Comscore Tracker

5 Fakta Brandon Jawato, Pebasket Tanah Air Perkuat Tim Jepang

Meski disebut pemain naturalisasi, Brandon resmi menjadi WNI pada November 2020

B-League atau kompetisi basket profesional di Jepang membuka kuota untuk pebasket asal beberapa negara Asia. Indonesia menjadi salah satu negara yang termasuk dalam kuota tersebut.

Kesempatan itu digunakan oleh salah satu raksasa di B League, yaitu Utsunomiya Brex. Tim yang menjadi runner up musim lalu itu merekrut pebasket asal Indonesia, Brandon Jawato. Yuk, simak deretan fakta Brandon Jawato di bawah ini.

1. Berdarah Bali

5 Fakta Brandon Jawato, Pebasket Tanah Air Perkuat Tim JepangBrandon Jawato (instagram.com/bjawato)

Brandon Jawato lahir di Santa Monica, California, Amerika Serikat pada 3 Juni 1993. Ia merupakan pebasket blasteran yang memiliki darah Indonesia-Amerika.

Darah Indonesia dalam diri Brandon berasal dari sang ayah, Nyoman Jawato, yakni dari Bali. Sedangkan ibunya, Belinda van Dorn, merupakan seorang warga negara Amerika Serikat. Sejak kecil, Brandon sudah tinggal di negara adi kuasa tersebut.

2. Karir di tingkat kampus

5 Fakta Brandon Jawato, Pebasket Tanah Air Perkuat Tim JepangBrandon Jawato (instagram.com/bjawato)

Brandon merupakan salah saru pemain basket paling menonjol ketika bersekolah di SMA El Segundo, California. Berkat kemampuannya, Brandon meneruskan pendidikannya ke Hawai'i Pacific University.

Bersama Hawai'i Pacific University, ia baru mendapatkan banyak menit bermain di tahun kedua. Brandon juga meraih Big West Player of the Week pada Januari 2013. Meski demikian, menit bermain Brandon terus menurun di musim-musim selanjutnya.

3. Hijrah ke Indonesia 

5 Fakta Brandon Jawato, Pebasket Tanah Air Perkuat Tim JepangBrandon Jawato (instagram.com/bjawato)

Selepas menyelesaikan masa kuliahnya, Brandon memulai karier IBL dengan memperkuat Pelita Jaya di musim 2016. Di musim perdananya, ia mampu membawa Pelita Jaya ke final, walaupun harus kalah dari CLS Knight Surabaya.

Di musim selanjutnya, Brandon tidak bisa bermain di IBL karena terbentur aturan pemain asing. Pada tahun 2018, ia memperkuat BTN CLS Knight di ajang ABL.

Bersama CLS, pemain yang memiliki tinggi 193 cm ini berhasil meraih gelar ABL. Di pertandingan final, Brandon mampu membawa CLS mengalahkan Singapore Slingers.

Baca Juga: PON Papua Jadi Momen Perbasi Cari Talenta di Basket 3x3

4. Resmi berstatus WNI

5 Fakta Brandon Jawato, Pebasket Tanah Air Perkuat Tim JepangBrandon Jawato (instagram.com/bjawato)

Meski disebut-sebut sebagai pemain naturalisasi, Brandon baru resmi menyandang status WNI pada 12 November 2020. Ia menjalani proses sumpah kewarganegaraan bersama pesepak bola Marc Klok.

Walaupun berstatus naturalisasi, Brandon Jawato dihitung sebagai pemain lokal oleh FIBA saat memperkuat tim nasional Indonesia. Ia menjadi salah satu pemain yang dipersiapkan untuk gelaran Piala Dunia Basket 2023 mendatang.

5. Debut tim nasional

5 Fakta Brandon Jawato, Pebasket Tanah Air Perkuat Tim JepangBrandon Jawato (instagram.com/bjawato)

Usai resmi berstatus WNI, pemain berusia 23 tahun ini langsung memperkuat timnas Indonesia di ajang Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 saat berjumpa Thailand. Brandon menjalani debutnya dengan mengesankan.

Dalam laga itu, ia berhasil menorehkan 22 poin, 8 rebound, dan 8 assist. Catatan itu membuatnya masuk ke dalam daftar 5 pemain terbaik Window 2 Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021.

Brandon Jawato kini resmi berkiprah di liga basket Jepang. Diharapkan, Brandon dapat menampilkan performa terbaiknya, sehingga membuka kesempatan bagi pemain lainnya untuk mengikuti jejaknya. Semangat, Brandon!

Baca Juga: 10 Potret Rivaldo Tandra, Atlet Basket Indonesia yang Pensiun Muda

Prayoga Adi Purna Photo Verified Writer Prayoga Adi Purna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya