Berapa Jumlah Pemain Bola Voli? Ini Penjelasannya

Ada empat posisi utama

Bola voli merupakan olahraga beregu yang dimainkan oleh dua tim dalam satu pertandingan. Setiap tim mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dengan memukul jatuh bola di area lawan atau ketika tim lawan tidak bisa mengembalikan bola ke area kita.

Dalam permainan voli, terdapat beberapa posisi yang memiliki tugas dan peran masing-masing. Ada yang bertugas melakukan pukulan servis, melakukan smash, hingga mengatur serangan.

Selain itu, jumlah pemain bola voli juga memiliki ketentuan tersendiri. Berikut penjelasan lengkapnya beserta tugas masing-masing posisi pemain voli. Simak sampai tuntas, ya!

1. Jumlah pemain bola voli

Berapa Jumlah Pemain Bola Voli? Ini PenjelasannyaTimnas Voli Indonesia pada SEA VLeague 2023 (pbvsi.or.id)

Jumlah pemain bola voli dalam satu regu adalah 10 pemain dengan pembagian 6 pemain di dalam lapangan dan 4 pemain cadangan. Alhasil jika ditotal, ada 12 pemain voli di lapangan dalam satu pertandingan.

Selain itu, ada aturan tentang jumlah minimal pemain di dalam lapangan, yaitu 4 orang. Jika suatu regu kurang dari 4 pemain di dalam lapangan, maka tim tersebut dianggap gugur oleh wasit.

Dalam satu tim, terdapat beberapa posisi utama, yaitu tosser, smasher, libero, dan server. Keempatnya memiliki tugas dan peran masing-masing.

2. Posisi tosser

Berapa Jumlah Pemain Bola Voli? Ini PenjelasannyaPertandingan kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2023. (dok. Proliga 2023)

Tosser adalah posisi pemain bola voli yang bertugas mengatur serangan dan memberi umpan ke smasher. Bisa dibilang tosser adalah pemain kunci dalam tim voli karena bertugas mengatur ritme dan alur serangan tim.

Jika ingin menjadi tosser yang andal, perlu memiliki beberapa keahlian tertentu. Contohnya melakukan umpan yang presisi dan akurat, memiliki kemampuan melihat peluang serangan, hingga tetap tenang saat dalam posisi diserang lawan.

3. Posisi smasher

Berapa Jumlah Pemain Bola Voli? Ini PenjelasannyaEbrar Karakurt (instagram.com/ebrarkarakurt18)

Sesuai namanya, smasher adalah posisi dalam permainan voli yang tugasnya melakukan tembakan atau smash ke area lawan. Seorang smasher juga bertugas menjadi blocker saat tim dalam mode bertahan.

Pemain smasher biasanya akan sigap meloncat dan memukul bola ke area lawan. Smasher juga akan berada di garis terdekat dengan net saat tim lawan menyerang, tujuannya untuk melakukan blocking.

Seorang smasher harus memiliki kemampuan smash yang tajam dan akurat, lompatan yang sempurna, hingga kekuatan ayunan bahu.

Baca Juga: 10 Teknik Dasar Permainan Bola Voli yang Harus Dikuasai

4. Posisi libero

Berapa Jumlah Pemain Bola Voli? Ini PenjelasannyaPertandingan kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2023. (dok. Proliga 2023)

Libero adalah pemain voli yang tugasnya menerima bola serangan dari tim lawan dan mengumpannya ke pemain lain atau membalikkan serangan dengan cepat ke area lawan.

Seorang libero tentu membutuhkan kelincahan dan ketangkasan dalam menerima pukulan smash dari lawan. Selain itu, libero juga harus memiliki kemampuan untuk membaca pukulan dari lawan dan memperkirakan bola akan jatuh di area mana.

Baca Juga: Cara Melakukan Passing Bawah Bola Voli dan Kesalahan Umumnya, Lengkap

5. Posisi server

Berapa Jumlah Pemain Bola Voli? Ini PenjelasannyaSaori Kimura. (volleyballworld.com)

Posisi terakhir dalam permainan bola voli adalah server. Sesuai namanya, server merupakan posisi yang bertugas melakukan servis di bagian belakang lapangan area tim sendiri. Server juga bertugas sebagai pemain bertahan, sehingga harus sigap saat tim lawan melakukan pukulan-pukulan jauh yang tak terduga.

Namun, perlu diingat kalau permainan bola voli menerapkan sistem rotasi dalam setiap regu. Artinya, seorang pemain dalam satu tim akan merasakan semua posisi, mulai dari smasher, tosser, libero, hingga server. Maka dari itu, kamu perlu menguasai keempat posisi ini agar makin andal dalam bermain bola voli.

Demikianlah penjelasan tentang jumlah pemain bola voli dan posisi-posisinya. Semoga bermanfaat dan selamat berlatih!

Baca Juga: 25 Kesalahan dalam Permainan Bola Voli, Sering Terjadi

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya