Perjalanan Karier Sasa Ex Player ONIC Esports, Berikut 5 Faktanya

Sasa resmi kembali ke kampung halaman #IDNTimesSport

Nama asli mantan pro player ONIC Sasa adalah Lu Khai Bean. Sasa adalah salah satu pemain luar negeri yang cukup sukses berkarier di Indonesia.

Saat ini, Sasa telah kembali ke negara asalnya yaitu Malaysia dan memperkuat tim SMG. Sasa pertama kali hijrah ke Indonesia pada tahun 2018 bergabung dengan ONIC NV bersama James. James berpindah haluan ke tim RRQ, sementara Sasa masih setia membela tim ONIC sampai mendapatkan beberapa gelar juara.

Berikut beberapa fakta menarik tentang Lu Khai Bean alias Sasa.

1. Pernah membawa ONIC juara MPL ID season 3, Piala Presiden 2019, dan MSC 2019

Sasa mulai naik daun ketika berhasil menjadi tim terkuat dalam MPL ID season 4. Perjalanan ONIC dalam MPL ID season 3 bisa dibilang tanpa hambatan. Tim yang disebut-sebut sebagai 5 kage yaitu Sasa, Udil, Drian, Antimage dan Psychoo mempunyai ikatan yang kuat dan menjadi tim yang ditakuti di tahun 2019. 

Kala itu Sasa tampil gemilang  dengan role marksman sebelum akhirnya meta baru muncul. Metagame hyper carry yang membuat pembagian role di dalam tim juga berubah. Hal ini memunculkan pemain-pemain baru sehingga menggeser posisi Sasa dalam tim ONIC. 

2. Mempunyai paras menawan dan disukai kaum hawa komunitas esports MLBB

https://www.youtube.com/embed/_bwUL2OK-js

Merantau dan tinggal jauh dari keluarga tidak membuat Sasa menyesal. Walaupun belum terlalu fasih berbahasa Indonesia, banyak kaum hawa yang menganggap keterbata-bataan Sasa sebagai hal yang menggemaskan.

Sasa juga mempunyai banyak teman dari tim ONIC yang selalu mendukungnya. Antimage salah satunya. Walaupun sudah ditinggalkan oleh Antimage ke tim lain, Sasa dan Antimage tetap menjadi teman yang baik hingga sekarang.

Baca Juga: 5 Turnamen eSports dengan Total Hadiah Terbesar di Dunia

3. Karier Sasa sempat naik turun setelah kemenangan beruntun MPL ID season 3

Sasa masih dipercaya untuk mengisi line up tim ONIC pada MPL ID season 4, 5, 6 dan 7. Meski begitu, Sasa sebenarnya tidak banyak mendapat kesempatan bermain.

Beberapa anggota yang dulunya disebut 5 kage juga perlahan terpecah. Berawal dari Udil yang berpindah haluan ke tim Alter Ego, kemudian menyusul Antimage ke tim Evos Legends dan Psychoo ke tim RRQ.

Susunan tim ONIC yang semula 5 kage bersama Sasa berubah dan membuat tim ONIC tidak sekuat dahulu. Pada season 4, ONIC hanya bisa mencapai posisi ke-4 dan posisi posisi ke-3 di season 5.

Beberapa pemain baru yang dimungkinkan bakal menjadi pemain kuat juga bergabung bersama ONIC, di antaranya ada CW dan Sanz yang sudah terkenal berkat skill dan kualitas bermainnya. Hal ini jelas mempengaruhi posisi Sasa di dalam tim ONIC. 

4. Sasa dilepas tim ONIC Esport pada tanggal 3 Agustus 2021

Akhirnya kontrak Sasa dengan tim ONIC berakhir tepat sebelum digelarnya MPL ID season 8. ONIC mengumumkan berpisah dengan Sasa setelah kurang lebih tiga tahun kebersamaan mereka.

Sempat ditanggapi oleh Antimage, teman dekat Sasa ketika di ONIC, Antimage tidak terima perihal ONIC yang melepas Sasa begitu saja. Tapi kemudian, Antimage menelepon Sasa dan mulai mengerti atas keputusan Sasa untuk kembali ke kampung halaman.

5. Ternyata Sasa bergabung dengan tim SMG di Malaysia

Tak lama setelah pengumuman farewell dari ONIC, tim asal Malaysia yaitu tim SMG mengumumkan kehadiran Sasa sebagai pemain baru dan akan memperkuat tim SMG pada ajang MPL Malaysia season 8.

Kabar ini menjadi kabar baik karena Sasa akhirnya bisa kembali bermain dalam liga MPL walaupun tidak bersama tim ONIC lagi. Dulu, Sasa merantau untuk menyalurkan bakatnya karena pada saat itu esports belum terlalu berkembang di Malaysia. Kini sudah banyak kompetisi dan tim besar yang konsisten beserta dukungan pemerintah sehingga membuat Sasa yakin dapat meneruskan kareirnya di kampung halaman.

Mungkin, Sasa juga mempunyai keinginan untuk membawa bendera tanah kelahiran dan menjadi wakil Malaysia dalam kompetisi internasional esports. Mari kita dukung terus komunitas esports Indonesia dan para pemain yang telah bekerja keras untuk mengembangkan cabang olahraga baru ini.

Baca Juga: Selamat! EVOS Esports Juarai Free Fire Indonesia Masters 2021 Spring

yulianti tan Photo Writer yulianti tan

Freelancer, Crypto fans.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya