Siapa Penemu Bola Basket? Ini Profil Lengkap dan Sejarahnya

Dia adalah seorang guru asal Kanada

Bola basket merupakan salah satu olahraga terpopuler di dunia, termasuk Indonesia. Mungkin kamu juga salah seorang yang gemar dan jago bermain bola basket. Namun, apakah kamu tahu siapa penemu bola basket? Lalu, seperti apa konsep awal permainan bola basket hingga berkembang seperti sekarang?

Penasaran? Kali ini, IDN Times akan merangkum profil lengkap penemu bola basket hingga perkembangan olahraga basket di dunia. Simak semuanya di artikel ini, yuk!

1. Penemu bola basket adalah seorang guru olahraga asal Kanada

Siapa Penemu Bola Basket? Ini Profil Lengkap dan Sejarahnyailustrasi basket (IDN Times/Hasudungan)

Penemu bola basket adalah seorang guru olahraga asal Kanada, yaitu Dr. James Naismith. Lahir pada 6 November 1861, James merupakan guru di YMCA International Training School Springfield di Amerika Serikat.

Awalnya, James melihat murid-muridnya merasa bosan ketika memasuki liburan musim dingin tahun 1891. Ditambah kondisi lingkungan yang tidak mendukung untuk melakukan olahraga di luar ruangan karena suhu yang sangat dingin.

Namun, James Naismith saat itu tidak kehabisan ide untuk mengajak murid-muridnya berolahraga. Ia teringat dengan permainan yang sering ia lakukan saat masih kecil, yaitu memantulkan bola dan menangkapnya kembali. 

Berawal dari ide itulah James Naismith menciptakan permainan bola basket.

2. Konsep awal permainan bola basket

Siapa Penemu Bola Basket? Ini Profil Lengkap dan Sejarahnyatim basket Nigeria di Olimpiade Tokyo 2020 (sumber: twitter.com/MakingOfChamps)

Umumnya yang kita ketahui dalam permainan bola basket adalah setiap tim diisi oleh 5 orang. Dalam permainan dengan satu ring, biasanya setiap tim diisi oleh 3 orang. Namun, tahukah kamu kalau pada awal kemunculannya, setiap tim pada permainan bola basket berisi 9 orang pemain?

Permainan bola basket yang diciptakan James Naismith saat itu mulai populer di seluruh dunia, khususnya Amerika Serikat. Namun, peraturan dalam permainannya masih belum sempurna.

James Naismith mulanya tidak menganggap idenya disambut dengan antusias oleh banyak kalangan. Oleh sebab itu, ia belum membuat peraturan dalam permainan secara matang. Selain itu, pola permainan dan peraturan yang ditetapkan biasanya disesuaikan dengan perkembangan situasi dan industri olahraga itu sendiri.

James Naismith pada akhirnya harus pindah kewarganegaraan menjadi warga Amerika Serikat. Ia juga menjadi Presiden Kehormatan Federasi Bola Basket Internasional pada Olimpiade Berlin tahun 1936.

3. Membuat peraturan resmi untuk permainan bola basket

Siapa Penemu Bola Basket? Ini Profil Lengkap dan Sejarahnya

Sebagai penemu bola basket di dunia, James Naismith harus sudah memikirkan bagaimana permainan ini dimainkan serta peraturan yang harus ditetapkan. Terlebih saat itu bola basket makin berkembang dan digemari banyak orang.

Saat itu, James Naismith dan rekannya, Luther Gullick memikirkan peraturan resmi yang harus ditaati setiap pemain. Keduanya tidak membutuhkan waktu yang lama dalam membuat peraturannya, hingga olahraga ini makin terkenal di seluruh Amerika Serikat.

Baca Juga: Harus Tau! 9 Macam Teknik Passing Bola Basket

4. Istilah basketball masuk dalam kamus besar Amerika Serikat

Siapa Penemu Bola Basket? Ini Profil Lengkap dan SejarahnyaPermainan bola basket (Pexels/Gabby K)

Salah satu tanda olahraga bola basket makin digemari oleh warga Amerika Serikat adalah dimasukkannya istilah basketball sebagai kosakata baru dalam kamus besar Amerika Serikat pada tahun 1895.

Selain itu, permainan bola basket juga didukung dengan dibangunnya sarana dan prasarana, seperti lapangan dan bola itu sendiri. Akhirnya, perjuangan James Naismith dan rekan-rekannya dalam mengembangkan permainan bola basket cukup berhasil.

5. Membentuk organisasi bola basket internasional

Siapa Penemu Bola Basket? Ini Profil Lengkap dan SejarahnyaAcara peluncuran logo resmi FIBA Asia Cup 2021. (dok. Media FIBA Asia Cup 2021)

Salah satu tugas pemerintah, termasuk James sebagai penemu bola basket adalah membentuk induk dari olahraga ini. Akhirnya pada tahun 1932, dibentuk Federasi Bola Basket Internasional atau yang dikenal FIBA. FIBA menaungi seluruh kompetisi dan organisasi bola basket di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, olahraga bola basket juga banyak digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari siswa sekolah, mahasiswa, hingga orang dewasa. Berbagai kompetisi juga diadakan oleh beberapa organisasi basket di Indonesia.

6. Timeline sejarah perkembangan bola basket

Siapa Penemu Bola Basket? Ini Profil Lengkap dan SejarahnyaLatihan Timnas Basket Indonesia jelang FIBA Asia Cup 2022. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Perkembangan olahraga bola basket melewati proses yang cukup panjang. Jika diurutkan, sejarah penemuan bola basket bisa disimak pada daftar di bawah ini:

  • 1891: Dr. James Naismith pertama kali menemukan permainan bola basket.
  • 1892: Permainan bola basket mulai diperkenalkan di Amerika Serikat.
  • 1894: Dr. James Naismith dan Dr. Luther Gullick membuat peraturan permainan bola basket secara resmi untuk pertama kalinya.
  • 1895: Kata basketball secara resmi diterima dalam pembukuan bahasa Inggris.
  • 1913: Penyelenggaraan kompetisi bola basket Far Eastern pertama kali. Pada partai finalnya mempertemukan Filipina versus China.
  • 1918: Olahraga bola basket mulai diperkenalkan oleh tentara penduduk Amerika Serikat dan anggota Young Men's Christian Association (YMCA) ke beberapa negara di Eropa.
  • 1919: Olahraga bola basket resmi dimasukkan ke dalam pertandingan Olimpiade Militer di Joinville.
  • 1932: Diadakan kongres bola basket pertama di dunia yang diselenggarakan di Jenewa, Swiss. Beberapa perwakilan negara yang hadir pada saat itu, antara lain Argentina, Cekoslowakia, Italia, Portugal, Rumania, Swiss, dan Yunani.
  • 1932: Pada tahun yang sama, dibentuk pula federasi bola basket internasional dengan nama FIBA (Federation International de Basketball).
  • 1933: Diadakan kejuaraan bola basket internasional tingkat mahasiswa pertama di dunia yang diselenggarakan di Turin, Italia.
  • 1935: Olahraga bola basket resmi diterima sebagai salah satu cabang olahraga dalam olimpiade.
  • 1936: Pada gelaran Olimpiade Berlin saat itu, olahraga bola basket untuk pertama kalinya dilombakan. Ada 22 negara yang ikut bertanding dan dimenangkan oleh Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.
  • 1939: Dr. James Naismith, penemu bola basket meninggal dunia.

Nah, demikian pembahasan tentang profil lengkap penemu bola basket dunia dan bagaimana perkembangan permainan olahraga bola basket. Sekarang wawasan kamu tentang bola basket makin banyak, kan?

Baca Juga: 7 Perbedaan Bola Tangan dan Bola Basket yang Mencolok, Apa Saja?

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D
  • Bayu Nur Seto

Berita Terkini Lainnya