Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli, beserta Jenis dan Tujuannya

Ketahui tujuan dan manfaat berolahraga bagi tubuh

Olahraga merupakan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Sebagian orang menjadikan olahraga sebagai cara untuk menyehatkan badan, sarana rekreasi, hingga profesi yang ditekuninya.

Namun, tahukah kamu pengertian olahraga yang sebenarnya? Terdapat beberapa pengertian menurut para ahli beserta jenis dan tujuan olahraga yang akan menambah wawasan kamu. Mau tahu? Simak artikel ini sampai tuntas, ya!

1. Pengertian olahraga menurut para ahli

Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli, beserta Jenis dan Tujuannyailustrasi berolahraga (freepik.com/jcomp)

Ada pengertian olahraga yang dikemukakan beberapa ahli, berikut penjelasannya:

1. Cholik Mutohir

Menurut Cholik Mutohir, olahraga adalah proses sistematis yang terdiri dari beberapa kegiatan yang dapat membantu perkembangan dan membina potensi jasmaniah serta rohaniah.

Olahraga juga memiliki ideologi utuh dan berkualitas untuk mengembangkan prestasi manusia dalam bentuk permainan dan pertandingan yang didasarkan pada dasar negara dan Pancasila.

2. Dewan Olahraga Eropa

Dewan olahraga Eropa mendefinisikan olahraga sebagai aktivitas spontan yang dilakukan secara bebas dengan mencari waktu luang untuk menggerakkan tubuh supaya menjaga kesehatan jasmani dan rohani.

Selain itu, akan membuat tubuh lebih ringan dan segar. Suplai oksigen ke otak juga akan lebih lancar.

3. Hans Tandra

Menurut Hans Tandra, olahraga adalah gerakan tubuh teratur dengan irama yang bertujuan untuk memperbaiki kebugaran tubuh, meningkatkan imunitas tubuh, dan menjaga kesehatan.

4. Wikipedia

Menurut Wikipedia, olahraga adalah kegiatan yang digunakan untuk melatih tubuh seseorang secara jasmani maupun rohani. Tujuannya agar tubuh terlihat segar saat menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, juga melatih sistem kejiwaan, seperti konsentrasi.

5. Seno Gumira Ajidarma

Pengertian olahraga menurut Seno Gumira Ajidarma adalah kegiatan yang menyehatkan tubuh serta sarana kompetisi untuk mencari bakat seseorang pada bidang olahraga.

6. Kathryn Marsden

Pengertian olahraga adalah kegiatan yang bisa mengurangi stres dan mudah dilakukan, bahkan dengan biaya yang murah sekalipun.

2. Jenis-jenis olahraga

Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli, beserta Jenis dan TujuannyaIlustrasi: Tim Sepak Takraw Double Event Sulawesi Selatan bertanding di PON XX Papua 2020. ( Foto PB PON XX PAPUA/Gino F Hadi)

Secara umum, olahraga terbagi menjadi dua jenis, yaitu olahraga tradisional dan olahraga modern.

1. Olahraga tradisional

Olahraga tradisional dikenal sebagai jenis-jenis olahraga yang berawal dari nenek moyang bangsa Indonesia. Olahraga tradisional umumnya dimasukkan ke dalam permainan tradisional supaya lebih mudah diterima dan disukai masyarakat.

Misalnya, sepak takraw, benteng, gasing, gobak sodor, egrang, dan sebagainya. Beberapa olahraga tradisional bahkan menjadi cabang olahraga yang diperlombakan secara profesional, seperti sepak takraw.

2. Olahraga modern

Olahraga modern merupakan olahraga yang sudah terdapat aturan baku dan diperlombakan secara profesional. Olahraga-olahraga modern bisa kita temukan di berbagai gelaran olahraga nasional maupun internasional, seperti di SEA Games, Olimpiade, dan sebagainya.

Contoh olahraga modern adalah sepak bola, tenis meja, bulu tangkis, atletik, memanah, dan lainnya.

3. Tujuan dan manfaat berolahraga

Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli, beserta Jenis dan TujuannyaUnsplash/Markus Spiske

Setelah mengetahui pengertian olahraga dan jenis olahraga, berikutnya adalah tujuan berolahraga itu sendiri. Ada beberapa tujuan dan manfaat yang bisa kamu peroleh dari berolahraga.

Tujuan olahraga

Setiap orang yang berolahraga biasanya memiliki tujuannya masing-masing. Namun, secara umum tujuan olahraga terbagi menjadi beberapa kelompok, yaitu:

  • Sebagai prestasi: Bagi atlet, olahraga bertujuan untuk mendapat juara dalam perlombaan.
  • Sebagai pendidikan: Olahraga digunakan dalam kurikulum pendidikan.
  • Sebagai rehabilitas: Digunakan untuk memperbaiki tubuh seseorang.
  • Sebagai rekreasi: Bertujuan sebagai sarana bersenang-senang dan hiburan.

Manfaat olahraga

Ada beberapa manfaat berolahraga bagi tubuh seseorang, di antaranya sebagai berikut.

  • Memperlancar aliran darah
  • Mengontrol berat badan
  • Memperbaiki kualitas tidur
  • Meningkatkan energi tubuh
  • Meningkatkan imunitas tubuh
  • Menguatkan tulang dan sendi
  • Meningkatkan mood

Nah, demikianlah penjelasan tentang pengertian olahraga, jenis-jenis, hingga tujuan dan manfaat berolahraga bagi tubuh seseorang. Semoga informasi ini menambah wawasan kamu dan meningkatkan semangatmu untuk rutin berolahraga, ya!

Baca Juga: 4 Cara Melakukan Kayang dengan Mudah, Bisa Dicoba di Rumah!

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya