Olahraga Bowling: Sejarah, Peraturan, Peralatan, dan Teknik

Sejarahnya masih simpang siur

Siapa yang pernah bermain bowling? Saat masih kecil, mungkin kamu juga pernah bermain bowling, tapi hanya dalam bentuk game di komputer, laptop, atau smartphone. Namun, saat ini sudah banyak tempat yang menyewakan arena bermain bowling untuk masyarakat umum.

Namun, tahukah kamu kalau bowling sebenarnya termasuk cabang olahraga yang dipertandingkan secara resmi di berbagai level kejuaraan? Mulai dari level nasional hingga internasional, bowling menjadi cabor resmi dengan tinggi peminat.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih jauh tentang olahraga bowling, berikut pembahasan lengkap mulai dari pengertian, sejarah, peraturan, peralatan, dan teknik dasarnya. Ketahui selengkapnya di bawah ini!

1. Pengertian bowling

Olahraga Bowling: Sejarah, Peraturan, Peralatan, dan TeknikOlahraga bowling (Pexels/skitterphoto)

Secara umum, bowling adalah permainan dengan menggelindingkan bola ke arah depan menggunakan satu tangan untuk menjatuhkan sejumlah pin yang disusun secara berderet di ujung lintasan. Pemain bowling akan menggelindingkan bola pada lintasan yang panjang dan licin.

Pada lintasan bowling, terdapat semacam selokan di sebelah kanan dan kiri. Tak jarang pemain pemula gagal menggelindingkan bola bowling hingga menabrak pin, sehingga berakhir masuk ke selokan di samping kanan maupun kiri lintasan.

Selain sebagai olahraga, bowling juga bisa menjadi sarana hiburan atau rekreasi karena menyenangkan dan bisa dimainkan bersama teman-teman secara bergantian. Bowling sebagai olahraga juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mulai dari mengencangkan otot, meningkatkan koordinasi, menyehatkan jantung, menurunkan risiko penyakit, hingga menghilangkan stres.

Biasanya, ada dua jenis permainan bowling, yaitu pin bowling dan target bowling. Pin bowling adalah jenis permainan yang dilakukan di dalam ruangan dan menggunakan peralatan buatan. Sedangkan target bowling biasanya dilakukan di luar ruangan dengan menggunakan bahan alami.

2. Sejarah bowling

Olahraga Bowling: Sejarah, Peraturan, Peralatan, dan TeknikKongres Bowling Amerika, dalam Turnamen Bowling, Milwaukee, Amerika Serikat (commons.wikimedia.org/Geo. R. Lawrence Co.)

Jika ditarik sejarahnya, permainan bowling memiliki perjalanan yang sangat panjang. Ada beberapa pendapat dari beberapa tokoh terkait kapan pertama kali permainan ini ditemukan. Antropolog Inggris, Sir Flinders Petrie berasumsi kalau bowling sudah ada sejak 5200-3200 SM setelah ia menemukan koleksi benda di kuburan anak Mesir yang diduga merupakan alat bowling.

Namun sejarawan Jerman, William Pehle mengatakan bahwa bowling mulai dikenal di negaranya pada 300 M. Lalu pada tahun 1336, terdapat beberapa bukti bahwa bowling sudah menjadi budaya di Inggris. Namun akhirnya dilarang oleh King Edward III karena ingin negaranya berfokus pada olahraga memanah.

Sedangkan pada awal 1800-an, bowling sudah menjadi permainan yang dikenal di beberapa negara bagian di Amerika Serikat. Pada awal abad ke-19, sudah banyak perempuan yang mulai ikut bermain bowling di AS.

Di Asia, bowling baru masuk sekitar tahun 1960. Sedangkan masyarakat Indonesia sendiri mulai mengenal bowling pada 1970. Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi RI saat itu, Achmad Tharir mengenalkan bowling ke masyarakat pada 1983. Hingga saat ini, bowling menjadi salah satu permainan dan olahraga yang banyak digemari masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Sejarah Bowling yang Sudah Ada Sejak Peradaban Mesir Kuno

3. Peraturan bowling

Olahraga Bowling: Sejarah, Peraturan, Peralatan, dan Teknikilustrasi bermain bowling (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Dalam olahraga bowling, ada beberapa peraturan dasar yang wajib diketahui setiap pemain. Berikut penjelasan lengkapnya:

  • Satu lintasan bowling maksimal digunakan oleh lima pemain.
  • Pastikan pin bowling sudah berdiri sempurna.
  • Setiap pemain memiliki dua kesempatan menggelindingkan bola dan menjatuhkan semua pin. Pin yang jatuh semua dalam lemparan pertama disebut strike, sehingga hanya terhitung satu kali kesempatan. Sedangkan pin yang jatuh semua dalam dua kesempatan disebut spare.
  • Setiap orang memiliki kesempatan 10 kali atau 20 kali lemparan jika tidak strike dalam satu permainan.
  • Dalam papan skor bowling, terdapat 10 frame dengan masing-masing frame terdiri dari dua kotak yang melambangkan dua kali kesempatan melempar.
  • Namun pada frame yang ke-10, ada tiga kotak yang berarti pemain berhak menggelindingkan bola sebanyak tiga kali.
  • Skor tertinggi yang bisa didapat seorang pemain adalah 300 atau disebut juga perfect game.
  • Jika berhasil strike, skor yang akan muncul pada papan adalah simbol X. Sedangkan spare disimbolkan satu garis miring.
  • Cara menghitung skor bowling adalah setiap strike memiliki nilai 10 poin. Lalu ditambah jumlah pin yang jatuh pada dua giliran pemain berikutnya.
  • Bola yang masuk area selokan kanan atau kiri tidak akan dihitung meskipun terkena pin.

4. Peralatan bowling

Olahraga Bowling: Sejarah, Peraturan, Peralatan, dan Teknikilustrasi bola bowling (pixabay.com/laterjay)

Sebelum bermain bowling, ada beberapa peralatan dan perlengkapan yang wajib kamu ketahui. Berikut di antaranya:

1. Lintasan bowling

Lintasan bowling biasanya sepanjang 18 meter dengan area persiapan pemain sepanjang 4 meter.

2. Bola bowling dan pin bowling

Peralatan wajib dalam permainan bowling adalah bola dan pin. Bola bowling biasanya memiliki berat 10% dari berat orang dewasa. Sedangkan pin bowling berjumlah 10 buah yang disusun berurutan membentuk segitiga.

3. Sepatu bowling

Sepatu yang digunakan untuk olahraga bowling juga berbeda dari sepatu biasa. Sepatu bowling umumnya terbuat dari karet atau kulit pada bagian sol. Tujuannya untuk mengurangi risiko terpeleset saat menggelindingkan bola. Jangan khawatir karena penyewaan arena bowling biasanya juga menyewakan sepatu.

Baca Juga: Sehat dan Menghibur, Ini 5 Alasan Kenapa Harus Bermain Bowling

5. Teknik dasar bowling

Olahraga Bowling: Sejarah, Peraturan, Peralatan, dan Teknikilustrasi bowling menyehatkan tubuh (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Setelah mengetahui peraturan dasar dan peralatan bowling, berikutnya yang wajib dipahami sebelum bermain bowling adalah teknik dasarnya. Mulai dari cara memilih hingga menggelindingkan bola bowling. Berikut penjelasannya:

  • Cara memilih bola bowling yang baik adalah pilihlah bola dengan lubang-lubang yang pas dengan jari tanganmu. Biasanya ada bola yang jarak antarlubangnya terlalu jauh bagi sebagian orang. Ada juga yang jarak antarlubangnya terlalu mepet, sehingga menyulitkan saat melempar.
  • Sebelum menggelindingkan bola, posisikan tubuh berdiri tegak dengan bola di depan dan setinggi pinggang.
  • Tekuk sedikit salah satu kaki, lalu mulai ayunkan bola ke belakang untuk mengambil ancang-ancang dan mulai dorong bola ke arah depan.
  • Saat melepas bola, usahakan jempol sudah keluar terlebih dahulu.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang olahraga bowling. Mulai dari pengertian, sejarah, peraturan, peralatan, dan teknik dasar bermainnya. Semoga bermanfaat dan selamat bermain!

Baca Juga: 12 Cara Bermain Bowling Untuk Pemula

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D
  • Mayang Ulfah Narimanda

Berita Terkini Lainnya