Profil Giannis Antetokounmpo, Kapten di NBA All Star 2023

Bintang Milwaukee Bucks asal Yunani

Giannis Antetokounmpo merupakan pemain basket NBA yang saat ini bermain di Milwaukee Bucks. Giannis juga dipilih menjadi kapten Tim Wilayah Timur pada ajang NBA All Star 2023.

Karier basket profesionalnya yang melesat membuat banyak penggemar kagum dengan permainannya. Giannis pernah menjadi MVP pada beberapa musim NBA. Kini, Giannis sukses membawa Tim Wilayah Timur menjuarai NBA All Star Game.

Seperti apa profil dan perjalanan karier Giannis Antetokounmpo? Simak selengkapnya di artikel ini.

1. Profil Giannis Antetokounmpo

Profil Giannis Antetokounmpo, Kapten di NBA All Star 2023Giannis Antetokounmpo (instagram.com/giannis_an34/)

Bernama lengkap Giannis Sina Ugo Antetokounmpo, pemain basket profesional ini lahir di Athena, Yunani pada 6 Desember 1994. Pria berkebangsaan Yunani ini merupakan anak dari Charles Antetokounmpo dan Veronica Antetokounmpo.

Kedua orang tuanya adalah imigran Nigeria yang menetap di Yunani. Giannis juga memiliki empat saudara kandung, yaitu Thanasis Antetokounmpo, Alex Antetokounmpo, Francis Antetokounmpo, dan Kostas Antetokounmpo.

Kesulitan ekonomi

Giannis bukan datang dari keluarga yang berada. Kedua orang tuanya yang imigran sempat mengalami kesulitan ekonomi karena tidak kunjung mendapat pekerjaan. Keluarganya pun pernah merasakan kelaparan saat tinggal di Yunani.

Giannis dan kakaknya, Thanasis, pernah membantu ekonomi keluarga dengan berjualan tas, kacamata, jam tangan, CD, dan DVD di jalanan.

Belum lagi gejala xenophobia di Yunani saat itu yang membuat keadaan keluarga makin buruk. Xenophobia adalah ketakutan atau ketidaksukaan terhadap orang-orang yang berasal dari negara lain dan dianggap sebagai orang asing.

2. Perjalanan karier

Profil Giannis Antetokounmpo, Kapten di NBA All Star 2023Giannis Antetokounmpo, bintang Milwaukee Bucks di NBA (twitter.com/Bucks)

Bergabung di klub lokal Yunani

Saat masih kecil, Giannis Antetokounmpo sebenarnya menyukai olahraga sepak bola. Salah satu idolanya adalah Simon Bloch Jorgensen, kiper timnas Yunani.

Namun, ketertarikannya berubah ke olahraga bola basket. Pada 2007, Giannis mulai mengenal basket dengan bergabung klub lokal Yunani, Spiros Velliniatis.

Giannis berusaha meyakinkan orang tuanya bahwa ia bisa mengubah ekonomi keluarganya dengan berkarier sebagai atlet basket. Kemudian pada 2011, Giannis bermain di Filathlitikos yang juga klub basket asal Yunani.

Bergabung ke Milwaukee Bucks

Kemudian pada 2013, Giannis mendaftar NBA Draft dan bergabung sebagai pemain Milwaukee Bucks. Saat itu, proses perekrutannya cukup rumit karena Giannis tidak memiliki kewarganegaraan sejak kecil.

Untungnya, Giannis menerima surat-surat resmi sebagai warga negara Yunani tepat pada waktunya. Alhasil, ia sukses bergabung dengan Bucks.

Bersinar di Bucks

Giannis Antetokounmpo menjadi pemain penting dalam skuad Milwaukee Bucks. Pada musim 2018-2019, Giannis sukses terpilih sebagai MVP (Most Valuable Player) Regular.

Giannis juga sukses membawa Bucks menjuarai NBA pada musim 2020-2021. Hal itu menjadi gelar juara NBA bagi Bucks setelah terakhir kali tahun 1971.

Giannis juga pernah menerima penghargaan sebagai MVP Final dan pemain bertahan terbaik NBA. Pemain yang dijuluki "The Greek Freak" ini bahkan menjadi pemain termuda sepanjang sejarah NBA yang terlibat dalam ajang NBA All Star, yaitu berusia 22 tahun 74 hari.

Tiga kali menjadi kapten di NBA All Star

Giannis juga beberapa kali didaulat sebagai kapten Tim Wilayah Timur pada gelaran NBA All Star Game, yaitu pada tahun 2019, 2020, dan 2023.

Pada NBA All Star 2023, ia sukses membawa timnya memenangkan pertandingan melawan Tim Wilayah Barat yang dipimpin LeBron James. Skor akhir pertandingan itu adalah 184-175.

Baca Juga: NBA All Star 2023: Hasil, Daftar Pemain, dan Fakta Menarik

3. Prestasi yang diraih

Profil Giannis Antetokounmpo, Kapten di NBA All Star 2023Giannis Antetokounmpo saat membawa Milwaukee Bucks raih gelar juara NBA 2020/2021. (nba.com)

Sepanjang berkarier sebagai pebasket NBA, Giannis Antetokounmpo sudah meraih beberapa gelar dan penghargaan. Berikut di antaranya:

  • 1 NBA Champion (2021)
  • 5 All-Defensive Team
  • 6 Skuad NBA All Star
  • 1 All-Rookie Team
  • 1 NBA Defensive Player of the Year
  • 1 NBA Most Improved Player
  • 2 NBA Most Valuable Player (MVP)
  • 8 NBA Player of the Month
  • 13 NBA Player of the Week
  • 1 NBA Finals Most Valuable Player (MVP)

Demikianlah profil dan perjalanan karier Giannis Antetokounmpo, bintang NBA yang bersinar bersama Milwaukee Bucks. Patut dinantikan aksi-aksi dan prestasi Giannis ke depannya.

Baca Juga: 5 Cerita Menarik di Balik Hidup Giannis Antetokounmpo

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya