Comscore Tracker

5 Turnamen eSports dengan Total Hadiah Terbesar di Dunia

Total uang tunainya bikin mata melek! 

Kemajuan industri game menghadirkan sebuah profesi baru bagi para gamer untuk menjadi seorang profesional. Maka dari itu, perusahaan game berlomba-lomba menggelar sebuah turnamen eSports di mana para gamer profesional bisa menunjukkan kebolehannya dalam bermain game.

Ngomong-ngomong soal turnamen eSports, di bawah ini adalah jajaran turnamen eSports dengan total nilai hadiah terbesar di dunia, ada turnamen dari game favorit kamu, gak ya? Langsung cek, yuk!

1. The International 9

5 Turnamen eSports dengan Total Hadiah Terbesar di DuniaOG yang merupakan sang juara mengangkat Aegis di TI9 (instagram.com/dota2)

Siapa tak kenal Dota 2, game MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena satu ini adalah salah satu game paling populer di dunia. Game yang merupakan sekuel dari Defense of the Ancients mod pada Warcraft 3: Reign of Chaos dan Warcraft 3: The Frozen Throne ini juga sudah sering kali menyelenggarakan turnamen resmi yang dihadiri oleh gamers terbaik dunia sebagai pesertanya.

Setiap tahunnya Valve yang merupakan perusahaan pendiri Dota 2 menyelenggarakan turnamen internasional yang bertajuk The International. Pada tahun 2019 The International ke-9 telah mencetak sejarah sebagai turnamen eSports dengan total nilai hadiah tertinggi sepanjang masa, yakni 34,3 juta USD atau senilai 497,7 miliar rupiah.

2. The 2019 Fortnite World Cup Finals

5 Turnamen eSports dengan Total Hadiah Terbesar di DuniaKyle Giersdorf mengangkat piala Fortnite World Cup 2019 (instagram.com/fortnite)

Fortnite adalah game bergenre battle royal yang dikembangkan oleh Epic Games. Game dengan warna yang begitu colorful ini kian populer sejak pertama kali rilis di tahun 2017. Hal itulah yang membuat Epic Games tertarik untuk menggelar berbagai kejuaraan eSports untuk Fortnite, bahkan hingga level piala dunia.

Pada tahun 2019 Epic Games menyelenggarakan final dari piala dunia Fortnite yang bertajuk The 2019 Fortnite World Cup Finals dengan total hadiah uang tunai yang sangat besar, yakni 30,4 juta USD atau sekitar 441,5 miliar rupiah.

Baca Juga: Kisah Indri Sherlyana, Anak Rantau yang Jadi Atlet eSport Profesional

3. The 2018 League of Legends World Championship 

5 Turnamen eSports dengan Total Hadiah Terbesar di DuniaInvictus Gaming merayakan kemenangan di The 2018 League of Legends World Championship (instagram.com/leagueoflegends)

League of Legends merupakan game dengan genre MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena yang dikembangkan oleh Riot Games. Game yang dirilis pada tahun 2009 ini terinspirasi dari pendahulu Dota 2 yakni Warcraft III: The Frozen Throne dari seri Defense of the Ancients. League of Legends dikenal sebagai game dengan jumlah penggemar yang begitu banyak, maka dari itu tak heran jika Riot Games selalu menggelar kejuaraan dunia secara rutin.

Pada tahun 2018 League of Legends mencetak sejarah sebagai game yang menggelar kejuaraan eSport dengan hadiah tertinggi di dunia, lewat turnamen bertajuk The 2018 League of Legends World Championship yang total hadiahnya mencapai 6,4 juta USD atau setara dengan 92,9 miliar rupiah.

4. The 2020 Call of Duty League Championship 

5 Turnamen eSports dengan Total Hadiah Terbesar di DuniaDallas Empire merayakan kemenangan (dotesports.com)

Call of Duty adalah game FPS (First Person Shooter) yang diterbitkan oleh Activision pada tahun 2003. Hingga kini Call of Duty dipercaya sebagai game FPS dengan kualitas grafis yang mampu memberikan kepuasan bermain pada para gamer. Karena termasuk game paling populer di dunia, tidak heran jika Activision selalu menggelar kejuaraan resmi Call of Duty secara rutin.

Pada tahun 2020, Call of Duty League Championship terpaksa diadakan secara online dikarenakan wabah pandemi COVID-19. Meskipun begitu, turnamen tersebut menjadi kejuaraan Call of Duty dengan total hadiah tertinggi sepanjang masa yakni sebesar 4,6 juta USD atau sekitar 66,5 miliar rupiah.

5. The 2020 Honor of Kings World Champion Cup 

5 Turnamen eSports dengan Total Hadiah Terbesar di DuniaArena pertandingan Honor of Kings (esportsjunkie.com)

Honor of Kings atau Kings of Glory adalah game MOBA mobile yang dikembangkan oleh Tencent yang merupakan salah satu perusahaan game paling besar di dunia. Jika kamu seorang gamer sejati, harusnya kamu sudah tidak asing lagi dengan game ini, karena Honor of Kings adalah versi China dari AOV.

Berhasil menjadi game mobile yang bersanding di jajaran list turnamen eSports dengan total hadiah tertinggi di dunia, The 2020 Honor of Kings World Champion Cup yang diselenggarakan di China pada tahun 2020 lalu merupakan kejuaraan dengan total hadiah yang sangat tinggi yakni sebesar 4,6 juta USD atau sekitar 65,1 miliar rupiah.

 

So, itulah lima turnamen eSports dengan total hadiah terbesar di dunia. Diselenggarakan bagi para gamer profesional, maka tak heran jika total hadiah yang ditawarkan begitu fantastis, ya.

Baca Juga: 6 Klub Sepak Bola Indonesia yang Punya Tim eSport, Ada Favoritmu?

Jihan Khoerunnisa Photo Verified Writer Jihan Khoerunnisa

Boleh jadi satu langkah yang kamu ambil hari ini, dapat mengubah dunia di hari esok✨

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya