Jumlah Pemain Rounders beserta Posisi dan Tugasnya, Lengkap!

Ada 9 posisi pemain rounders

Rounders merupakan olahraga beregu sejenis baseball, softball, dan bola kasti yang menggunakan bola kecil dan tongkat pemukul untuk memainkannya. Bedanya, lapangan rounders berbentuk segi lima yang tiap sudutnya merupakan pos atau base.

Selain lapangan, jumlah pemain rounders dalam satu tim juga berbeda dengan permainan-permainan sejenisnya. Setiap tim rounders terdiri dari beberapa posisi yang memiliki tugas dan peran masing-masing.

Supaya makin paham, berikut IDN Times sajikan penjelasan tentang jumlah pemain rounders dan masing-masing tugas yang dimiliki setiap posisi. Simak sampai akhir, ya!

1. Jumlah pemain rounders

Jumlah Pemain Rounders beserta Posisi dan Tugasnya, Lengkap!Ilustrasi lapangan rounders (Dok. Pribadi/IDN Times)

Permainan rounders dimainkan oleh dua tim dengan tugas yang berbeda secara umum. Satu tim menjadi penjaga dan satu tim lainnya menjadi penyerang. Dalam permainan, kedua tim akan bergantian sebagai tim penjaga dan tim penyerang.

Jumlah pemain rounders dalam satu tim maksimal berjumlah 15 pemain dan paling sedikit 6 pemain. Namun, yang akan berada di dalam lapangan hanya boleh 9 pemain. Sedangkan sisanya akan menjadi pemain cadangan.

Seperti yang sudah disebutkan, setiap pemain rounders memiliki posisi dan tugasnya masing-masing. Simak penjelasannya di bawah ini!

2. Pitcher (pelempar bola)

Jumlah Pemain Rounders beserta Posisi dan Tugasnya, Lengkap!olahraga kasti atau rounders (telegraph.co.uk)

Posisi pitcher atau pelempar bola bertugas untuk melemparkan atau melambungkan bola ke pemain tim lawan yang menjadi pemukul. Pemain yang berposisi sebagai pitcher harus memiliki kemampuan melempar yang baik dengan akurasi tinggi.

Pitcher harus bisa menguasai teknik-teknik melempar bola dan menyesuaikan permintaan pemukul. Setelah melempar bola ke pemukul, pitcher harus tetap berdiri di areanya dan tidak boleh ke mana-mana.

3. Catcher (penangkap bola)

Jumlah Pemain Rounders beserta Posisi dan Tugasnya, Lengkap!Perbedaan kasti dan rounders berdasarkan bentuk lapangan (canva.com)

Sesuai namanya, posisi catcher pada permainan rounders bertugas untuk menangkap bola dan melemparkannya lagi ke semua pos atau base secara akurat. Catcher punya tugas untuk  memastikan semua fielder sudah berada di posisinya masing-masing.

4. Baseman

Jumlah Pemain Rounders beserta Posisi dan Tugasnya, Lengkap!ilustrasi permainan rounders (canva.com)

Ada beberapa pemain yang menempati posisi sebagai baseman pada permainan rounders. Setidaknya ada empat orang dari seluruh jumlah pemain rounders yang berkaitan dengan posisi ini dalam permainan, yaitu:

1. First baseman

Posisi first baseman atau penjaga pos 1 harus memiliki kemampuan untuk menangkap bola secara tepat dan melemparnya ke pos atau base pertama.

2. Second baseman

Posisi second baseman atau penjaga pos 2 memiliki tugas untuk melempar bola ke pemain di pos pertama untuk mematikan bola. Posisi ini berada sekitar 1-2 meter dari pos kedua.

3. Third baseman

Posisi third baseman atau penjaga pos 3 memiliki beberapa tugas utama. Di antaranya, ia harus mampu menghentikan bola, menangkan line drive, dan melempar bola ke pos pertama.

4. Shortstop

Selain baseman, ada juga posisi shortstop dalam permainan rounders. Posisi shortstop bertugas untuk menangkap bola yang melambung di areanya, yaitu di antara pos 2 dan pos 3.

Baca Juga: Ini Bentuk Lapangan Rounders dan Ukurannya, Terlengkap!

6. Center, left, dan right fielder

Jumlah Pemain Rounders beserta Posisi dan Tugasnya, Lengkap!Perbedaan kasti dan rounders berdasarkan tiang hinggap (canva.com)

Selain baseman dan shortstop, ada pula posisi yang tak kalah penting dalam permainan rounders, yaitu fielder. Setidaknya ada tiga dari seluruh jumlah pemain rounders dalam suatu tim yang bertugas sebagai fielder.

1. Center fielder

Center fielder adalah posisi pemain yang bertugas untuk menangkap bola yang dilempar di wilayahnya, lalu melemparkannya ke left atau right fielder.

2. Left fielder

Left fielder merupakan posisi pemain yang bertugas menjaga dan menangkap bola yang dilempar di areanya, yakni di antara pos 3 dan pos 2.

3. Right fielder

Right fielder adalah posisi pemain dengan tugas menjaga dan menangkap bola yang melambung di areanya, yaitu di antara pos 1 dan pos 2.

Meski jumlah pemain rounders sedikit berbeda dengan permainan sejenis lainnya, permainan ini juga membutuhkan konsentrasi tinggi dan kemampuan yang baik dalam melempar, menangkap, dan memukul bola. Itulah tadi penjelasan tentang jumlah serta posisi dan tugas pemain rounders. Semoga bisa menambah wawasan baru untukmu, ya!

Baca Juga: 5 Teknik Dasar Permainan Rounders dan Cara Melakukannya

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya