FPTI Terus Berbenah Jelang Piala Dunia Panjat Tebing 2022

Indonesia pertama kali jadi tuan rumah IFSC World Cup 2022

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid mengatakan, pihaknya terus menyiapkan diri agar IFSC World Cup 2022 atau Piala Dunia Panjat Tebing 2022, sukses digelar. 

Sebagaiamana diketahui, Piala Dunia Panjat Tebing bakal digelar di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, pada 24 sampai 26 September 2022.

Berbagai peralatan yang diperlukan untuk ajang internasional tersebut, dipilih dengan kualitas terbaik. Salah satunya dinding yang telah telah diterbangkan dari Prancis ke Indonesia.

"Jadi kita bawa wall, dinding panjat tebingnya langsung kita terbangkan dari Eropa. Karena harus memenuhi standard kejuaraan-kejuaraan internasional," kata Yenny saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta, Minggu (18/9/2022).

1. FPTI siapkan posko buat International Federation of Sport Climbing

FPTI Terus Berbenah Jelang Piala Dunia Panjat Tebing 2022ANTARA FOTO/INASGOC/Hendra Nurdiyansyah

Selain itu, FPTI juga sudah menyiapkan hotel untuk menjadi posko Federasi Internasional Olahraga Panjat Tebing atau International Federation of Sport Climbing (IFSC).

"Kita menyiapkan satu hotel posko untuk federasi internasionalnya. Kalau (hotel) para atlet, delegasinya menentukan sendiri. Mereka mencari, menentukan, kita hanya memberikan rekomendasi ini areanya di sini. Lalu mereka yang akan memastikan jaraknya tidak jauh," ujar Yenny.

Baca Juga: Usai Piala Dunia, Panjat Tebing Indonesia Bidik Tembus Olimpiade 2024

2. FPTI ungkap alasan perubahan lokasi pelaksanaan IFSC World Cup 2022

FPTI Terus Berbenah Jelang Piala Dunia Panjat Tebing 2022Stadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Terkait lokasi pelaksanaan IFSC World Cup 2022 di SCBD, menurut Yenny adalah hasil perubahan dari lokasi pertama, yakni di komplek Gelora Bung Karno (GBK).

Namun, dikarenakan kawasan GBK tak tersedia pada tanggal pelaksanaan IFSC, maka lokasinya diubah ke SCBD.

"Awal lokasi sebenarnya di area GBK. Tapi ternyata GBK tidak tersedia lahan yang memadai pada saat tanggal yang sudah ditetapkan. Karena tanggalnya ditentukan federasi internasional," ujar Yenny.

3. Ada 197 atlet dari 27 negara bakal bertanding di IFSC World Cup 2022

FPTI Terus Berbenah Jelang Piala Dunia Panjat Tebing 2022Cabang olahraga panjat tebing PON XX Papua 2021 (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Secara keseluruhan, akan ada 197 atlet dari 27 negara akan bertanding di IFSC World Cup 2022. Dari jumlah tersebut, untuk kategori speed sebanyak 58 orang putra dan 41 orang putri. Kemudian untuk kategori lead terdiri dari 47 orang putra, dan 51 orang putri.

Indonesia sendiri akan mengirim 42 atlet dari berbagai daerah. Untuk kategori speed, ada 12 orang atlet putra Indonesia, dan 10 orang atlet putri. Lalu, untuk kategori lead ada 10 orang atlet putra, dan 10 orang atlet putri.

"Kita menginginkan agar kita meraih medali, pasti targetnya harus medali emas. Tapi 3 besar untuk putra dan putri, itu target kita," kata Yenny.

Baca Juga: Jadi Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid Siap Cetak Spiderman Lebih Banyak

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya