Profil Mac McClung, Point Guard Muda NBA Asal G League

Menang Slam Dunk Contest NBA All Star 2023

Nama Mac McClung makin dikenal publik setelah ia memenangkan Slam Dunk Contest pada NBA All Star 2023. McClung adalah pebasket muda yang sudah malang-melintang di NBA G League dan berposisi sebagai point guard.

McClung juga menjadi pemain pertama asal G League yang mengikuti kontes slam dunk di NBA All Star. Meski sebelumnya memiliki menit bermain yang minim, ia sukses membuktikan skill dan pengalamannya di kontes tersebut.

Seperti apa profil dan perjalanan McClung merintis karier sebagai pemain basket? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Profil Mac McClung

Profil Mac McClung, Point Guard Muda NBA Asal G LeagueMac McClung (usab.com)

Matthew “Mac” McClung adalah pemain basket kelahiran Kingsport, Tennessee, Amerika Serikat pada 6 Januari 1999. McClung adalah pemain basket spesialis posisi point guard yang memiliki tinggi badan sekitar 185 cm.

Pemain yang memulai kariernya di NBA G League ini sudah mulai menunjukkan bakatnya sejak bersekolah di Gate City High School. Bersama klub basket sekolahnya, McClung sukses menjadi pencetak poin terbanyak di negara bagian Virginia.

2. Perjalanan karier profesional

Profil Mac McClung, Point Guard Muda NBA Asal G LeagueMac McClung (nba.com)

Berkat penampilan cemerlangnya bersama klub basket sekolahnya, beberapa universitas mulai melirik McClung supaya mau bergabung dan melanjutkan studi di sana. Akhirnya, McClung memilih bergabung ke Georgetown University.

Selama berkuliah di sana, McClung sempat beberapa kali masuk skuad utama. Bahkan, ia pernah menjadi kandidat NBA Draft 2020, tapi ia memilih mundur.

Pada 2020, Mac McClung memutuskan pindah ke Texas Tech University agar peluang karier di dunia basket profesional lebih terbuka. Ia juga berharap bisa tampil di NBA suatu saat nanti.

NBA Draft 2021

Setahun berikutnya, McClung mendaftar NBA Draft 2021 dan berharap ada klub NBA yang tertarik. Sayangnya, justru ia tidak terpilih dan menjadi pemain undrafted.

Untungnya, Los Angeles Lakers memberikan kesempatan padanya untuk bermain di NBA Summer league. Namun, McClung tidak bermain untuk skuad utama Lakers. Melainkan langsung bergabung ke NBA G League, tepatnya untuk tim South Bay Lakers yang merupakan klub afiliasi LA Lakers.

Selama berseragam South Bay Lakers, McClung tak kunjung mendapat menit bermain yang banyak. Alhasil, ia belum banyak pengalaman dan jam terbang di sana.

Menjajal NBA

Mac McClung kemudian direkrut oleh Chicago Bulls untuk kontrak selama 10 hari di NBA. Saat itu, McClung hanya bermain satu kali dengan berseragam Bulls. Kemudian ia kembali ke NBA G League dengan bergabung bersama Windy City Bulls.

Tidak lama kemudian, McClung kembali diajak untuk bergabung ke Los Angeles Lakers dengan two-way contract. Kontrak itu memberinya kesempatan untuk berkarier di South Bay Lakers.

Tampil bagus di NBA G League

Syukurnya, McClung sukses tampil prima bersama South Bay Lakers dan Windy City Bulls. McClung berhasil memenangkan NBA G League Rookie of the Year 2022. Ia juga masuk dalam daftar NBA G League All-Rookie Team 2022.

Berseragam Golden State Warriors

McClung bahkan sempat menandatangani kontrak bersama Golden State Warriors pada NBA Summer League 2022. Ia pun tampil cukup apik dengan menghasilkan rata-rata 12,4 poin, 4,8 assist, dan 3,6 rebound.

Namun, statistik itu tidak cukup bagi Warriors untuk meneruskan kontrak McClung bersama mereka. Alhasil, McClung kembali dilepas oleh klubnya.

Mencicipi Philadelphia 76ers dan Delaware Blue Coats

Tidak berhenti sampai di situ, Mac McClung kembali menerima kontrak dari klub NBA, Philadelphia 76ers dengan two-way contract. McClung kemudian langsung melanjutkan kariernya bersama Delaware Blue Coats, klub afiliasi dari Philadelphia 76ers yang berada di G League.

Baca Juga: Daftar Pemenang 3 Point Contest NBA All Star Terbanyak Sepanjang Masa

3. Menang Slam Dunk Contest di NBA All Star 2023

Profil Mac McClung, Point Guard Muda NBA Asal G LeagueMac McClung memenangkan Slam Dunk Contest pada NBA All Star 2023 (instagram.com/nba)

Mac McClung berhasil menunjukkan performa terbaiknya selama bergabung dengan tiga klub G League, yaitu South Bay Lakers, Windy City Bulls, dan Delaware Blue Coats. Dengan penampilannya itu, McClung diundang untuk bermain di Slam Dunk Contest NBA All Star 2023.

Undangan itu tentunya menjadi salah satu capaian yang sangat berarti baginya. Sebab berarti Mac McClung menjadi pemain pertama asal G League yang mengikuti ajang Slam Dunk Contest di NBA All Star.

McClung pun berhasil membuktikan kapasitasnya sebagai guard andal dengan berhasil memenangkan Slam Dunk Contest 2023. Video aksi-aksinya melakukan dunk pada kontes tersebut juga tersebar luas di media sosial.

Dengan begitu, Mac McClung berhasil menunjukkan pada dunia bahwa ia siap dan pantas untuk mulai berkarier di NBA. Patut kita tunggu ke mana McClung akan berlabuh selanjutnya.

Baca Juga: Daftar Pemenang Slam Dunk Contest NBA All Star dari Masa ke Masa

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya