17 Gerakan Yoga Asana yang Mudah, Lengkap dengan Gambarnya

Bisa dilakukan di rumah

Yoga asana adalah kumpulan gerakan fisik dalam olahraga yoga yang bisa dilakukan di mana saja. Kata asana atau asanas berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya postur, duduk, atau tempat.

Ada banyak gerakan yoga asana yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Secara umum, yoga asana mengutamakan prinsip keselarasan dan melibatkan otot-otot tubuh. Apa saja gerakan-gerakannya? Simak di bawah ini, ya!

1. Ananda Balasana

17 Gerakan Yoga Asana yang Mudah, Lengkap dengan GambarnyaAnanda Balasana, salah satu gerakan yoga asana (verywellfit.com)

Ananda Balasana adalah gerakan yoga asana yang dilakukan menyerupai bayi yang tidur telentang. Lalu kedua kaki diangkat ke atas dan kedua tangan memegang ujung kaki. Gerakan Ananda Balasana akan melatih otot inti, sehingga memperbaiki pernapasan dan postur tubuh.

2. Balasana

17 Gerakan Yoga Asana yang Mudah, Lengkap dengan Gambarnyailustrasi child's pose atau balasana (freepik.com/yanalya)

Gerakan Balasana mirip seperti gerakan sujud, tapi bagian kaki ditekuk atau diduduki. Kemudian kedua tangan diluruskan ke depan sejauh mungkin. Pose yoga ini akan melatih otot perut dan tangan dengan baik.

3. Bhujangasana

17 Gerakan Yoga Asana yang Mudah, Lengkap dengan GambarnyaBhujangasana atau cobra pose (parenting.firstcry.com)

Gerakan Bhujangasana sekilas mirip seperti bentuk ular kobra. Lalu kedua kaki lurus ke belakang, sehingga beban ada di tubuh bagian tengah. Gerakan yoga asana yang satu ini perlu latihan beberapa kali agar bisa menciptakan pose yang sempurna.

4. Baddha Konasana

17 Gerakan Yoga Asana yang Mudah, Lengkap dengan Gambarnyailustrasi yoga (freepik.com/tirachardz)

Baddha Konasana adalah gerakan yoga asana yang menyerupai duduk bersila, tapi kedua telapak kaki dipertemukan. Kemudian kedua tangan memegang kedua kaki. Usahakan tubuh tetap tegak, lalu tarik dan buang napas secara perlahan.

5. Dhanurasana

17 Gerakan Yoga Asana yang Mudah, Lengkap dengan Gambarnyadhanurasana (artofliving.org)

Dhanurasana adalah gerakan yoga asana yang cukup sulit dilakukan karena melatih kelenturan tubuh. Jika seseorang baru mulai melakukan yoga, maka perlu latihan untuk sempurna melakukan gerakan ini.

Caranya dengan telungkup dan pertemukan kedua tangan dengan kedua kaki di atas. Pose ini juga disebut pose kapal.

6. Garudasana

17 Gerakan Yoga Asana yang Mudah, Lengkap dengan GambarnyaGarudasana, salah satu gerakan yoga asana (vinyasayogaashram.com)

Gerakan yoga asana selanjutnya adalah Garudasana. Gerakan ini sekilas terlihat rumit, tapi cukup mudah dilakukan. Garudasana mengutamakan keseimbangan tubuh seseorang.

Caranya dengan menyilangkan kaki kiri ke kaki kanan, sehingga tumpuan hanya di kaki kanan. Kemudian tangan kanan disilangkan ke tubuh bagian kiri.

7. Halasana

17 Gerakan Yoga Asana yang Mudah, Lengkap dengan GambarnyaHalasana, salah satu gerakan yoga asana (freepik.com)

Halasana adalah gerakan yoga asana yang mirip sikap lilin, tapi kedua kaki tidak hanya diangkat ke atas, melainkan didorong mendekati kepala sampai ujung kaki menyentuh lantai. Kemudian kedua tangan lurus menempel di lantai untuk menjaga keseimbangan tubuh.

8. Kapalabhati Pranayama

17 Gerakan Yoga Asana yang Mudah, Lengkap dengan GambarnyaKapalabhati Pranayama, salah satu gerakan yoga asana (freepik.com)

Kapalabhati Pranayama adalah pose yoga asana yang mirip duduk bersila biasa. Hanya saja posisinya harus sempurna, yaitu tubuh tegak dan kedua tangan diletakkan di kedua lutut, seperti sikap berdoa dalam Islam.

9. Matsyendrasana

17 Gerakan Yoga Asana yang Mudah, Lengkap dengan Gambarnyamatsyendrasana (freepik.com/yanalya)

Matsyendrasana adalah gerakan yoga asana yang melatih kelenturan otot kaki. Caranya adalah dengan duduk bersila, lalu menyilangkan satu kaki ke sisi lainnya sampai ujung kaki yang disilangkan menyentuh lantai. Kamu akan merasakan tarikan otot pada salah satu kaki.

10. Paschimottanasana

17 Gerakan Yoga Asana yang Mudah, Lengkap dengan GambarnyaPose paschimottanasana (freepik.com/yanalya)

Paschimottanasana juga jamak kita temukan saat pemanasan sebelum berolahraga. Gerakan yoga asana ini dilakukan dengan duduk dan kedua kaki rapat lurus ke depan. Kemudian jatuhkan seluruh tubuh sedekat mungkin dengan kaki.

Pose ini sulit dilakukan bagi sebagian orang, sehingga perlu latihan berkali-kali agar terbiasa. Sikap sempurna gerakan Paschimottanasana adalah jika wajahmu bisa mencium lutut.

11. Pavanamuktasana

17 Gerakan Yoga Asana yang Mudah, Lengkap dengan GambarnyaPavanamuktasana (remedyspot.com)

Pavanamuktasana mirip dengan Ananda Balasana. Bedanya, gerakan Pavanamuktasana dilakukan dengan mengangkat kedua kaki dan menekuknya ke bagian dalam. Kemudian kedua tangan memegang lutut dan tarik ke dalam.

Baca Juga: 6 Pose Yoga dengan Kursi Kantor, Cocok untuk Kamu yang Super Sibuk

12. Setu Bandhasana

17 Gerakan Yoga Asana yang Mudah, Lengkap dengan GambarnyaSetu Bandhasana (drkoop.com)

Setu Bandhasana adalah gerakan yoga asana yang dilakukan dengan telentang. Kedua tangan lurus di samping badan. Kemudian dorong tubuh ke atas sampai pantat tidak menyentuh lantai. Lalu kaki menekuk sekitar 90 derajat.

13. Shavasana

17 Gerakan Yoga Asana yang Mudah, Lengkap dengan Gambarnyashavasana (cecilialovesyogacom)

Shavasana adalah gerakan yoga yang paling sederhana karena kamu hanya perlu tidur telentang dan kedua tangan berada di sisi kiri dan kanan dengan keadaan terbuka. Lakukan gerakan yoga ini dengan tarikan dan buangan napas yang perlahan, sehingga bisa membuat otot-otot tubuhmu lebih rileks.

Baca Juga: 10 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan Sambil Tiduran, Cek Manfaatnya

14. Sarvangasana

17 Gerakan Yoga Asana yang Mudah, Lengkap dengan GambarnyaIlustrasi sikap lilin (fitsri.com)

Sarvangasana adalah gerakan yoga asana yang juga disebut sikap lilin. Pertama-tama, kamu tidur teletang, kemudian angkat kedua kaki ke atas sambil menopang tubuh menggunakan kedua tangan. Tahan posisi tersebut selama beberapa saat.

15. Tadasana

17 Gerakan Yoga Asana yang Mudah, Lengkap dengan GambarnyaTadasana (freepik.com)

Tadasana juga termasuk gerakan yoga asana yang sangat mudah dilakukan, yaitu dengan sikap berdiri tegak, lalu angkat kedua tangan sejauh mungkin ke atas. Kemudian angkat kedua kaki seperti berjinjit.

Lakukan pose ini berulang kali. Setiap satu kali gerakan bisa ditahan selama 30-60 detik.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Yoga, Bagaimana Awal Mulanya? 

16. Trikonasana

17 Gerakan Yoga Asana yang Mudah, Lengkap dengan GambarnyaTrikonasana (evenmoreaboutyoga.com)

Trikonasana adalah gerakan yoga asana yang cukup umum dilakukan. Gerakan ini dilakukan dengan berdiri tegak, lalu buka kaki selebar mungkin. Kemudian condongkan badan ke salah satu sisi dengan menyentuh kaki salah satu kaki menggunakan tangan. Gerakan ini akan melatih otot kaki, tangan, dan perut.

17. Uttanasana

17 Gerakan Yoga Asana yang Mudah, Lengkap dengan GambarnyaUttanasana, gerakan yoga asana (freepik.com)

Uttanasana adalah gerakan yoga asana yang dilakukan dengan menyejajarkan tangan dan kaki. Kamu tinggal berdiri tegak seperti biasa, lalu bungkukkan badan ke bawah sampai kedua tangan menyentuh lantai. Tahan posisi ini selama beberapa saat, sehingga bisa melatih otot pinggang dan perut.

Demikianlah 17 gerakan yoga asana yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah. Lakukan secara rutin dan bergantian setiap gerakan-gerakan tadi, ya!

Baca Juga: Gerakan Yoga Yang Mampu Menghilangkan Pegal Badan, Dijamin Ampuh!

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya