10 Contoh Latihan Keseimbangan untuk Kebugaran Jasmani

Gerakan mudah tetapi baik untuk kebugaran jasmani

Salah satu latihan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kebugaran tubuh adalah dengan gerakan-gerakan keseimbangan. Memiliki keseimbangan yang baik akan membantu meningkatkan stamina dalam berolahraga.

Keseimbangan tubuh sekilas merupakan hal yang sederhana, tetapi sebenarnya memiliki fungsi penting bagi tubuh, seperti untuk berjalan dan berlari. Terdapat banyak contoh latihan keseimbangan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Penasaran? Simak artikel ini sampai tuntas, ya!

1. Latihan berdiri satu kaki

10 Contoh Latihan Keseimbangan untuk Kebugaran Jasmaniilustrasi keseimbangan (unsplash.com/Márton Szalai)

Contoh latihan keseimbangan yang paling sederhana adalah berdiri dengan satu kaki. Latihan ini biasanya juga dilakukan dalam gerakan yoga. Dengan rutin latihan berdiri menggunakan satu kaki secara bergantian, kamu akan melatih otot kedua kakimu.

Dalam melakukannya, jika ragu kamu bisa menggunakan kursi atau dinding sebagai pegangan awal. Tahan posisi tersebut selama beberapa saat, lalu ganti dengan kaki satunya.

2. Latihan berdiri satu kaki dan angkat kedua tangan

10 Contoh Latihan Keseimbangan untuk Kebugaran Jasmaniilustrasi orang melakukan keseimbangan (pexel.com/Sebastian Voortman)

Contoh latihan keseimbangan yang kedua adalah lanjutan dari latihan yang pertama. Setelah kamu melakukan latihan berdiri dengan satu kaki, selanjutnya angkat dan rentangkan kedua tanganmu ke samping setinggi bahu.

Tahan posisi tersebut sekitar 10 detik, kemudian ganti kaki satunya dengan tetap mempertahankan posisi tangan yang merentang.

3. Latihan berdiri satu kaki diangkat ke depan

10 Contoh Latihan Keseimbangan untuk Kebugaran JasmaniGerakan latihan berdiri satu kaki ke depan untuk keseimbangan (pexels.com/Alexy Almond)

Gerakan latihan ini masih merupakan variasi dari gerakan sebelumnya. Pada latihan ini kamu tetap harus mengangkat salah satu kaki, tetapi kaki tersebut diarahkan ke depan.

Latihan ini cukup sulit karena kaki yang diangkat biasanya tidak bisa lurus ke depan sejajar dengan pinggang. Hal itu tidak apa-apa, lakukan gerakan latihan ini semampumu dan pertahankan gerakan ini selama beberapa saat. Setelah itu, ganti dengan kaki satunya dan lakukan gerakan yang sama.

4. Latihan berdiri satu kaki yang diangkat ke belakang

10 Contoh Latihan Keseimbangan untuk Kebugaran JasmaniGerakan latihan berdiri satu kaki ke belakang untuk keseimbangan (pexels.com/Nicholas Fu)

Gerakan ini pada dasarnya sama dengan latihan sebelumnya. Jika latihan sebelumnya salah satu kaki diangkat ke depan, maka pada contoh latihan keseimbangan ini salah satu kakinya diangkat ke belakang.

Latihan ini juga melatih keseimbangan tubuh dan kekuatan otot kakimu supaya lebih baik. Kamu tinggal mendorong kaki yang diangkat ke arah belakang dan mempertahankan posisi tersebut selama beberapa saat. Lalu, lakukan gerakan yang sama dengan kaki satunya.

5. Latihan berdiri satu kaki dan mata ditutup

10 Contoh Latihan Keseimbangan untuk Kebugaran JasmaniPerempuan yang menutup mata (unsplash.com/richardconr)

Gerakan ini juga mirip dengan latihan-latihan sebelumnya. Bedanya setelah mengangkat satu kaki ke atas, kamu juga perlu menutup kedua mata. Perlu diketahui, mata bisa membantu untuk lebih sensitif terhadap keseimbangan seseorang.

Makanya, jika kedua mata seseorang ditutup sambil mengangkat satu kaki, ia akan lebih berusaha untuk berkonsentrasi dan bekerja lebih keras supaya tubuhnya seimbang. Oleh sebab itu, latihan ini bisa melatih keseimbangan tubuh kamu dengan baik.

6. Latihan mengayunkan kaki

10 Contoh Latihan Keseimbangan untuk Kebugaran JasmaniLatihan mengayunkan kaki (pinterest.com/runnersworld)

Contoh latihan keseimbangan tubuh berikutnya adalah latihan mengayunkan kaki atau leg swing. Untuk melakukannya, kamu tinggal berdiri dan memberi tumpuan pada salah satu kaki, misalnya kaki kanan. Kemudian, angkat kaki kiri dan mulailah gerakan mengayun dari depan ke belakang dan sebaliknya.

Saat melakukan gerakan tersebut pastikan posisi badanmu tetap tegak dan seimbang.

7. Latihan duduk dan menarik badan ke belakang

10 Contoh Latihan Keseimbangan untuk Kebugaran JasmaniGerakan latihan menarik badan ke belakang untuk keseimbangan (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Latihan keseimbangan tidak hanya dilakukan saat berdiri, melainkan juga bisa saat duduk. Salah satunya adalah latihan duduk dan menarik badan ke belakang. Bagaimana melakukannya?

Kamu hanya perlu menyiapkan kursi tanpa sandaran dan duduk di kursi tersebut. Lalu, tarik atau sandarkan badanmu ke belakang secara perlahan hingga sejauh dan sekuat yang kamu bisa.

Jika masih awal-awal, kamu boleh menggunakan kedua tangan untuk menahan keseimbangan tubuhmu. Jika sudah mahir, kamu bisa memaksimalkan otot perut untuk menahan gerakan tersebut selama beberapa saat.

8. Latihan squat dengan satu kaki

10 Contoh Latihan Keseimbangan untuk Kebugaran Jasmaniilustrasi gerakan squat (pixabay.com/happyveganfit)

Gerakan squat mungkin sudah tidak asing bagimu. Namun, gerakan tersebut bisa menjadi salah satu contoh latihan keseimbangan yang bisa kamu latih sendiri di rumah.

Caranya adalah dengan melakukan squat menggunakan satu kaki. Meski terlihat sulit, tetapi latihan ini masih mungkin dilakukan dan berfungsi untuk melatih keseimbangan tubuh seseorang.

Caranya sama seperti melakukan squat pada umumnya. Perbedaannya hanya kamu perlu mengangkat atau menekuk satu kaki ke atas dan melakukan gerakan naik turun dengan satu kaki saja.

Baca Juga: 8 Contoh Gerakan Non Lokomotor, Lengkap beserta Pengertiannya

9. Latihan memutar kaki searah jarum jam

10 Contoh Latihan Keseimbangan untuk Kebugaran JasmaniLatihan memutar kaki searah jarum jam (pinterest.com/12wbt)

Jika sebelumnya sulit dilakukan, latihan keseimbangan yang satu ini cukup mudah dicoba di rumah, yaitu latihan memutar kaki searah jarum jam. Caranya sama-sama dalam posisi berdiri dan mengangkat satu kaki.

Kemudian kaki yang diangkat tersebut diarahkan ke depan dan putar kaki sesuai arah jarum jam secara perlahan. Ulangi gerakan tersebut dengan kaki satunya.

Baca Juga: 4 Cara Melakukan Kayang dengan Mudah, Bisa Dicoba di Rumah!

10. Latihan memutar tangan searah jarum jam

10 Contoh Latihan Keseimbangan untuk Kebugaran Jasmaniilustrasi wanita melakukan olah raga ringan (unsplash/ Christopher Campbell)

Jika gerakan sebelumnya adalah memutar kaki, maka pada latihan gerakan ini adalah memutar tangan searah jarum jam. Cara melakukannya cukup mudah, kamu tetap perlu berdiri dengan satu kaki. Kemudian angkat tangan secara lurus ke depan setinggi dada. Lalu, putar tanganmu sesuai arah jarum jam.

Lakukan gerakan memutar tangan tersebut sambil menjaga keseimbangan tubuh. Pertahankan gerakan tersebut selama beberapa saat.

Nah, itulah tadi contoh latihan keseimbangan tubuh yang bagus untuk kebugaran jasmani. Latihan-latihan ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah setiap hari.

Baca Juga: 13 Gerakan Senam Lantai, Mudah Dilakukan Tanpa Instruktur

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya