Comscore Tracker

Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap dengan Gambar dan Sejarah Singkat

Kamu suka main bola voli? Sudah tahu seluk-beluknya, belum?

Citayam, IDN Times - Permainan bola voli adalah salah satu olahraga yang disukai oleh banyak orang di Indonesia. Di Indonesia telah terbentuk organisasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia yang bertanggung jawab memantau dan menaungi perkembangan olahraga bola ini di Tanah Air.

Bola voli ini dapat dimainkan oleh siapa saja. Untuk dapat bermain bola voli dibutuhkan 2 regu masing-masing terdiri dari 6 orang, lapangan voli, bola, dan tak lupa dengan net-nya.

Jika mau lebih tahu tentang bola voli lebih dekat atau bahkan menekuninya dengan serius, ada banyak macam yang wajib diketahui dahulu. Cek yuk di sini!

1. Pengertian bola voli

Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap dengan Gambar dan Sejarah Singkatmaxmanroe.com

Permainan bola voli adalah sebuah cabang olahraga bola besar yang wajib dimainkan oleh 2 tim saling berhadapan, yang setiap dari tim mempunyai 6 orang anggota pemain.

Sistem penilaian yang ada di dalam permainan bola voli yaitu setiap tim wajib dapat memainkan bola yang masuk ke area lapangannya paling banyak 3 kali sentuhan. Kemudian, bola mesti dilemparkan melewati net ke area lapangan permainan tim lawan.

Macam-macam teknik dasar yang dipakai di permainan bola voli yaitu teknik servis, teknik passing, teknik smash, dan teknik blocking.

Baca Juga: 10 Atlet Voli Putra Indonesia yang Banjir Followers di Instagram

2. Sejarah permainan bola voli

Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap dengan Gambar dan Sejarah Singkatremajaonline.com

Penemu dan pencipta permainan bola voli yaitu William G. Morgan. Beliau adalah  seorang instruktur pendidikan jasmani (Director of Phycal Education) di YMCA yang lahir pada tahun 1870 dan meninggal dunia pada tahun 1942.

YMCA adalah singkatan dari Young Men’s Cristian Association, sebuah organisasi yang dibuat untuk mengajarkan ajaran utama umat Kristen kepada para pemuda.

William G. Morgan menciptakan olahraga bola voli pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat. Namun, ketika itu beliau bukan menamai permainan ini dengan nama bola voli, melainkan Mintonette.

Olahraga bola voli diciptakan olehnya setelah beliau bertemu dengan James Naismith, orang yang menciptakan cabang olahraga bola basket.

Dan ternyata, permainan bola voli (volleyball) merupakan kombinasi dari 4 permainan bola besar yang digabungkan oleh William G. Morgan. Yaitu baseball, tenis, bola basket, dan bola tangan (handball).

Hal tersebut disebabkan olahraga bola basket yang diciptakan oleh James Naismith dirasa terlalu keras untuk orang-orang yang telah mulai menua, sehingga William G. Morgan menciptakan olahraga ini supaya bisa dimainkan dengan lebih mudah.

Pada tahun 1896, olahraga Mintonette tersebut akhirnya berubah nama menjadi volleyball atau bola voli. Hal tersebut dilakukan dalam demonstrasi pertandingannya yang pertama kali diadakan di YMCA Training School.

3. Gambar lapangan bola voli beserta ukurannya

Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap dengan Gambar dan Sejarah Singkatolahraga.pro

Berikut keterangan dari ukuran lapangan bola voli:

  • Panjang lapangan bola voli = 18 meter
  • Lebar lapangan bola voli = 9 meter
  • Panjang garis serang lapangan bola voli = 3 meter
  • Area servis lapangan bola voli = 3 meter
  • Lebar garis dalam lapangan bola voli = 5 sentimeter
  • Luas lapangan bola voli = 162 meter² (18m x 9m)

Ukuran lapangan bola voli tersebut dipakai dalam standar nasional dan internasional, sehingga tak ada perbedaan antara ukuran ;apangan bola voli di Indonesia dan di luar negeri.

4. Ukuran net di bola voli beserta aturan dan keterangannya

Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap dengan Gambar dan Sejarah Singkatvollyballfull.blogspot.com

Berikut keterangan dari ukuran net dalam permainan bola voli baik untuk putra mau pun untuk putri:

  • Untuk putra, tinggi net bola voli = 2,43 meter
  • Untuk putri, tinggi net bola voli = 2,24 meter
  • Lebar net bola voli = 1 meter
  • Panjang net bola voli = 9 meter
  • Tinggi tiang net bola voli = 2,55 meter
  • Jarak antara tiang net dengan garis tepi / samping lapangan = 0,5 - 1 meter
  • Tinggi antena pada net bola voli = 80 cm (di atas net)
  • Pita tepian samping net bola voli = 5 cm (dengan panjang 1 meter)
  • Pita tepian atas net bola voli = 5 cm
  • Ukuran mata jala net bola voli (berbentuk persegi) = 10 cm (10 sentimeter)

Baca Juga: Voli Pantai dan Judo Sumbang Emas ke-38 dan 39 Indonesia di SEA Games!

5. Ukuran bola voli

Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap dengan Gambar dan Sejarah Singkatresaja.com

Bola yang dipakai dalam permainan bola voli juga tak boleh sembarangan. Ada aturan khusus mengenai ukuran dan berat bola yang boleh dipakai. Berikut aturannya:

  • Berat bola voli 260-280 gram
  • Tekanan bola 0,30-0,325 kg/cm persegi
  • Diameter bola 18-20 cm
  • Keliling bola 65-67 cm

Aturan di atas merupakan aturan yang telah disesuaikan dengan standar nasional di bawah naungan PBVSI. Pihak PBVSI membuat aturan ini juga berdasarkan standar internasional yang dipakai oleh FIVB, federasi bola voli dunia.

Jadi, hampir sama dengan beberapa olahraga dengan bola lainnya, bola voli juga membutuhkan sebuah lapangan sebagai arena pertandingan. Ukuran lapangan pada pertandingan bola voli ini mempunyai aturan tersendiri. Tak hanya lapangannya saja, net dan bolanya juga tak boleh sembarangan dan wajib sesuai dengan standar nasional mau pun internasional.

7. Contoh lapangan bola voli pantai

Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap dengan Gambar dan Sejarah Singkatliputan6.com

8. Jumlah pemain bola voli

Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap dengan Gambar dan Sejarah Singkatforum.teropong.id

Baik dalam pertandingan bola voli resmi yang diadakan secara nasional mau pun internasional, aturan mengenai jumlah pemain bola voli adalah sama yaitu 6 orang anggota dari masing-masing tim.

Kalau memang salah satu dari tim mengalami kekurangan pemain, maka setidaknya tim tersebut mempunyai minimal 4 orang pemain untuk bisa mengikuti pertandingan bola voli. Kalau sampai di lapangan hanya terdapat 3 orang pemain atau kurang, maka tim tersebut dinyatakan kalah.

9. Posisi pemain bola voli

Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap dengan Gambar dan Sejarah Singkathttp://bola-volly.blogspot.com/

Di dalam lapangan, posisi pemain bola voli juga ada di dalam aturannya. Secara umum, posisi pemain bola voli terbagi menjadi 4 bagian, yaitu:

  • Set-Upper atau Tosser yang bertugas sebagai orang yang mengatur serangan dari tim.
  • Spiker atau Smasher sebagai blocker atau memblock bola untuk membendung serangan dari tim lawan.
  • Libero atau Defender yang bertugas menerima dan menahan berbagai serangan dari pemain atau ti lawan dengan melakukan passing.
  • Server yang merupakan posisi di mana pemainnya melakukan servis. Setelah melakukan servis, pemain di posisi ini juga menjadi defender atau libero.

Baca Juga: Kalahkan Tuan Rumah, Voli Putra Indonesia Sabet Emas SEA Games 2019!

erick ranes akbar Photo Writer erick ranes akbar

https://www.linkedin.com/in/erickranes/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya