yang bisa berposisi sebagai center dan power forward dalam tim. Dirinya saat ini bermain untuk Los Angeles Lakers. Pemain 30 tahun ini menjelma menjadi salah satu kunci permainan bagi tim asal California tersebut.

Pada 2022/2023, pebasket yang akrab disapa AD ini sempat mengalami cedera yang membuatnya harus absen lama dari liga. Ini tentu berdampak besar terhadap performa Lakers yang merosot di NBA. Davis lantas bisa sembuh dan mampu menunjukkan permainan gemilang dengan mencetak rata-rata 25,9 poin, 12,5 rebound, dan 2,6 assist selama 56 pertandingan reguler. Tak hanya itu, Dia sukses membantu tim asal California ini melangkah ke babak playoff.

Kelima center di atas mampu mencuri perhatian sepanjang 2022/2023. Mereka semua memiliki peran yang sangat penting dalam skema pertahanan dan penyerangan timnya masing-masing sehingga bisa tampil kompetitif di NBA. Menurut kalian, siapakah center lain yang memiliki kinerja memukau pada musim ini?

Baca Juga: Anthony Davis yang Merosot Akibat Cedera

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya