Comscore Tracker

Presiden Jokowi Bakal Tutup Langsung ASEAN Para Games XI Tahun 2022

Penutupan dimeriahkan oleh sejumlah penyanyi kondang

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo beserta Ibu Negara Iriana bakal bertolak menuju Provinsi Jawa Tengah untuk melakukan kunjungan kerja pada Sabtu (6/8/2022). Bersamaan dengan itu, Jokowi dijadwalkan akan menutup langsung pesta olahraga ASEAN Para Games XI Tahun 2022 yang digelar di Stadion Manahan, Kota Surakarta.

Berdasarkan informasi dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi bersama rombongan lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 09.50 WIB menuju Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali. Selesai acara, Jokowi akan bermalam di Kota Surakarta dan akan kembali ke Jakarta esok hari.

Turut mendampingi Jokowi dan istrinya dalam penerbangan tersebut, antara lain Menteri BUMN, Erick Thohir; Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono; Sekretaris Militer Presiden, Marsda TNI Tonny Harjono; Komandan Paspampres, Marsda TNI Wahyu Hidayat, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

1. Dihibur sejumlah penyanyi kawakan

Presiden Jokowi Bakal Tutup Langsung ASEAN Para Games XI Tahun 2022Pesta kembang api di opening ceremony ASEAN Paragames 2022. (IDN Times/Larasati Rey)

Sekjen INASPOC, Rima Ferdianto, mengatakan, sejumlah artis dijadwalkan ikut tampil dalam acara penutupan APG 2022. Di antaranya Bunga Citra Lestari (BCL), Noah, Slank, dan Sheila on 7.

"Kemarin kan theme song kita di pembukaan (dibawakan) Nella Kharisma, nanti theme song kita yang kedua dibawakan Delon, Keyzia yang bahasa Inggris," kata Rima, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga: Akui Uang Pensiunan TNI Kecil, Jokowi Bakal Panggil Sri Mulyani

Baca Juga: Sejarah! Pasutri asal Sumut Catat Hattrick Emas di ASEAN Para Games

2. Jumlah penonton saat penutupan dikurangi

Presiden Jokowi Bakal Tutup Langsung ASEAN Para Games XI Tahun 2022Sejumlah atlet renang Indonesia berswafoto di sela pertandingan pada ajang ASEAN Para Games 2022 di Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, Senin (1/8/2022). Pada hari pertama pertandingan para-renang, tim renang Indonesia berhasil meraih total 23 medali dengan rincian 7 emas, 9 perak, dan 7 perunggu. (ANTARA/Aji Styawan)

Jika pada pembukaan penonton dilibatkan dalam human configuration yang berada di tengah lapangan, nantinya pada penutupan hal tersebut tidak dilakukan. Pasalnya, ada pengurangan jumlah penonton, dari yang sebelumnya 15 ribu menjadi 10 ribu orang.

"Nanti penonton dari masyarakat umum dikurangi, soalnya lapangan tengah yang human configuration sudah tidak ada. Paling 10 ribu totalnya, jadi ya mungkin yang umum 2 ribuan saja," ujar dia.

Baca Juga: Kisah Penjual Bubur di Sarinah Sabet Emas ASEAN Para Games

Baca Juga: 5 Serba-Serbi ASEAN Para Games 2022, Pecah Rekor hingga UMKM Raup Cuan

3. Ribuan personel keamanan disiapkan untuk penutupan

Presiden Jokowi Bakal Tutup Langsung ASEAN Para Games XI Tahun 2022Welcome ceremony ASEAN Paragames 2022. (IDN Times/Larasati Rey)

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, mengatakan, untuk penutupan pihaknya menyiapkan sekitar 2.137 personel yang akan disebar di beberapa lokasi.

Pengamanan closing ceremony di Stadion Manahan akan dibagi menjadi 3 ring. Ring pertama di dalam Stadion Manahan, kedua di area parkir Stadion Manahan, dan ketiga di pagar luar sepanjang Stadion Manahan.

"Selain tiga ring tersebut, kami juga akan menerjunkan 5 tim gabungan dari Polri, TNI, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta yang akan memonitor kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) dan kamseltibcar lantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas) baik sebelum, saat, maupun setelah closing ceremony ASEAN Para Games 2022," ujarnya.

Sedangkan tamu yang hadir nantinya akan menjalani sejumlah pengecekan khusus, terutama undangan yang dibawa. Pihaknya akan berkoordinasi dengan petugas di pintu masuk yang merupakan personel gabungan Polri, TNI, dan Pemkot Surakarta.

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya