Induk Organisasi Basket Indonesia dan Dunia, Apa Saja?

NBA jadi yang paling populer

Setiap cabang olahraga di dunia memiliki induk organisasi yang menaungi dan mengatur segala hal tentang olahraga tersebut, termasuk olahraga bola basket.

Sebuah induk organisasi basket tidak hanya menyelenggarakan kompetisi-kompetisi di level nasional maupun internasional. Namun juga membuat standar peraturan permainan basket, seperti jumlah pemain, waktu permainan, pelanggaran, dan sebagainya.

Setiap negara memiliki induk olahraga basket yang menaungi olahraga di negaranya. Selain itu, ada juga induk organisasi bola basket dunia yang mengelola olahraga ini secara keseluruhan. Simak sejarah, visi misi, dan perkembangan masing-masing induk organisasinya di bawah ini.

1. Induk organisasi bola basket Indonesia (Perbasi)

Induk Organisasi Basket Indonesia dan Dunia, Apa Saja?Perbasi (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) sebagai induk organisasi basket di Indonesia (nocindonesia.id)

Induk organisasi basket di Indonesia dikenal dengan nama Perbasi (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia). Organisasi ini bertugas mengatur penyelenggaraan olahraga basket di Indonesia.

Sejarah Perbasi

Perbasi resmi didirikan pada 23 Oktober 1951 oleh Tony Wen dan Wim Latumeten. Mulanya, kepanjangan Perbasi adalah Persatuan Basketball Seluruh Indonesia. Tony Wen menjadi ketua dan Wim Latumeten menjadi sekretaris.

Sejak awal pembentukannya, Perbasi sudah berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan olahraga basket di tingkat regional, nasional, maupun internasional. Selain itu, Perbasi dibentuk untuk membina atlet dan tim basket di Indonesia menuju level yang lebih tinggi.

Perbasi resmi bergabung di bawah naungan induk organisasi bola basket dunia (FIBA) pada tahun 1953. Indonesia melalui Perbasi juga mengirimkan timnas pertamanya di Asian games II di Manila, Filipina pada 1954.

Lalu pada 1955, Perbasi mengalami perubahan nama menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia. Sebab, istilah basketball tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

Susunan pengurus pusat Perbasi 2019-2023

  • Ketua Umum: Kho Poo Thai (Danny Kosasih)
  • Wakil Ketua Umum:
    - George Fernando Dendeng, SH. 
    - Wawan Mulyana, S.Si, MM.
    - Dwi Arya Nugraha Oktavianto, ST.
  • Sekretaris Jenderal: Nirmala Dewi, SH.
  • Wakil Sekretaris Jenderal
    - Rezki Wirmandi, SH.
    - Rufiana
    - Achmad Ferdy Zain
  • Bendahara Umum: Cyrus Harsaningtyas
  • Wakil Bendahara Umum: Ratana Arya Krishnan, S.Pd.

2. Induk organisasi bola basket internasional (FIBA)

Induk Organisasi Basket Indonesia dan Dunia, Apa Saja?selebrasi Timnas Spanyol sebagai juara EuroBasket 2022 (fiba.basketball)

Induk organisasi basket di tingkat dunia dikenal dengan nama FIBA (Federation Internationale de Basketball Amateur). Organisasi inilah yang menaungi olahraga basket dalam tingkat global.

FIBA membuat berbagai peraturan dalam olahraga bola basket. Mulai dari peraturan permainan, teknik bermain basket, perlengkapan permainan, dan sebagainya.

Sejarah FIBA

FIBA didirikan pada 18 Juni 1932 dan kini berkantor di Jenewa, Swiss. FIBA didirikan oleh delapan negara, yaitu Swiss, Argentina, Cekslowakia, Latvia, Italia, Portugal, Rumania, dan Yunani.

Kejuaraan FIBA

FIBA tidak hanya membuat standar aturan permainan bola basket di seluruh dunia, tapi juga menyelenggarakan beberapa kejuaraan resmi internasional, seperti:

  • Kejuaraan bola basket antarnegara, yaitu FIBA Basketball World Cup dan kejuaraan di ajang Olimpiade.
  • Kejuaraan bola basket antarklub, yaitu FIBA Intercontinental Cup atau disebut juga FIBA World Cup for Champion Clubs atau FIBA Club World Cup.

FIBA menyelenggarakan kompetisi basket pertama di dunia pada tahun 1950. Saat itu, kompetisi basketnya hanya untuk kategori laki-laki. Baru pada 1953 FIBA menyelenggarakan kompetisi basket dunia khusus perempuan. Hingga saat ini, FIBA rutin menyelenggarakan kejuaraan bola basket dunia setiap empat tahun.

Sempat berpindah markas

Pada pendiriannya, FIBA bermarkas di Jenewa, Swiss. Namun, pada 1957 FIBA pindah ke Munich, Jerman. Baru pada tahun 2002, markas FIBA kembali lagi ke Jenewa, Swiss sampai saat ini.

Baca Juga: Siapa Penemu Bola Basket? Ini Profil Lengkap dan Sejarahnya

3. Induk organisasi bola basket Amerika (NBA)

Induk Organisasi Basket Indonesia dan Dunia, Apa Saja?Para pemain Golden State Warrior merayakan juara. (espn.com)

Pasti kamu sudah tidak asing dengan nama NBA. Mungkin kamu berpikir kalau NBA adalah nama kompetisi basket internasional. Sebenarnya tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar.

NBA (National Basketball Association) adalah induk organisasi basket pria di Amerika Serikat. Organisasi inilah yang menyelenggarakan liga basket NBA yang terkenal di seluruh dunia.

Mungkin bisa dibilang liga NBA adalah pusat olahraga basket dunia karena sangat bergengsi. Ditambah lagi, klub-klub serta pemainnya sangat berkualitas jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Sejarah NBA

NBA didirikan pada 6 Juni 1946 di New York, Amerika Serikat. Mulanya, organisasi ini bernama Basketball Association of America (BAA). Namun, kemudian namanya berganti menjadi NBA karena ada kesepakatan merger dengan lembaga basket, NBL (National Basketball League).

Liga NBA diikuti 30 klub yang berasal dari masing-masing kota di AS. Terkecuali Los Angeles yang memiliki dua tim, yaitu Los Angeles Lakers dan Los Angeles Clippers.

Dari liga NBA, lahir bintang-bintang basket yang namanya dikenal dunia seperti Michael Jordan, Stephen Curry, hingga LeBron James.

Demikianlah penjelasan tentang induk organisasi basket di Indonesia dan dunia. Di Indonesia adalah Perbasi, sedangkan di dunia adalah FIBA. Sementara induk organisasi basket negara yang terkenal hingga seluruh negeri adalah NBA milik Amerika Serikat.

Baca Juga: Sejarah Bola Basket Dunia dan Indonesia, Cari Tahu yuk!

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya