5 Cara Main Catur Terlengkap, Cocok bagi Pemula!

Ketahui setiap gerakan bidak catur

Siapa yang tidak tahu permainan catur? Permainan legendaris ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-7. Catur diduga kuat berasal dari India. Lalu, baru pada abad ke-9 permainan ini masuk ke Eropa.

Saat itu, bidaknya belum seperti yang kita kenal saat ini. Baru pada abad ke-15 di Spanyol, setiap bidaknya mengalami perbaruan, hingga pada abad ke-19 dibuat aturan catur modern yang terstandardisasi.

Meski sudah ada sejak lama, hingga saat ini masih ada orang yang belum memahami permainan catur. Jika kamu salah satunya, berikut IDN Times sajikan beberapa aturan dasar dan cara main catur yang wajib kamu kuasai sebagai pemula. Simak selengkapnya di bawah ini, ya.

1. Susun bidak catur sesuai posisinya

5 Cara Main Catur Terlengkap, Cocok bagi Pemula!Ilustrasi catur (pexels.com/Vlada Karpovich)

Sebelum membahas cara main catur, kamu harus mengetahui letak setiap bidak pada posisi yang sesuai dengan aturan. Ada beberapa jenis bidak yang memiliki gerakan berbeda-beda. Berikut peraturan tentang susunannya:

  • Baris pertama adalah baris yang paling ujung dekat posisi kamu bermain, sedangkan baris kedua adalah baris di depannya.
  • Pada baris kedua, diisi oleh 8 pion yang disusun berderet.
  • Lalu, dua benteng diletakkan di sudut kanan dan sudut kiri pada baris pertama.
  • Dua kuda masing-masing diletakkan di samping benteng.
  • Lalu, menteri atau gajah atau bishop diletakkan masing-masing di samping kuda.
  • Sedangkan ratu ditaruh di sebelah gajah, tepatnya di kotak yang sesuai dengan warna bidak. Misalnya, bidak kamu berwarna putih, maka taruh ratu di kotak putih.
  • Kotak terakhir diisi oleh raja.

2. Pahami gerakan bidak catur

5 Cara Main Catur Terlengkap, Cocok bagi Pemula!ilustrasi bermain catur (unsplash.com/Wander Fleur)

Setiap jenis bidak catur memiliki gerakan masing-masing. Sebagai pemula, kamu harus mengetahui setiap gerakan yang bisa dilakukan oleh setiap jenis bidak. Berikut penjelasannya:

1. Pion atau pawn

Jenis bidak yang pertama adalah pion, yaitu bidak yang berposisi di paling depan atau baris kedua dalam permainan catur. Ada beberapa gerakan pion yang diperbolehkan, yaitu:

  • Pada langkah pertama, pion boleh melangkah ke depan maksimal 2 kotak.
  • Langkah selanjutnya hanya boleh 1 kotak ke depan.
  • Saat menyerang, pion boleh memakan lawan dengan cara bergerak secara diagonal ke depan, baik kanan maupun kiri.
  • Pion sama sekali tidak boleh bergerak mundur atau ke belakang.

2. Benteng atau rook

Gerakan benteng cukup mudah dipahami karena bidak ini bisa melangkah secara lurus ke depan, belakang, kanan, dan kiri. Namun, bukan gerakan diagonal, ya. Gerakan itu berlaku juga untuk memakan bidak lawan.

3. Kuda atau knight

Bidak kuda memiliki gerakan yang cukup unik, yaitu menyerupai bentuk huruf L. Untuk menggerakkannya, kamu bisa melangkahkan kuda ke depan/belakang/samping sebanyak dua kotak, kemudian geser satu kotak ke kanan atau ke kiri (pilih salah satu). Alhasil, gerakannya menyerupai huruf L, bukan?

4. Menteri atau Gajah atau bishop

Beberapa orang menyebut bidak ini adalah menteri. Ada juga yang menyebut gajah atau bishop. Gerakan bidak ini juga cukup unik, yaitu hanya bisa bergerak dalam garis diagonal. Misalnya, ke serong kanan atas, serong kanan bawah, serong kiri atas, dan serong kiri bawah.

5. Ratu atau queen

Ratu menjadi bidak yang paling kuat karena mampu bergerak ke segala arah selama ruangnya terbuka. Bisa dibilang, gerakan ratu merupakan gabungan dari gerakan benteng dan menteri atau gajah.

Misalnya, ke depan, belakang, kanan, kiri, dan gerakan diagonal.

6. Raja atau king

Raja adalah bidak paling penting dalam permainan catur karena jika lawan dapat memakan raja kamu, maka kamu dinyatakan kalah. Namun, gerakan raja justru yang paling terbatas. Raja hanya bisa melangkah satu kotak ke segala arah. 

3. Peraturan dasar catur

5 Cara Main Catur Terlengkap, Cocok bagi Pemula!ilustrasi bermain catur (pexels.com/William Fortunat)

Cara main catur harus sesuai dengan peraturan dasar catur. Setelah mengetahui setiap gerakan bidak, berikutnya kamu harus mengetahui beberapa peraturan dasar permainan catur. Berikut penjelasannya:

1. Satu permainan catur dimainkan oleh dua orang.

2. Setiap pemain melakukan gerakan secara bergantian.

3. Bidak tidak bisa melewati atau melangkahi kotak yang sudah diisi oleh bidak lain, baik bidak sendiri maupun bidak milik lawan. Terkecuali bidak kuda karena memiliki gerakan yang berbeda.

4. Jika masuk giliranmu dan kamu sudah memegang sebuah bidak, maka bidak tersebut harus dijalankan. Kecuali bidak tersebut tidak bisa dijalankan karena terhalang oleh bidak lain.

5. Setiap bidak ada poin atau nilainya sendiri-sendiri, yaitu:

  • Pion: 1
  • Kuda: 3
  • Menteri atau Gajah: 3
  • Benteng: 5
  • Raju: 9
  • Raja: penentuan pemenang

6. Skak atau check adalah istilah yang biasanya digunakan untuk menyebut kondisi ketika bidak kamu sudah bisa menyerang raja lawan. Jika sudah seperti itu, pemain lawan harus berusaha mengamankan raja dengan menggesernya ke kotak lain, menghalangi raja dengan bidak lain, hingga menyerang balik.

7. Skakmat atau checkmate adalah istilah yang menandakan kalau raja sudah dalam kondisi skak dan tidak bisa kabur atau dilindungi lagi. Artinya, pergerakan raja sudah dikunci. Walaupun raja bergerak ke segala arah, pemain lawan tetap bisa melakukan serangan dan memakan raja.

8. Skakmat adalah satu-satunya jalan untuk meraih kemenangan. Jika ada pion kamu yang bisa mencapai kotak terakhir atau baris pertama pemain lawan, maka kamu boleh melakukan promosi. Promosi adalah aturan yang membolehkan pion diganti dengan bidak lain yang lebih kuat, seperti kuda, benteng, menteri, atau ratu.

4. Usahakan pakai semua bidak

5 Cara Main Catur Terlengkap, Cocok bagi Pemula!ilustrasi bermain catur (pexels.com/emre keshavarz)

Berikutnya, dalam cara main catur, kamu sebaiknya menggunakan semua bidak. Meski tidak semua bidak memiliki gerakan yang kuat, kamu tetap harus memanfaatkan setiap bidak yang kamu punya. Dengan menggunakan banyak bidak, maka akan lebih banyak variasi serangan yang bisa kamu pakai.

Baca Juga: 10 Manfaat Bermain Catur untuk Kesehatan, Check Mate!

5. Mulai pelajari strategi

5 Cara Main Catur Terlengkap, Cocok bagi Pemula!Ilustrasi orang bermain catur (pexels.com/Vlada Karpovich)

Ada banyak strategi dalam permainan catur yang biasa digunakan. Salah satu yang paling umum dalam cara main catur adalah strategi pembukaan. Strategi pembukaan adalah gerakan-gerakan yang dilakukan saat awal permainan. Strategi pembukaan sendiri juga ada beberapa macam, seperti serangan, pertahanan, caro kann, inggris, gambit, dan sebagainya.

Bermain catur memang membutuhkan pikiran cerdik dan strategi yang matang. Kamu harus bisa membaca pergerakan lawan dan mengatur pola seranganmu. Namun, bagi kamu para pemula tidak wajib melakukan hal itu. Cukup menguasai hal-hal dasar dalam permainan catur dan berlatihlah sesering mungkin dengan orang yang lebih berpengalaman.

Baca Juga: 5 Istilah Catur yang Muncul dalam series The Queen's Gambit

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya