Pembukaan Asian Games 2022 Bertabur Pakaian Adat Indonesia

Indonesia kirim 415 atlet

Jakarta, IDN Times - Perhelatan olahraga Asia atau Asian Games 2022 resmi dibuka pada Sabtu (23/9/2023). Dalam parade atlet pada upacara pembukaan Asian Games di Hangzhou China itu, Indonesia menampilkan keberagaman budaya yang direpresentasikan melalui pakaian adat.

Kontingen Tim Indonesia dipimpin Jadi Rajagukguk selaku Vice CdM, ditemani atlet wushu Nandhira Mauriskha, dan Kapten Timnas Voli Indoor putra Hernanda Zulfie sebagai pembawa sangsaka Bendera Merah Putih.

“Kebetulan Pak Bas selaku CdM baru bisa bergabung dengan tim mulai tanggal 24, jadi sehari setelah pembukaan. Sebab itu, saya sebagai Vice CdM yang menggantikan tugas beliau untuk memimpin Kontingen Tim Indonesia di pembukaan,” kata Jadi dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times Sabtu (23/9/2023).

Baca Juga: Duet Voli-Wushu Bawa Bendera Indonesia di Defile Asian Games

1. Perwakilan altet yang ikut delfie upacara pembukaan

Pembukaan Asian Games 2022 Bertabur Pakaian Adat IndonesiaAtlet Indonesia dalam pembukaan Asian Games 2023. (Dokumentasi/Screenshot Youtube)

Dalam delfie pembuakaan ini, Hernanda Zulfie memakai baju adat Rote, pulau di ujung paling selatan Indonesia yang masuk dalam wilayah Nusa Tenggara Timur. Ia menggunakan jas putih tertutup dengan bawahan kain tenun dan topi tradisional khas Rote yang disebut Ti’i Langga.

Hernanda lahir 27 Januari 1997. Memiliki tinggi badan 197 cm, pemain kelahiran Kota Batam yang berposisi sebagai middle blocker ini turut membawa Tim voli Indonesia meraih medali emas di SEA Games 2019, 2021 dan 2023 saat di Kamboja lalu.

“Pakaian adat adalah busana yang menjadi simbol identitas dan kekayaan budaya suatu daerah dan juga kekayaan Indonesia sekaligus simbol dari Bhineka Tunggal Ika yang di dalamnya ada nilai-nilai sportivitas, solidaritas dan kejujuran. Sudah sepatutnya kita turut memperkenalkan kepada dunia keberagaman Indonesia melalui momentum Asian Games ini,” kata Jadi.

Baca Juga: Asian Games 2022 Dibuka, Ini Harapan Besar Ketua NOC Indonesia

2. Hernanda Zulfi gunakan pakaian adat Rote

Pembukaan Asian Games 2022 Bertabur Pakaian Adat IndonesiaPembukaan Asian Games di China. (Dokumentasi/Screenshot Youtube)

Sementara itu, Jadi menggunakan pakaian adat Sumatera Utara khas Batak Toba yang terbuat dari ulos, kain tenun tradisional mulai dari atas sampai bawah. Jadi juga mengenakan tutup kepala yang disebut bulang-bulang, selendang ulos serta Tongkat Panaluan yang menjadi tongkat sakti suku Batak Toba.

“Ulos yang digunakan dalam pakaian adat Batak Toba ini memiliki makna sebagai wujud kesatuan hati untuk bisa mempersembahkan prestasi terbaik buat Merah Putih,” jelas Jadi.

Deputi I Tim CdM, Jovinus Carolus Legawa dan Deputi II Tim CdM Thomas Setiabudi Aden yang juga ikut dalam rombongan defile, menggunakan pakaian adat dayak dari Kalimantan.

Ada pula Deputi III Tim CdM Dadang Rukmana mengenakan baju adat dari Jawa Barat dan anggota Tim CdM Andi Arini yang memakai pakaian adat Minang, Sumatera Barat lengkap dengan suntiangnya. Selain itu, Hengky Silatang yang mewakili Komite Eksekutif Komite Olimpiade Indonesia juga ikut serta dengan memakai baju adat Makassar, Sulawesi Selatan.

3. Atlet Indonesia di Asian Games 2022

Pembukaan Asian Games 2022 Bertabur Pakaian Adat IndonesiaLogo Asian Games 2022. (twitter.com/19thAGofficial)

Perwakilan atlet Indonesia yang ikut dalam defile upacara pembukaan yakni
ofisial dari cabang olahraga Renang, voli indoor, hockey, modern pentathlon, wushu, taekwondo, anggar, judo, rowing, tennis, skateboard dan tinju serta tim Chef de Mission (CdM) ikut ambil bagian dalam defile upacara pembukaan.

Sebagai informasi, Indonesia mengirim 415 atlet yang akan tampil di 31 cabang olahraga (cabor) di Asian Games 2023 Hangzhou, China, pada 23 September hingga 8 Oktober mendatang.

Baca Juga: Hernanda dan Nandhira, Pembawa Bendera Indonesia di Asian Games 2022

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya