Duet Voli-Wushu Bawa Bendera Indonesia di Defile Asian Games

Keduanya dipilih karena prestasi

Jakarta, IDN Times - Upacara pembukaan Asian Games 2022 akan digelar pada Sabtu malam waktu setempat (23/9/2023) di Olympic Sport Center Stadium, Hangzhou. Dalam upacara pembukaan nanti, Indonesia akan dipimpin dua atlet dalam parade alias defile.

Pevoli putra Indonesia Hernanda Zufi bersama atlet wushu putri Nandhira Maurishka bakal memimpin kontingen Indonesia di upacara pembukaan. Keduanya dipilih sebagai pembawa bendera dan berada di barisan terdepan rombongan.

Baca Juga: Presiden Xi Jinping Hadiri Upacara Pembukaan Asian Games 2022

1. Kombinasi adat Betawi dan NTT

Duet Voli-Wushu Bawa Bendera Indonesia di Defile Asian GamesAtlet voli putra Indonesia, Hernanda Zulfi (instagram.com/hernandazulfi13)

Dalam defile nanti, Nandhira akan menggunakan baju kurung khas Betawi saat bertugas membawa bendera bersama Nanda.

Sementara, Nanda nantinya menggunakan pakaian adat Pulau Rote. Pilihan ini diambil karena Pulau Rote merupakan yang terdepan di sisi selatan Indonesia dan masuk di wilayah Nusa Tenggara Timur.

2. Nandhira merasa terhormat

Duet Voli-Wushu Bawa Bendera Indonesia di Defile Asian GamesPengukuhan kontingen Indonesia untuk Asian Games 2022 Hangzhou (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Nanda dan Nadhira didaulat sebagai yang terdepan karena prestasinya. Nadhira pada SEA Games 2021 lalu, berhasil meraih perak dalam nomor Taolu Jianshu putri.

Lalu, Nanda merupakan anggota tim voli Indonesia yang berhasil mempertahankan hattrick emas di SEA Games sejak 2019, 2021, dan 2023.

"Kehormatan dan kebanggaan buat saya untuk bisa mewakili atlet Indonesia mengenakan pakaian adat untuk pembukaan nanti. Pastinya, kesempatan ini juga memotivasi saya untuk bisa memberikan hasil yang terbaik di Asian Games dan berharap bisa mengibarkan bendera Merah Putih di podium nanti," kata Nandhira.

3. Nanda tegang

Duet Voli-Wushu Bawa Bendera Indonesia di Defile Asian GamesHernanda Zufli (#13) dalam pertandingan melawan Tim Voli China di babak penyisihan Asian Games 2022 Hangzhou (Dok.NOC Indonesia/Naif Al’As)

Nanda mengaku cukup tegang menjadi pemimpin dalam defile. Namun, menurutnya hal itu menjadi sangat wajar karena merupakan kepercayaan dari tim.

"Alhamdulillah, yang pasti saya bangga banget bisa terpilih untuk menjadi pembawa bendera Indonesia mewakili kontingen. Rasa gugup pasti ada, tapi sedikit saja," kata Nanda.

Baca Juga: Timnas Voli Keok dari China di Asian Games 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya